Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:47 WIB | Senin, 18 Januari 2021

Gunung Sinabung Kembali Meletus, Debu Vulkanik Membubung 500 meter

Foto dokumentasi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang meletus pada pada Kamis (29/10/2020), dan luncuran awan panas sejauh 2.000 meter ke arah timur-tenggara. (Foto: dok. Ist.)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM-Gunung Sinabung (ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut) di Kabupaten Kato, Sumatera Utara, hari Minggu (17/1) meletus. Semburan debu membubung hingga 500 meter.

"Erupsi Gunung Sinabung di atas puncak lebih kurang 2.960 meter di atas permukaan laut," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, dikutip Antara, Minggu malam.

Erupsi Sinabung itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 44 mm dan durasi lebih kurang dua menit.

Saat ini, kata dia, status Gunung Sinabung berada pada Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung. Hal serupa pada radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home