Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:39 WIB | Selasa, 10 Februari 2015

Hati-hati, TV Samsung Bisa “Nguping”!

TV 'mendengarkan' pembicaraan di depannya dan menyebarkannya ke Samsung atau pihak ketiga. (Foto: AFP)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – Samsung, memperingatkan para pelanggan untuk tidak membicarakan informasi pribadi di depan televisi pintar.

Peringatan ini ditujukan kepada penonton TV yang mengontrol TV Smart Samsung, dengan menggunakan fitur penggunaan suara.

“TV seperti ini ‘menguping’ setiap pembicaraan di depannya, dan kemungkinan akan menyebarkan perincian apa pun yang didengar untuk Samsung atau pihak ketiga,” katanya.

Pegiat ruang pribadi mengatakan, teknologi ini mirip telescreens pada novel 1984, karangan George Orwell yang memata-matai warga negaranya.

Peringatan ini dikeluarkan, setelah muncul sebuah tulisan pada majalah berita di internet the Daily Beast, yang menerbitkan kutipan dari kebijakan ruang pribadi Samsung untuk TV Pintar, yang terhubung dengan internet.

TV tersebut akan mendengarkan orang-orang di ruangan yang sama, mencoba untuk mengetahui kapan sebuah instruksi dikeluarkan.

“Jika kata-kata lisan Anda termasuk informasi pribadi atau bersifat rahasia, informasi tersebut menjadi bagian dari data yang ditangkap dan diberikan kepada pihak ketiga.”

Corynne McSherry, pengacara hak cipta untuk Electronic Frontier Foundation (EFF) yang mengampanyekan hak-hak digital mengatakan kepada the Daily Beast, pihak ketiga tersebut kemungkinan adalah perusahaan yang menyediakan pengalihan informasi dalam bentuk suara menjadi tulisan untuk Samsung. (bbc.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home