Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:23 WIB | Sabtu, 19 Mei 2018

Hentikan Serangan terhadap Anak-anak

Ilustrasi. Pada tanggal 17 April 2018 di Yambio, Sudan Selatan, Ganiko (kanan), 12 thn, dan Jackson (kiri), 13 thn, berdiri bersama selama upacara pembebasan anak-anak dari kelompok bersenjata, dan memulai proses reintegrasi. Jackson dan Ganiko adalah teman baik ketika mereka bersama tergabung dalam kelompok bersenjata. (Foto: unicef.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Serangan terhadap anak-anak dalam konflik terus berlanjut selama empat bulan pertama tahun ini. Hal ini terjadi dari Republik Afrika Tengah ke Sudan Selatan, dan dari Suriah hingga ke Afghanistan.

"Dengan sedikit penyesalan dan bahkan kurang akuntabilitas, pihak-pihak yang berselisih terus terang-terangan mengabaikan salah satu aturan paling mendasar dalam perang, yakni perlindungan anak-anak, demikian pernyataan Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta H. Fore, di New York pada Selasa (15/5) yang dilansir situs unicef.org.

Henrrietta mengatakan,“Seakan-akan tidak ada metode peperangan yang membatasi, bahkan tidak peduli seberapa mematikan bagi anak-anak, serangan sembarangan di sekolah, rumah sakit dan infrastruktur sipil lainnya, penculikan, perekrutan anak, pengepungan, pelecehan dalam tahanan dan penolakan bantuan kemanusiaan,  semuanya menjadi seperti biasa.”

Ia menambahkan, "Di Yaman, misalnya, lebih dari 220 anak-anak diduga dibunuh dan lebih dari 330 orang terluka, sejak awal tahun sebagai akibat dari konflik. Hampir 4,3 juta anak-anak sekarang menghadapi risiko kelaparan. Diare akut dan wabah kolera yang menewaskan lebih dari 400 anak di bawah usia lima tahun,  telah mengancam kehidupan mereka, terutama pada awal musim hujan dengan kondisi kebersihan yang memburuk.

"Di Suriah, harapan untuk perdamaian tetap redup. Lebih dari 70 serangan terhadap rumah sakit dan fasilitas kesehatan, diverifikasi selama tiga bulan pertama tahun ini. Lebih dari 300 fasilitas pendidikan telah diserang sejak awal konflik. Sekitar 5,3 juta anak telah menjadi pengungsi internal atau menjadi pengungsi, dan hampir 850.000 anak terus hidup di daerah yang terkepung atau sulit dijangkau.

"Di Gaza, kami telah melihat anak-anak tewas dan terluka sejak awal Maret, berdasarkan  laporan pada hari Senin (14/5) lebih banyak korban anak-anak, dan merupakan hari paling mematikan kekerasan sejak perang Gaza 2014.

“Di Bangladesh, lebih dari 400.000 anak-anak pengungsi Rohingya yang selamat dari kekejaman baru-baru ini di Myanmar, mereka membutuhkan bantuan kemanusiaan. Terutama saat musim hujan, risiko kolera dan penyakit yang menular.

Ia mengatakan bahwa "Di Sudan Selatan, negara pertama yang saya kunjungi sebagai Direktur Eksekutif UNICEF, setidaknya 2,6 juta anak-anak terpaksa mengungsi dari rumah mereka. Lebih dari 1 juta anak-anak mengalami kekurangan gizi akut, termasuk lebih dari 250.000 anak sangat menderita dan pada peningkatan risiko kematian.

Meskipun hampir sebanyak 600 anak telah dibebaskan dari kelompok-kelompok bersenjata sepanjang tahun ini, sekitar 19.000 orang anak, harus terus melayani sebagai pejuang, kurir, pengangkut barang, juru masak dan bahkan budak seks bagi pihak-pihak yang bertikai.

"Di Afghanistan, lebih dari 150 anak dilaporkan tewas dan lebih dari 400 cedera selama tiga bulan pertama tahun ini karena konflik.

"Di Republik Afrika Tengah, selama beberapa bulan terakhir telah memaksa hampir 29.000 anak meninggalkan rumah mereka, sehingga jumlah total anak-anak yang terlantar menjadi hampir 360.000. Lebih 2 dari 5 anak di bawah usia lima tahun menderita kronis. malnutrisi dan sepertiga anak usia sekolah sekarang tidak bersekolah.

"UNICEF dan mitra berkomitmen untuk membantu meringankan penderitaan anak-anak yang paling rentan, mereka yang terpisah dari keluarga mereka, ketakutan dan sendirian, mereka yang sakit di kamp-kamp pengungsi yang padat penduduk, juga mereka kelaparan.

“Meskipun kekurangan pendanaan, kami hanya menerima 16 persen dari kebutuhan pendanaan kami untuk tahun ini, kami berkomitmen untuk melayani yang paling rentan.

Kami memvaksinasi anak-anak, mengobati mereka karena kekurangan gizi, mengirim mereka ke sekolah, memberi mereka layanan perlindungan, dan berusaha memenuhi kebutuhan dasar mereka.

“Bantuan kemanusiaan saja tidak cukup. Anak-anak membutuhkan kedamaian dan perlindungan setiap saat. Aturan perang melarang penargetan ilegal warga sipil, menyerang sekolah atau rumah sakit, penggunaan, perekrutan dan penahanan ilegal anak-anak, dan penolakan bantuan kemanusiaan. Ketika konflik pecah, aturan-aturan ini harus dihormati dan mereka yang melanggarnya harus dimintai pertanggungjawaban. Cukup sudah cukup. Hentikan serangan terhadap anak-anak,” katanya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home