Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:45 WIB | Selasa, 29 Agustus 2023

Hizbullah Menolak Perpanjangan Mandat UNIFIL di Lebanon Selatan

Sebuah kendaraan PBB melaju di dekat gambar yang menunjukkan pemimpin Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah, di desa Adaisseh, dekat perbatasan Lebanon-Israel, Lebanon selatan, 12 Juli 2023. (Foto: dok. AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin kelompok bersenjata Syiah di Lebanon, Hizbullah, memperingatkan pada hari Senin (28/8) malam agar tidak memperbarui mandat yang sama untuk pasukan penjaga perdamaian PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) di selatan negara itu.

Mandat Pasukan Sementara PBB di Lebanon, yang berakhir pada hari Kamis, diperpanjang tahun lalu dengan sedikit perubahan yang dikritik oleh pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, pada saat itu sebagai “pelanggaran terhadap kedaulatan Lebanon.”

Dia melakukannya lagi pada hari Senin.

“Angkatan bersenjata asing yang bergerak di wilayah Lebanon tanpa izin pemerintah dan tentara Lebanon, tanpa koordinasi dengan tentara Lebanon, di mana kedaulatan semua itu?” Nasrallah mengatakan dalam pidatonya di televisi.

Berdasarkan mandat yang diubah, pasukan penjaga perdamaian “diizinkan untuk melakukan operasinya secara independen,” kata resolusi PBB.

Dewan Keamanan pada hari Rabu (30/8) akan bertemu untuk memperluas mandat pasukan perdamaian PBB di sana, UNIFIL.

UNIFIL pertama kali diterapkan lebih dari empat dekade lalu. Mereka secara rutin mengoordinasikan patroli dan pergerakan di wilayah operasinya di selatan dengan tentara Lebanon.

Namun pemerintah Lebanon juga keberatan dengan tidak adanya ketentuan bahwa koordinasi semacam itu harus dilakukan dalam resolusi PBB.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Lebanon, Abdallah Bouhabib, bertemu di New York dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, untuk menyampaikan posisi Lebanon, kata layanan berita resmi negara itu, ANI.

UNIFIL didirikan pada tahun 1978 untuk memantau penarikan pasukan Israel setelah mereka menginvasi Lebanon sebagai pembalasan atas serangan Palestina.

Jumlah tersebut ditingkatkan pada tahun 2006 setelah Israel dan Hizbullah terlibat perang selama 34 hari, dan pasukan tersebut, dengan lebih dari 10.000 tentara dan personel angkatan laut, ditugaskan untuk memantau gencatan senjata antara kedua belah pihak.

Israel dan Lebanon secara teknis masih berperang.

Pada bulan Desember, seorang tentara Irlandia yang tergabung dalam UNIFIL tewas dan tiga rekannya terluka ketika konvoi mereka diserang di Lebanon selatan, basis Hizbullah, dekat perbatasan Israel.

Beberapa hari kemudian Hizbullah menyerahkan kepada pihak berwenang Lebanon seorang pria yang dicurigai sebagai tersangka utama, kata seorang pejabat keamanan pada saat itu. Hizbullah membantah terlibat dalam pembunuhan Prajurit Sean Rooney, 23 tahun.

Dianggap sebagai organisasi “teroris” oleh banyak negara Barat, Hizbullah adalah satu-satunya kelompok yang tidak dilucuti senjatanya setelah perang saudara di Lebanon tahun 1975-1990, dan mereka juga merupakan pemain kuat dalam politik Lebanon. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home