Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:19 WIB | Senin, 08 Agustus 2022

Hong Kong Kurangi Wajib Karantina COVID-19 bagi Turis Jadi Tiga Hari

Sepasang pemuda yang mengenakan masker berjalan di sepanjang jalan di Mongkok, distrik perbelanjaan Hong Kong, hari Senin, 8 Agustus 2022. Hong Kong akan mengurangi lamanya wajib karantina hotel untuk kedatangan luar negeri menjadi tiga hari dari sebelumnya sepekan, kata pemimpin kota itu hari Senin. (Foto: AP/Kin Cheung)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Hong Kong akan mengurangi masa wajib karantina hotel untuk kedatangan luar negeri menjadi tiga hari dari sepekan, kata pemimpin kota itu, hari Senin (8/8).

Kota itu menjadi salah satu dari sedikit tempat di dunia, bersama dengan China daratan, yang mewajibkan karantina untuk mencegah para pelancong yang menyebarkan COVID-19 ke penduduk setempat. Kebijakan yang mulai berlaku pada hari Jumat akan menjadi karantina terpendek di Hong Kong untuk kedatangan sejak pandemi dimulai.

Pemimpin Hong Kong, John Lee, mengatakan para pelancong yang tiba harus dikarantina tiga hari di hotel yang ditunjuk, kemudian menjalani pengawasan medis selama empat hari di mana pergerakan mereka akan dibatasi melalui penggunaan sistem kode kesehatan.

Lee mengatakan kebijakan baru hanya tiga hari di karantina dibuat setelah bukti ilmiah dan data dianalisis untuk mengendalikan faktor risiko. “Kami juga harus menyeimbangkan risiko terhadap kegiatan ekonomi dan kehidupan sosial (orang-orang di) Hong Kong,” kata Lee.

"(Data) memberi kita indikasi bahwa faktor risiko orang yang telah menyelesaikan karantina tiga hari di hotel yang ditunjuk ... sebenarnya tidak lebih dari tingkat risiko penularan di masyarakat," katanya.

Perubahan pada kebijakan COVID-19 terjadi terlepas dari peningkatan infeksi harian, yang diperingatkan oleh pejabat kesehatan kota dapat berlipat ganda menjadi 8.000 dalam beberapa pekan mendatang.

Selama masa karantina dan pengawasan mereka, para pelancong juga harus melakukan tes COVID-19 secara teratur dan mereka yang terinfeksi harus tetap diisolasi.

Mereka yang dites negatif dapat menggunakan angkutan umum dan memasuki mal dan pasar, tetapi mereka tidak dapat memasuki bar dan taman hiburan atau mengunjungi panti jompo, sekolah, dan fasilitas medis tertentu.

Untuk sebagian besar pandemi, Hong Kong telah memberlakukan beberapa pembatasan masuk COVID-19 yang paling ketat di dunia. Pada satu titik, Hong Kong memerlukan hingga 21 hari wajib karantina hotel untuk pelancong dan mekanisme "pemutus arus" yang melarang penerbangan dari maskapai tertentu ke kota jika mereka mengimpor terlalu banyak kasus COVID-19.

Langkah-langkah ini telah menghancurkan industri pariwisata kota dan mengganggu perjalanan bisnis di kota yang dikenal sebagai pusat keuangan internasional dan pusat bisnis.

Sally Wong, CEO Asosiasi Dana Investasi Hong Kong, menyambut baik pengurangan karantina, menggambarkannya sebagai “langkah maju yang besar.” Dia mengatakan karantina di Hong Kong harus dihapus sama sekali agar kota itu mendapatkan kembali daya saingnya.

“Tapi yang bisa menggerakkan adalah … bagaimana kita bisa pergi dari tiga hari ke nol,” kata Wong. “Banyak konferensi, pertemuan, dll. direncanakan beberapa bulan ke depan dan jika pemerintah dapat (menjelaskan) langkah selanjutnya, itu akan sangat membantu.”

Sejak pandemi dimulai, ratusan ribu penduduk telah meninggalkan Hong Kong. Banyak perusahaan juga telah pindah ke negara-negara seperti Singapura di mana perjalanan bebas karantina telah dilanjutkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home