Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:17 WIB | Sabtu, 08 Agustus 2020

Hong Kong Tawarkan Tes COVID-19 Sukarela dan Gratis pada Seluruh Penduduk

Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam. (Foto: AP)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Hong Kong akan memberikan tes virus corona sukarela dan gratis untuk penduduk, kata pemimpin eksekutif, Carrie Lam, hari Jumat (7/8), ketika pusat keuangan global itu berlomba untuk menahan kebangkitan virus selama sebulan terakhir.

Rencana tersebut, yang akan memungkinkan pengujian seluruh warga kota untuk pertama kalinya, dan kemungkinan akan dilaksanakan paling cepat dalam dua pekan, kata Lam.

Pengumuman itu muncul kurang dari sepekan setelah China mengirim tim pejabat kesehatan ke Hong Kong untuk melakukan pengujian luas untuk COVID-19. Ini adalah pertama kalinya pejabat kesehatan daratan membantu Hong Kong dalam pertempurannya mengendalikan virus corona.

"Situasi di Hong Kong masih kritis, dengan jumlah kasus tetap tinggi," kata Lam kepada wartawan ketika dia duduk di dengan latar belakang layar lebar digital yang bertuliskan 'Memerangi virus dengan dukungan penuh pemerintah pusat'.

Lam mengatakan dia telah meminta Beijing pada akhir Juli untuk membantu meningkatkan kemampuan dan fasilitas pengujian virus di Hong Kong. Dia juga berusaha menghilangkan ketakutan di antara beberapa orang bahwa China mungkin menggunakannya sebagai kesempatan untuk mengumpulkan sampel DNA untuk keperluan pengawasan.

"Ini adalah tuduhan palsu dan fitnah untuk mengatakan sampel DNA warga Hong Kong akan dikirim ke daratan," kata Lam, menambahkan bahwa semua sampel akan dihancurkan setelah pengujian.

Wilayah China ini mengalami lonjakan kasus virus corona yang ditularkan secara lokal pada awal Juli dan memperkenalkan serangkaian tindakan pengetatan, termasuk membatasi pertemuan dan mewajibkan penggunaan masker di semua ruang publik.

Sejak Januari sekitar 3.900 orang telah terinfeksi di Hong Kong, 46 di antara mereka telah meninggal. Hong Kong melaporkan 89 kasus baru virus corona pada hari Jumat, di mana 81 di antara mereka ditularkan secara lokal. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home