Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 05:46 WIB | Minggu, 21 Mei 2023

Hong Kong Tolak Bos Media Pro demokrasi, Jimmy Lai, Gunakan Pengacara Inggris

Taipan media Hong Kong, Jimmy Lai, yang mendirikan surat kabar lokal Apple Daily, akan mengenakan masker sebelum memasuki pengadilan di Hong Kong pada 5 Mei 2020. Pengadilan Hong Kong pada hari Jumat, 19 Mei 2023 menolak tawaran hukum penerbit pro demokrasi dalam perjuangannya untuk menggunakan pengacara Inggris dalam persidangan keamanan nasionalnya yang penting. (Foto: dok. AP/Kin Cheung)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Hong Kong menolak upaya terbaru penerbit dan aktivis demokrasi pada hari Jumat (19/5) untuk menggunakan pengacara Inggris untuk membelanya dari tuduhan keamanan nasional ketika Beijing mencoba untuk menghancurkan gerakan pro demokrasi.

Jimmy Lai, pendiri surat kabar Apple Daily berusia 75 tahun, menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah. Pada bulan November, pengadilan tinggi kota menyetujui Lai mempekerjakan pengacara senior Timothy Owen untuk kasus tersebut, tetapi otoritas keamanan nasional kota memblokirnya.

Lai dan sebagian besar aktivis pro demokrasi terkemuka Hong Kong ditangkap setelah Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional di bekas jajahan Inggris itu menyusul protes besar-besaran anti pemerintah pada tahun 2019, tindakan keras terhadap pembangkang setelah protes.

Pada hari Jumat, Hakim Jeremy Poon menolak permintaan Lai untuk membatalkan keputusan komite untuk menjaga keamanan nasional. Pengadilan yang diperintah Poon tidak memiliki yurisdiksi atas komite di bawah undang-undang keamanan.

Perselisihan politik atas pengacara Lai dimulai pada November ketika pemerintah menyuarakan keberatannya dan meminta Beijing untuk turun tangan segera setelah pengadilan tinggi memberikan persetujuannya.

Badan legislatif tertinggi China tidak secara langsung memutuskan apakah pengacara asing yang biasanya tidak berpraktik di kota dapat menangani kasus keamanan nasional. Namun dikatakan bahwa kekuasaan untuk memutuskan adalah milik pemimpin kota dan komite.

Kritikus mengatakan intervensi Beijing merusak independensi yudisial kota itu, yang dijanjikan ke kota itu ketika kembali ke pemerintahan China pada tahun 1997 dari Inggris.

Panitia menyimpulkan bahwa mengizinkan Owen untuk mewakili Lai kemungkinan akan menimbulkan risiko keamanan nasional dan menyarankan direktur imigrasi untuk menolak aplikasi visa kerja baru oleh Owen yang melibatkan perwakilan taipan media dalam kasus tersebut. Direktur imigrasi mengatakan departemennya akan bertindak sesuai dengan saran itu.

Pengacara Lai mengajukan permohonan pada bulan April untuk peninjauan kembali, meminta pengadilan untuk membatalkan keputusan komite dan direktur. Mereka berargumen bahwa tugas komite berkaitan dengan masalah kebijakan umum dan mengoordinasikan “pekerjaan besar dan operasi penting”.

“Tidak ada kekuatan atau yurisdiksi untuk menentukan pertanyaan spesifik yang muncul dari kasus, apalagi membatalkan keputusan pengadilan,” tulis mereka dalam permohonan tersebut.

Robert Pang, salah satu pengacara Lai, bersikeras dalam sidang sebelumnya bahwa komite telah melangkahi kekuasaannya, mengatakan pengadilan memiliki kekuatan dan kewajiban untuk memastikan bahwa hukum diterapkan dengan benar.

Tetapi Poon memutuskan pada hari Jumat bahwa keputusan tersebut sepenuhnya berada dalam kekuasaan komite di bawah undang-undang keamanan, sebagaimana “ditafsirkan oleh interpretasi,” dan kekuasaan pengawasan atas komite diberikan kepada pemerintah pusat China secara eksklusif.

Pengadilan tidak memegang kekuasaan atas hal-hal seperti itu “karena mereka jelas berada di luar kompetensi konstitusional pengadilan yang ditugaskan kepada mereka,” tulisnya.

Persidangan Lai, yang semula dijadwalkan mulai 1 Desember, ditunda hingga September karena kota itu menunggu keputusan Beijing.

Dia dituduh bersekongkol dengan orang lain untuk menyerukan sanksi atau blokade, atau terlibat dalam kegiatan permusuhan terhadap Hong Kong atau China. Dia juga menghadapi dakwaan kolusi dengan pasukan asing untuk membahayakan keamanan nasional, dan dakwaan penghasutan terpisah di bawah undang-undang era kolonial yang semakin sering digunakan untuk menghancurkan perbedaan pendapat.

Lai dijatuhi hukuman lima tahun sembilan bulan untuk kasus penipuan terpisah pada bulan Desember.

Pada hari Selasa (16/5), lebih dari 100 penerbit dan editor di seluruh dunia, termasuk pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2021, Dmitry Muratov ,dan Maria Ressa, telah menandatangani pernyataan bersama yang menyerukan pembebasannya segera, menurut Reporters without Borders, yang mengoordinasikan langkah tersebut.

Tetapi pemerintah, tanpa menyebut nama kelompok mana pun, mengutuk apa yang disebutnya upaya yang salah untuk mengganggu proses peradilan kota dengan dalih kebebasan pers. Ia bersikeras penuntutan Lai sama sekali tidak terkait dengan masalah kebebasan pers.

Pekan lalu, anggota parlemen Hong Kong juga mengesahkan amandemen undang-undang yang memberikan kekuasaan kepada pemimpin kota untuk melarang pengacara luar negeri menangani kasus keamanan nasional. Kritikus mengatakan perubahan itu akan membuat terdakwa memiliki lebih sedikit pilihan ketika mereka mencari perwakilan hukum dalam beberapa kasus kota yang paling kontroversial.

UU Keamanan Nasional mengkriminalisasi tindakan suksesi, subversi, terorisme, dan kolusi dengan kekuatan asing. Ini telah menyebabkan penangkapan banyak aktivis demokrasi terkemuka dan merusak kepercayaan akan masa depan pusat keuangan internasional itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home