Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 18:33 WIB | Selasa, 23 Mei 2023

Arab Saudi Luncurkan Radio Musik Berbahasa Inggris Yang Pertama

CEO MBC, Sam Barnett, berfoto saat peluncuran resmi MBC Loud FM di Riyadh pada hari Senin 22 Mei 2023. (Foto: Al Arabiya/Adwa al-Ruwaiti)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi meluncurkan stasiun radio musik berbahasa Inggris. Ini yang pertama di negara itu, dan diluncurkan dengan perayaan pada hari Senin (22/5) malam. Peluncuran MBC Loud di Boulevard Riyadh dimeriahkan dengan tontonan kembang api, musik live, dan penari, dan dihadiri oleh sejumlah selebriti dan influencer.

“Ini masih muda, bersemangat, menarik, aktif, dan saya pikir ini adalah kesempatan bagi orang-orang untuk mendengar pandangan baru tentang kehidupan di Arab Saudi,” kata CEO MBC, Sam Barnett, kepada Al Arabiya di acara tersebut.

Peluncuran stasiun induk perusahaan Al Arabiya, MBC, menandakan upaya baru untuk menarik demografi besar kaum muda di Arab Saudi serta populasi ekspatriatnya yang terus bertambah.

“Kami memiliki banyak anak muda Arab Saudi yang berbicara bahasa Inggris. Kami juga memiliki banyak ekspatriat yang datang yang semuanya bekerja di pekerjaan baru dan sektor baru dengan kolega baru, dan ini adalah kehidupan kami untuk fase baru di Arab Saudi,” kata Barnett.

Ini bukan stasiun berbahasa Inggris pertama yang mengudara di negara ini. Saudi Aramco meluncurkan stasiunnya sendiri pada tahun 1957 di Wilayah Timur, termasuk siaran bahasa Inggris. Tapi Loud FM adalah yang pertama dari jenisnya: Stasiun musik kontemporer yang jangkauannya mencakup seluruh Kerajaan.

Pendengar dapat mendengarkan DJ Jay R dan Danah yang berbasis di Riyadh selama slot pagi mulai pukul 06:00 hingga 10:00 setiap hari kerja di 99 FM. “Morning person” Danah mengatakan kepada Al Arabiya bahwa dia “sangat senang” menjadi bagian dari stasiun baru tersebut.

Warga Riyadh yang baru saja lulus SMA menggambarkan langkah karir barunya sebagai “mimpi yang menjadi kenyataan.”

Adapun co-host-nya Jay R, yang baru-baru ini pindah dari Uni Emirat Arab untuk mengambil slot pagi pertama stasiun, Danah mengatakan mereka langsung menjadi "sahabat."

“Kami belum pernah mengenal satu sama lain sebelumnya, tapi sejujurnya, sepertinya kami sudah saling kenal selama bertahun-tahun sekarang,” katanya.

Seorang Amerika, Jay R telah bekerja di radio di AS dan Malaysia serta Radio One di UEA. “KSA adalah yang terbaik yang pernah ada… Saya senang menjadi bagian dari sejarah,” kata Jay R, mengungkapkan kegembiraannya tentang tinggal di Arab Saudi  yang mempercepat perkembangannya di bawah Visi 2030.

Selain Jay R dan Danah di pagi hari, MBC Loud FM akan menampilkan pertunjukan sindikasi Ryan Seacrest di sore hari dan setlist pra rekaman dari DJ lokal dan internasional di malam hari dan akhir pekan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home