Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 21:21 WIB | Jumat, 18 Desember 2015

HRW Kuatkan Bukti Pemerintah Suriah Siksa Tahanan

Salah satu lokasi penahanan. Informasi berdasarkan wawancara dengan para tahanan pemerintah Suriah. (Foto: HRW)

SATUHARAPAN.COM – Nama-nama orang yang tewas akibat penyiksaan di tahanan pemerintah Suriah sebagian terungkap, kelompok pegiat hak asasi manusia Human Right Watch melaporkan. Ada yang masih kanak-kanak saat ditangkap.

Dalam laman mereka yang dimuat Rabu (16/12), HRW melakukan sembilan bulan penelitian mengungkapkan beberapa cerita manusia di balik lebih dari 28.000 foto jenazah dalam tahanan pemerintah yang diselundupkan keluar dari Suriah dan pertama kali muncul ke publik di Januari 2014.

Laporan 86 halaman, If the Dead Could Speak: Mass Deaths and Torture in Syria’s Detention Facilities, menjabarkan bukti baru mengenai keaslian materi yang lazim disebut Foto-foto Caesar. Laporan ini mengidentifikasi sejumlah korban, dan menyoroti beberapa penyebab utama kematian.

HRW mengidentifikasi lokasi dan mewawancarai 33 kerabat dan teman-teman dari 27 korban yang kasusnya telah diverifikasi para peneliti. Mereka juga mewawancarai 37 mantan tahanan yang melihat orang tewas dalam tahanan; dan empat pembelot yang bekerja di pusat-pusat penahanan pemerintah Suriah atau rumah sakit militer tempat sebagian besar foto-foto diambil. Menggunakan citra satelit dan teknik geolocation, HRW menegaskan bahwa beberapa foto jenazah diambil di halaman Rumah Sakit Militer 601 di Mezze.

“Hampir setiap tahanan di foto-foto itu sudah dicari teman-teman dan keluarganya selama beberapa bulan atau tahun,” kata Nadim Houry, Wakil Direktur HRW Timur Tengah. “Kami telah secara cermat memverifikasi puluhan cerita dan kami yakin Foto-foto Caesar ini autentik. Bukti kejahatan terhadap kemanusiaan di Suriah.”

Lokasi-lokasi penahanan.

Negara-negara bertemu tentang kemungkinan perundingan perdamaian di Suriah—termasuk Rusia, sebagai pendukung terbesar pemerintah Suriah—harus membuat nasib ribuan orang ditahan di Suriah sebagai prioritas, kata HRW. Negara yang bersangkutan harus bersikeras bahwa pemerintah Suriah memberikan pemantau internasional akses langsung ke semua pusat-pusat penahanan dan bahwa dinas intelijen Suriah harus menghentikan aksi menghilangkan paksa dan menyiksa tahanan.

Pada Agustus 2013, seorang pembelot militer yang diberi nama kode Caesar menyelundupkan 53.275 foto dari Suriah. HRW menerima set lengkap foto-foto itu dari Gerakan Nasional Suriah, kelompok politik anti-pemerintah Suriah yang menerimanya dari Caesar. Laporan ini berfokus pada 28.707 foto-foto itu, berdasarkan semua informasi yang tersedia, menunjukkan setidaknya 6.786 tahanan meninggal dalam tahanan atau setelah dipindahkan dari tahanan ke rumah sakit militer. Foto-foto lainnya adalah lokasi penyerbuan, jenazah yang diidentifikasi dengan nama sebagai tentara pemerintah, pejuang bersenjata lainnya, atau warga sipil yang tewas dalam serangan, ledakan, atau upaya pembunuhan.

Sebagian besar 6.786 korban ditampilkan dalam foto-foto Caesar ditahan oleh lima cabang badan intelijen di Damaskus. Dan, jenazah mereka dikirim ke setidaknya dua rumah sakit militer di Damaskus antara bulan Mei 2011, ketika Caesar mulai menyalin file dan menyelundupkannya keluar dari tempat kerjanya, dan Agustus 2013, ketika ia melarikan diri Suriah. Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia telah mendokumentasikan penangkapan dan penahanan lebih dari 117.000 orang di Suriah sejak Maret 2011.

HRW menemukan bukti penyiksaan yang meluas, kelaparan, pemukulan, dan penyakit di fasilitas penahanan pemerintah Suriah. Peneliti mengidentifikasi 27 orang yang ditampilkan dalam foto, dan didokumentasikan penangkapan mereka oleh badan-badan intelijen Suriah. Dan, dalam beberapa kasus, penganiayaan dan penyiksaan mereka di tahanan.

HRW mengumpulkan data-data dari keluarga korban bagaimana keluarga mereka ditangkap; dibandingkan tanda identifikasi, bekas luka dan tato; dan mencari bukti dari mantan tahanan yang ditahan pada saat yang sama, kadang-kadang dalam sel yang sama, sebagai korban. Mereka membandingkan data ini untuk informasi yang terkandung dalam nama file yang dikumpulkan Caesar, serta informasi yang ditampilkan pada kartu putih pada tubuh korban di setiap foto untuk identifikasi. Verifikasi kasus bukanlah identifikasi forensik atau hukum. Namun, HRW hanya memasukkan kasus dengan verifikasi dari berbagai sumber dalam laporan.

Di antara para korban yang diidentifikasi ada seorang anak berusia 14 pada saat penangkapannya, dan seorang aktivis perempuan di usia 20-an. Semua keluarga atau kerabat korban yang diwawancarai mengatakan mereka menghabiskan berbulan atau bertahun untuk mencari berita tentang orang yang mereka cintai. Bahkan, dalam banyak kasus membayar jumlah besar untuk kontak dan perantara yang bekerja di berbagai instansi pemerintah atau keamanan. Hanya dua akhirnya menerima sertifikat kematian yang mengatakan almarhum meninggal karena serangan jantung atau gagal napas. Tidak ada yang menerima jenazah kerabat mereka untuk dimakamkan.

HRW membagi subset dari foto-foto, menampilkan 19 korban, dengan tim patolog forensik dari organisasi Physicians for Human Rights, yang menganalisis foto untuk tanda-tanda penganiayaan, serta bukti penyebab kematian. Patolog forensik menemukan bukti beberapa jenis penyiksaan, kelaparan, sesak napas, trauma benda tumpul kekerasan, dan dalam satu kasus, luka tembak di kepala, menyimpulkan bahwa korban telah ditembak di kepala dari jarak dekat.

Mantan tahanan, yang ditahan di tempat yang sama dengan sebagian besar korban Caesar, mengatakan kepada HRW bahwa penjaga membuat mereka di sel sangat penuh sesak dengan sangat sedikit sirkulasi udara, memberi mereka begitu sedikit makanan yang membuat mereka lemah, dan sering mereka mandi. Penyakit kulit dan penyakit menular lainnya menjamur, dan tahanan mengatakan bahwa penjaga menolak mereka untuk perawatan medis yang memadai.

“Kami tidak ragu bahwa orang-orang yang ditampilkan dalam foto-foto Caesar kelaparan, dipukuli, dan disiksa dengan cara yang sistematis, dan dalam skala besar,” kata Houry. “Foto-foto ini mewakili hanya sebagian kecil dari orang-orang yang telah meninggal saat dalam tahanan pemerintah Suriah. Ribuan lainnya menderita nasib yang sama.”

Peneliti Human Rights Watch menggunakan teknik geolocation satelit dan bukti pembelot dari dua rumah sakit militer untuk mengonfirmasi di mana foto diambil dan mengidentifikasi sistem pengkodean untuk kartu ditempatkan pada tubuh.

“Pemerintah mendaftarkan kematian ini, mengurus puluhan mayat pada suatu waktu, namun tidak mengambil tindakan untuk menyelidiki penyebab kematian. Pemerintah pun tidak melakukan usaha untuk mencegah lebih banyak lagi orang dalam tahanan mereka sekarat,” kata Houry. “Mereka yang mendorong perdamaian di Suriah harus memastikan bahwa kejahatan ini berhenti dan bahwa orang-orang yang mengawasi sistem ini akhirnya menghadapi pertanggungjawaban atas kejahatan mereka.”

Selain memberi pemantau internasional akses langsung ke semua fasilitas penahanan, pemerintah Suriah harus membebaskan semua yang secara sewenang-wenang ditahan dan tahanan politik, kata Human Rights Watch. Rusia dan Iran, sebagai pendukung utama pemerintah, memiliki tanggung jawab khusus untuk menekan Suriah untuk akses langsung dan tanpa hambatan pada pengawas internasional untuk mengawasi penahanan.

Negara-negara yang tergabung dalam International Suriah Support Group (ISSG), yang telah bertemu di Wina untuk mendorong proses perdamaian Suriah, harus mendukung upaya untuk memastikan pertanggungjawaban atas pelanggaran meluas dilakukan oleh semua pihak di Suriah. Proposal untuk memberikan kekebalan kepada siapa pun yang terlibat dalam kejahatan serius harus ditolak.

Sebagai bagian minimal setiap proses transisi di Suriah, individu yang diduga—dengan bukti kredibel—terlibat dalam penyiksaan atau kejahatan berat lainnya tidak boleh memiliki posisi otoritas dalam sistem penahanan, kata Human Rights Watch.

 ”Banyak mantan tahanan yang ditahan dalam kondisi buruk mengatakan mereka sering berharap mereka akan mati, daripada terus menderita,” kata Houry. “Mereka memohon negara yang terlibat dalam mencari proses perdamaian untuk melakukan segala sesuatu yang mereka bisa untuk membantu orang-orang yang masih ditahan di Suriah.”


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home