Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:58 WIB | Minggu, 28 Januari 2024

IDF dan Hamas Bertempur di Khan Younis, Ditemukan Depot Senjata Hamas

Pasukan IDF beroperasi di Gaza dalam foto selebaran tak bertanggal yang dirilis 26 Januari 2024. (Foto: IDF via ToI)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Pertempuran antara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan kelompok Hamas berlanjut jauh di dalam wilayah Khan Younis pada hari Jumat (26/1), kata militer, ketika keluarga sandera yang ditahan oleh kelompok Hamas di Jalur Gaza memblokir truk bantuan memasuki daerah kantong tersebut melalui penyeberangan Kerem Shalom untuk ketiga kalinya berturut-turut.

IDF juga mengumumkan kematian seorang tentara cadangan yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza pada hari Kamis (25/1), sehingga jumlah korban tentara yang terbunuh dalam serangan darat melawan Hamas menjadi 220 orang. Sersan. Mayor (res.) Eliran Yeger, 36 tahun, dari Batalyon 8170 Korps Teknik Tempur, dari Tel Aviv, tewas dalam baku tembak dengan agen Hamas di Gaza selatan.

Di daerah Khan Younis, IDF mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan darat dari Divisi 98 membunuh puluhan pria bersenjata Hamas dan Angkatan Udara melakukan gelombang serangan pada Kamis malam, termasuk apartemen yang digunakan oleh para agen, depot senjata, pos pengamatan dan tempat pementasan.

Dalam satu insiden, Brigade Pasukan Terjun Payung divisi tersebut melihat lima pria bersenjata Hamas memasuki sebuah gedung, dan mengarahkan serangan udara terhadap mereka, kata IDF.

Pada Jumat pagi, IDF merilis rekaman drone yang menunjukkan sekelompok agen Hamas yang menggunakan RPG terlihat di Khan Younis, Gaza selatan, sebelum ditabrak oleh sebuah pesawat.

Sel Hamas yang beranggotakan tiga orang itu diidentifikasi oleh tentara dari unit Pengumpulan Intelijen Tempur ke-636 Korps Pertahanan Perbatasan, yang juga menyerukan serangan tersebut. Unit tersebut telah beroperasi bersama pasukan di Khan Younis dalam beberapa pekan terakhir, menemukan sekitar 200 pintu masuk terowongan, membantu menghancurkan lebih dari 130 lokasi Hamas dan hampir selusin peluncur roket, dan menargetkan sejumlah sel Hamas, kata IDF.

Di dekatnya, unit Maglan melihat empat anggota Hamas yang menembakkan rudal anti tank beberapa jam sebelumnya, dan mengarahkan sebuah jet tempur untuk menyerang mereka, kata IDF, menambahkan bahwa beberapa pria bersenjata lainnya dibunuh oleh pasukan di daerah tersebut.

Brigade Givati, sementara itu, melenyapkan sel Hamas yang beranggotakan enam orang dengan tembakan tank dan tembakan penembak jitu di daerah Khan Younis, kata IDF.

Di Gaza utara, militer mengatakan jet tempur IAF menyerang beberapa lokasi Hamas, termasuk sebuah bangunan yang dijadikan jebakan, posisi peluncuran anti tank, dan terowongan, sementara pasukan cadangan Brigade ke-5 membunuh beberapa pria bersenjata Hamas dengan tembakan tank dan dengan mengarahkan serangan udara di daerah tersebut.

Angkatan Laut juga melakukan serangan di sepanjang pantai Gaza semalaman, sebagai bagian dari dukungan bagi pasukan Brigade Nahal yang bermanuver di Jalur Gaza, menurut IDF.

Ketika serangan darat yang bertujuan untuk menggulingkan Hamas meluas, IDF meminta penduduk di beberapa lingkungan di Khan Younis barat untuk mengungsi ke daerah terdekat al-Mawasi di Gaza selatan.

Juru bicara IDF berbahasa Arab, Letkol Avichay Adraee, menerbitkan peta zona yang perlu dievakuasi bersamaan dengan pengumuman tersebut, yang mencakup lingkungan al-Nasr dan al-Amal, kamp pengungsi Khan Younis, dan pusat kota.

Sementara itu, ratusan pengunjuk rasa lainnya bergabung dalam demonstrasi di perbatasan Kerem Shalom sepanjang hari pada hari Jumat, untuk menuntut agar semua bantuan kemanusiaan yang memasuki wilayah yang dilanda perang tersebut dihentikan sampai sisa sandera yang diculik oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober dibebaskan dan kembali ke Israel.

Para tawanan tersebut telah ditahan sejak pembantaian Hamas pada tanggal 7 Oktober, yang menyebabkan sekitar 3.000 teroris menerobos perbatasan ke Israel melalui darat, udara dan laut, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang dari segala usia, kebanyakan warga sipil.

Bersumpah untuk menghancurkan kelompok teror tersebut, Israel melancarkan kampanye militer skala besar, yang menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza telah menewaskan lebih dari 26.000 orang dan melukai sekitar 64.000 orang. Angka-angka tersebut tidak dapat diverifikasi dan diyakini mencakup hampir 10.000 anggota Hamas yang menurut Israel telah terbunuh dalam pertempuran di Jalur Gaza, serta warga sipil yang terbunuh oleh roket-roket Palestina yang salah sasaran.

Pada hari Kamis, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan bahwa lebih dari 100 anggota Hamas telah ditangkap oleh pasukan Israel di Gaza dalam beberapa hari terakhir, termasuk beberapa yang menyerah setelah bersembunyi di terowongan.

“Hamas runtuh ke dalam terowongannya sendiri yang dengan susah payah mereka gali. Setiap tempat yang dikira akan menjadi jebakan bagi tentara IDF akan menjadi area yang kami serang,” kata Gallant kepada tentara unit elite teknik tempur Yahalom saat berkunjung ke pangkalan mereka di Israel selatan.

Gallant mengatakan Hamas mempunyai “ratusan korban di bawah tanah” akibat tindakan Yahalom. “Dalam satu setengah hari terakhir, kami memiliki lebih dari 100 tawanan, beberapa di antara mereka datang dari bawah tanah, di wilayah Khan Younis dan juga di tempat lain, karena mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat melawan IDF,” katanya.

Menurut IDF, Unit 504 Direktorat Intelijen Militer telah menginterogasi sekitar 2.300 tersangka Palestina. di Gaza, banyak di antara mereka, yang dicurigai sebagai anggota teror, telah ditangkap dan dibawa ke Israel untuk diinterogasi lebih lanjut. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home