Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:13 WIB | Senin, 05 Februari 2024

Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Cegah Tindakan Genosida di Gaza

Namun keputusan atas gugatan Afrika Selatan itu tidak menyebutkan memerintahkan gencatan senjata.
Ketua Mahkamah Internasional, Joan Donoghue, berbicara sebelum pengumuman pengadilan dalam kasus genosida terhadap Israel, yang diajukan oleh Afrika Selatan, di Den Haag, Belanda, pada hari Jumat (26/1). (Foto: Remko de Waal/ANP/AFP)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada hari Jumat (26/1) memerintahkan Israel melakukan segala upaya untuk mencegah kematian, kehancuran, dan tindakan genosida apa pun di Gaza, namun panel tersebut tidak memerintahkan diakhirinya serangan militer yang dilakukan Israel. telah menghancurkan daerah kantong Palestina.

Dalam keputusan Mahkamah Internasional itu akan membuat Israel tetap berada di bawah pengawasan hukum selama bertahun-tahun yang akan datang. Pengadilan tersebut tidak memberikan kenyamanan lain kepada para pemimpin Israel dalam kasus genosida yang diajukan oleh Afrika Selatan dan menjadi inti dari salah satu konflik yang paling sulit diselesaikan di dunia. Setengah lusin perintah pengadilan itu akan sulit dicapai tanpa adanya gencatan senjata atau jeda dalam pertempuran.

“Pengadilan sangat menyadari besarnya tragedi kemanusiaan yang terjadi di wilayah tersebut dan sangat prihatin dengan terus hilangnya nyawa dan penderitaan manusia,” kata Ketua Pengadilan, Joan E. Donoghue.

Keputusan tersebut merupakan teguran keras atas tindakan Israel di masa perang dan menambah tekanan internasional untuk menghentikan serangan yang telah berlangsung selama hampir empat bulan yang telah menewaskan lebih dari 26.000 warga Palestina, menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza dan hampir 85% dari 2,3 juta penduduknya mengungsi dari rumah mereka.

Membiarkan tuduhan itu tetap ada akan menyakiti pemerintah Israel, yang didirikan sebagai negara Yahudi setelah pembantaian enam juta orang Yahudi oleh Nazi selama Perang Dunia II.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan fakta bahwa pengadilan bersedia membahas tuduhan genosida adalah “tanda rasa malu yang tidak akan terhapuskan dari generasi ke generasi.” Dia bersumpah untuk terus melanjutkan perang.

Kekuasaan keputusan ini diperkuat dengan penetapan waktunya, yang bertepatan dengan Hari Peringatan Holocaust Internasional.

Pada Jumat (26/1) malam, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menekankan bahwa keputusan pengadilan tinggi tersebut mengikat secara hukum dan “percaya” bahwa Israel akan mematuhi perintahnya, termasuk “mengambil semua tindakan sesuai kewenangannya” untuk mencegah tindakan yang dapat mengakibatkan kehancuran rakyat Palestina.

“Mereka yang benar-benar perlu diadili adalah mereka yang membunuh dan menculik anak-anak, perempuan, dan orang tua,” kata mantan Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, mengacu pada militan Hamas yang menyerbu komunitas Israel pada 7 Oktober dalam serangan yang memicu perang tersebut. Serangan itu menewaskan sekitar 1.200 orang dan mengakibatkan 250 orang lainnya diculik.

Perintah agar Hamas Bebaskan Sandera

Pengadilan juga meminta Hamas untuk membebaskan para sandera yang masih disandera. Hamas mendesak komunitas internasional agar Israel melaksanakan perintah pengadilan.

Banyak dari tindakan tersebut disetujui oleh mayoritas hakim. Dari enam perintah tersebut, seorang hakim Israel menyetujui dua perintah: perintah untuk bantuan kemanusiaan dan perintah lainnya untuk pencegahan ucapan yang menghasut.

Hakim Israel Aharon Barak mengatakan dia mendukung perintah tersebut dengan harapan bahwa perintah tersebut akan “membantu mengurangi ketegangan dan mencegah retorika yang merusak” sekaligus mengurangi “konsekuensi konflik bersenjata bagi kelompok yang paling rentan.”

Tindakan sementara yang dikeluarkan oleh pengadilan dunia tersebut mengikat secara hukum, namun tidak jelas apakah Israel akan mematuhinya.

“Kami akan terus melakukan apa yang diperlukan untuk membela negara kami dan membela rakyat kami,” kata Netanyahu, yang menolak keputusan dalam dua bahasa tersebut. Dalam pesan yang ditujukan kepada pembaca di dalam negeri, nadanya lebih menantang dalam bahasa Ibrani, dan dia tidak secara terang-terangan mengkritik pengadilan dalam bahasa Inggris.

Pengadilan memutuskan bahwa Israel harus melakukan semua yang bisa dilakukannya untuk mencegah genosida, termasuk menahan diri untuk tidak menyakiti atau membunuh warga Palestina. Keputusan tersebut juga memutuskan bahwa Israel harus segera memberikan bantuan dasar ke Gaza dan bahwa negara tersebut harus menghukum setiap hasutan untuk melakukan genosida, dan tindakan lainnya.

Panel meminta Israel untuk menyerahkan laporan mengenai langkah-langkah yang diambil dalam waktu satu bulan.

“Ini saatnya pengadilan dapat kembali dan berkata, 'Anda belum memenuhi perintah. Anda belum mematuhinya. Sekarang kami mendapati Anda sedang melakukan genosida,’” kata Mary Ellen O’Connell, seorang profesor hukum dan studi perdamaian internasional di Kroc Institute, Universitas Notre Dame.

Keputusan Sementara

Keputusan hari Jumat (26/1) itu merupakan keputusan sementara. Diperlukan waktu bertahun-tahun bagi pengadilan untuk mempertimbangkan seluruh aspek tuduhan genosida di Afrika Selatan. Dewan Keamanan PBB menjadwalkan pertemuan pada hari Rabu mendatang untuk menindaklanjuti keputusan tersebut.

Di Israel, para komentator mengatakan keputusan untuk tidak memerintahkan gencatan senjata diterima dengan cukup lega karena hal itu membantu Israel menghindari bentrokan dengan badan tertinggi PBB.

Warga Palestina dan para pendukungnya mengatakan pengadilan tersebut mengambil langkah penting untuk meminta pertanggungjawaban Israel. Kementerian Luar Negeri dari pemerintahan mandiri Palestina di Tepi Barat yang didukung secara internasional mengatakan bahwa keputusan tersebut “harus menjadi peringatan bagi Israel dan aktor-aktor yang memungkinkan terjadinya impunitas yang mengakar,” sebuah rujukan yang jelas terhadap Amerika Serikat, sekutu utama Israel.

AS mengulangi pendiriannya bahwa Israel harus “mengambil semua langkah yang mungkin” untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil, meningkatkan bantuan kemanusiaan, dan mengekang “retorika yang tidak manusiawi.”

“Kami tetap meyakini tuduhan genosida tidak berdasar,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Afrika Selatan mengatakan keputusan tersebut menetapkan bahwa “tindakan Israel di Gaza masuk akal merupakan genosida.”

“Tidak ada dasar yang kredibel bagi Israel untuk terus mengklaim bahwa tindakan militernya sepenuhnya mematuhi hukum internasional,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Israel sering memboikot pengadilan internasional dan penyelidikan PBB karena dianggap tidak adil dan bias. Namun kali ini, mereka mengambil langkah yang jarang terjadi, yaitu mengirimkan tim hukum tingkat tinggi, sebuah tanda betapa seriusnya mereka menangani kasus ini.

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas tidak membedakan jumlah korban tewas antara kombatan dan warga sipil, namun badan tersebut mengatakan sekitar dua pertiga dari mereka yang tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Militer Israel mengklaim setidaknya 9.000 dari lebih dari 26.000 orang yang tewas adalah militan Hamas.

Para pejabat PBB telah menyatakan kekhawatirannya bahwa akan semakin banyak orang yang meninggal karena penyakit dan kekurangan gizi, dan setidaknya seperempat penduduk Gaza menghadapi kelaparan.

Yuval Shany, seorang profesor hukum di Universitas Ibrani dan peneliti senior di Institut Demokrasi Israel, mengatakan keputusan pengadilan tersebut “tidak seburuk yang dikhawatirkan Israel” dan tidak akan mengubah cara militer melakukan perang secara mendasar.

“Ketakutan terbesar adalah bahwa pengadilan akan meminta Israel untuk menghentikan perang,” kata Shany, menggambarkan keputusan tersebut sebagai “sesuatu yang Israel dapat terima.”  (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home