Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:41 WIB | Rabu, 14 Februari 2024

IDF Tayangkan Video Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, di Terowongan Gaza

IDF mengidentifikasi Yahya Sinwar yang membelakangi kamera bersama keluarganya, berdasarkan ukuran telinganya dan dengan AI.
Pemimpin Hamas Jalur Gaza, Yahya Sinwar, di sebuah terowongan di Khan Younis, Gaza selatan, 10 Oktober 2023 (Foto: IDF via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Selasa (13/2) merilis rekaman video yang menunjukkan pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, berjalan melalui terowongan Gaza bersama beberapa anggota keluarganya.

Jika benar, ini akan menjadi pertama kalinya Sinwar terlihat sejak ia bersembunyi menjelang serangan teror Hamas pada 7 Oktober.

Juru bicara IDF Daniel Hagari merilis rekaman tersebut, ketika pejabat keamanan yang tidak disebutkan namanya kembali membocorkan klaim ke media berbahasa Ibrani bahwa IDF sedang mendekati pemimpin teror tersebut.

Rilis rekaman video itu juga terjadi ketika para pejabat tinggi Israel, Amerika Serikat, Qatar dan Mesir berkumpul di Kairo untuk melakukan negosiasi yang bertujuan mencapai perpanjangan gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan.

Klip berdurasi satu menit, direkam pada 10 Oktober, menampilkan Sinwar di sebuah terowongan di bawah kota Khan Younis di Gaza selatan, berjalan di belakang istrinya bersama tiga anaknya, yang dipimpin oleh saudara laki-laki Sinwar, Ibrahim, menurut IDF.

Sinwar tampil sehat, dalam keadaan utuh, membawa tas dan memakai sandal jepit Adidas. Salah satu putrinya terlihat memegang boneka.

Video tersebut diambil dari rekaman pengawasan Hamas dari terowongan yang baru-baru ini diambil oleh pasukan IDF yang beroperasi di daerah tersebut.

Saat punggung Sinwar menghadap kamera, IDF dapat mengidentifikasinya berdasarkan ukuran telinga sosok tersebut yang lebih besar dan dengan menggunakan kecerdasan buatan, Channel 12 melaporkan.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Channel 12 bahwa pihak berwenang memiliki rekaman tambahan Siwnar, termasuk klip yang direkam baru-baru ini.

“Setiap penduduk Gaza (sekarang dapat) melihat bagaimana para pemimpin Hamas hidup di bawah tanah dan bagaimana mereka tidak memikirkan hal lain selain diri mereka sendiri, keluarga mereka dan uang mereka,” kata juru bicara IDF, Daniel Hagari, kepada jaringan Al Arabiya menjelang penayangan acara tersebut. rekaman.

“Satu atau beberapa video bukanlah hal yang paling penting. Yang penting adalah intelijen yang memungkinkan kami menghubungi pejabat senior Hamas dan para sandera. Perburuan Sinwar tidak akan berhenti sampai kita menangkapnya, hidup atau mati,” kata Hagari dalam konferensi pers setelah merilis rekaman tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa awal bulan ini, pasukan menahan kerabat dekat komandan senior militer Hamas, termasuk Sinwar. Di antara mereka yang ditahan adalah ayah Rafa’a Salameh, komandan Brigade Rafah Hamas; dan putra Husni Hamdan, komandan senior Hamas lainnya, Hagari menambahkan, “Dalam interogasi Shin Bet, mereka memberi kami banyak informasi intelijen.”

Dia mengatakan pasukan Israel menggrebeg jaringan terowongan yang terlihat dalam rekaman 10 Oktober, yang terletak di bawah pemakaman di daerah Bani Suheila di Khan Younis.

Terowongan tersebut berisi “kamar tidur pejabat senior Hamas dan kantor komandan Batalyon Timur Brigade Khan Younis, tempat ia mengarahkan serangan pada 7 Oktober,” kata juru bicara IDF, seraya menambahkan bahwa jaringan tersebut terhubung ke terowongan tempat para sandera ditahan, yang rinciannya dipublikasikan IDF dalam beberapa pekan terakhir.

Pasukan khusus menggrebeg bagian lain terowongan, puluhan meter di bawah tanah, di mana rekaman kamera pengawas menunjukkan “pemimpin Hamas di Jalur Gaza, pembunuh utama, Yahya Sinwar, melarikan diri bersama anak-anaknya dan salah satu istrinya melalui jaringan terowongan, kata Hagari.

“Dalam rekaman yang diambil pada 10 Oktober, saat awal perang, dia melarikan diri bersama keluarganya ke bawah tanah ke salah satu kompleks akomodasi aman yang telah dia bangun sebelumnya,” tambahnya. “Kami bertekad untuk menangkapnya, dan kami akan menangkapnya.”

“Setelah dilakukan penggeledahan, kami tiba di kompleks tempat dia tinggal bersama para pejabat senior lainnya, bersembunyi di bawah tanah, sementara perang sedang berlangsung di atasnya,” kata Hagari. “Pejabat senior Hamas tinggal di kompleks tersebut dalam kondisi yang nyaman. Mereka memiliki makanan dan kamar mandi, serta brankas dengan dana pribadi jutaan shekel dan uang tunai dolar.”

IDF kemudian menayangkan klip yang menunjukkan tentara sedang melakukan tur ke salah satu terowongan tempat Sinwar, keluarganya, dan pejabat senior Hamas lainnya bersembunyi selama perang.

Video tersebut menunjukkan bahwa terowongan tersebut memiliki dua kamar mandi, dapur lengkap, area untuk tidur, dan ruang terpisah yang menurut IDF adalah milik Sinwar sendiri, di mana tentara menemukan brankas berisi uang tunai jutaan dolar.

Pekan lalu, Channel 12 melaporkan bahwa lembaga keamanan yakin Sinwar telah “kehilangan kontak” selama setidaknya 11 hari, dan tidak melakukan kontak apa pun dengan mediator Qatar dan Mesir selama periode tersebut karena pembicaraan mengenai kemungkinan gencatan senjata terus berlanjut.

Alasan putusnya hubungan tersebut tidak jelas dan mungkin karena dia sedang dalam pelarian, terlibat dalam tipu muslihat taktis, atau tidak dapat melakukan kontak karena masalah komunikasi yang sedang berlangsung di Gaza.

Beberapa keputusan diambil oleh Hamas dalam beberapa hari terakhir tanpa dia, meski belum tentu keputusan yang berkaitan dengan kesepakatan penyanderaan, kata Channel 12.

Kan melaporkan bahwa penilaian lembaga keamanan Israel adalah bahwa Sinwar tidak terlibat dalam penerbitan tanggapan Hamas terhadap kerangka kesepakatan penyanderaan Qatar awal pekan ini, yang oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dianggap sebagai “delusi.”

Tanggapan Hamas mencakup klausul yang menyatakan bahwa kesepakatan itu akan “tergantung pada persetujuan pimpinan Hamas di Gaza.”

Channel 12 melaporkan pada hari Jumat bahwa Israel meminta mediator Qatar untuk Hamas agar menunjuk perwakilan baru untuk pengambilan keputusan akhir dalam perundingan penyanderaan tersebut.

Ketidakmampuan untuk mencapai Sinwar telah menyebabkan perlambatan dalam perundingan, kata jaringan tersebut. Namun, tidak ada laporan mengenai status Sinwar yang dikonfirmasi oleh kedua belah pihak.

Pada bulan Desember, IDF merilis rekaman yang diperoleh dari Jalur Gaza yang menunjukkan komandan senior Hamas, Muhammad Sinwar, saudara laki-laki Yahya, di dalam mobil yang melewati terowongan besar yang diungkapkan oleh militer.

Menurut IDF, pembangunan jaringan terowongan besar yang ditemukan di dekat perbatasan Erez dipimpin oleh Muhammad Sinwar. Itu adalah terowongan serangan Hamas terbesar yang pernah ditemukan oleh militer. (ToI/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home