Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Senin, 11 Desember 2023

PM Israel Serukan Militan Hamas Untuk Menyerah, Jangan Mati Demi Yahya Sinwar

Tahanan Palestina duduk di dalam truk saat tentara Israel berjaga di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas, di Jalur Gaza pada hari Jumat, 8 Desember 2023. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada hari Minggu (10/12) menyerukan militan Hamas untuk meletakkan senjata mereka, dengan mengatakan bahwa akhir dari kelompok Palestina sudah dekat, ketika perang di Jalur Gaza berkecamuk lebih dari dua bulan.

“Perang masih berlangsung namun ini adalah awal dari berakhirnya Hamas. Saya katakan kepada teroris Hamas: Ini sudah berakhir. Jangan mati demi (Yahya) Sinwar. Menyerahlah sekarang,” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan, mengacu pada pemimpin Hamas di Jalur Gaza.

“Dalam beberapa hari terakhir, puluhan teroris Hamas telah menyerah kepada pasukan kami,” kata Netanyahu. Namun militer belum merilis bukti penyerahan militan, dan Hamas menolak klaim tersebut.

Hampir sebulan yang lalu, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan Hamas telah “kehilangan kendali” atas Gaza.

Hamas memicu konflik tersebut dengan serangan paling mematikan terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut data Israel, dan menyeret sekitar 240 sandera kembali ke Gaza.

Israel merespons dengan serangan militer tanpa henti yang telah menghancurkan sebagian besar Gaza dan menewaskan sedikitnya 17.997 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas, tanpa membedakan warga sipil dan kombatan.

IDF Masuk ke Jantung Khan Younis

Sementara itu, dilaporkan bahwa tank-tank Israel berjuang menuju jantung Khan Younis pada hari Minggu (10/12) dalam serangan baru yang besar ke kota utama Jalur Gaza selatan, ketika otoritas kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan sekitar 18.000 warga Palestina telah tewas dalam perang tersebut.

Warga mengatakan tank-tank tersebut telah mencapai jalan utama utara-selatan melalui tengah Khan Younis setelah pertempuran sengit sepanjang malam yang memperlambat kemajuan Israel dari timur. Pesawat-pesawat tempur menggempur daerah sebelah barat serangan.

Udara bergemuruh disertai bunyi ledakan yang terus-menerus dan kepulan asap putih tebal membubung di atas kota yang padat penduduknya, dipenuhi orang-orang yang mengungsi dari tempat lain di daerah kantong tersebut.

Saat pagi tiba di dekat kantor polisi pusat kota, suara tembakan senapan mesin terus terdengar. Jalanan di sana sepi, hanya ada seorang wanita tua dan seorang gadis yang menaiki kereta keledai.

“Itu adalah salah satu malam yang paling mengerikan, perlawanan sangat kuat, kami bisa mendengar suara tembakan dan ledakan yang tidak berhenti selama berjam-jam,” kata ayah empat anak yang mengungsi dari Kota Gaza dan berlindung di Khan Younis kepada Reuters. Dia menolak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan.

Di ujung lain Jalur Gaza, di wilayah utara di mana Israel sebelumnya mengatakan pasukannya telah menyelesaikan sebagian besar tugas mereka, warga juga menggambarkan beberapa pertempuran paling sengit dalam perang tersebut sejauh ini.

“Saya yakin ini adalah pertempuran terkuat yang pernah kami dengar dalam beberapa pekan terakhir,” kata Nasser, 59 tahun, ayah dari tujuh anak yang mengungsi di Jabaliya setelah rumahnya dihancurkan di Beit Lahiya, wilayah utara lainnya. Ledakan terdengar saat dia berbicara. “Kami tidak akan meninggalkan Jabaliya apapun yang terjadi. Kita akan mati di sini sebagai martir atau mereka akan meninggalkan kita sendirian.”

Siapa Yang Masih Hidup?

Setelah berminggu-minggu pertempuran terkonsentrasi di utara, Israel melancarkan serangan daratnya di selatanpekan ini dengan serangan Khan Younis. Dengan pertempuran yang kini berlangsung di hampir seluruh Jalur Gaza, organisasi bantuan internasional mengatakan 2,3 juta penduduknya tidak punya tempat untuk bersembunyi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hampir mustahil untuk memperbaiki situasi “bencana” di Gaza, di mana kebutuhan medis meningkat dan risiko penyakit meningkat sementara sistem kesehatan sangat berkurang.

Di lokasi salah satu rumah Khan Youni yang hancur akibat pemboman semalam, kerabat korban tewas sedang menyisir puing-puing dengan linglung. Mereka menyeret tubuh seorang pria paruh baya dengan kaus kuning dari bawah batu.

“Kami salat malam dan pergi tidur, lalu bangun dan menemukan rumah di atas kami. ‘Siapa yang hidup?’” kata Ahmed Abdel Wahab. “Tiga lantai di atasnya ambruk dan ada orang di bawahnya,” katanya. “Ibu dan ayahku, saudara perempuan dan laki-lakiku, semua sepupuku.”

Rumah sakit utama di Khan Younis, rumah sakit Nasser, dibanjiri korban tewas dan luka-luka. Pada hari Minggu (10/12) tidak ada ruang tersisa di unit gawat darurat karena orang-orang membawa lebih banyak orang yang terluka dengan dibungkus selimut dan karpet. Mohamed Abu Shihab meratap dan bersumpah akan membalas dendam atas putranya yang menurutnya telah dibunuh oleh penembak jitu Israel.

Militer Israel mengatakan pihaknya mengebom terowongan bawah tanah di Khan Younis dan menyerang sekelompok pria bersenjata Palestina yang sedang mempersiapkan penyergapan, namun tidak mengatakan apa pun tentang serangan tank.

Hamas mengatakan para pejuangnya telah merusak atau menghancurkan 180 kendaraan militer Israel selama pertempuran tersebut, tanpa memberikan bukti, dan mengatakan Israel tidak akan dapat memulihkan sandera yang tersisa dengan paksa, hanya melalui negosiasi.

Sebagian besar penduduk Gaza kini terpaksa meninggalkan rumah mereka, banyak di antara mereka yang melarikan diri beberapa kali hanya dengan membawa barang-barang yang bisa mereka bawa. Israel mengatakan mereka melakukan apa yang mereka bisa untuk melindungi warga sipil, namun sekutu terdekatnya, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mereka tidak memenuhi janji-janji tersebut.

Pengepungan Israel telah memutus pasokan, dan PBB memperingatkan akan terjadinya kelaparan massal dan penyakit.

Ketakutan Akan Terjadi Eskalasi di Utara

Pertempuran antara Israel dan gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, yang dipicu oleh konflik Gaza, meningkat pada hari Minggu (10/12).

Pada konferensi internasional di Doha, ibu kota Qatar yang bertindak sebagai mediator utama dalam gencatan senjata selama seminggu yang membebaskan lebih dari 100 sandera, para menteri luar negeri Arab mengkritik Amerika Serikat karena memveto resolusi Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat yang menuntut tindakan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza.

Perdana Menteri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, mengatakan perang tersebut berisiko meradikalisasi satu generasi di Timur Tengah. Menteri Luar Negeri Yordania mengatakan serangan Israel bertujuan untuk mengusir warga Palestina dari Gaza dan memenuhi definisi hukum genosida, sebuah tuduhan yang disebut Israel keterlaluan.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan dia “tidak akan menyerah” dalam menyerukan gencatan senjata.

“Saya mendesak Dewan Keamanan untuk menekan upaya menghindari bencana kemanusiaan dan saya menegaskan kembali seruan saya agar gencatan senjata kemanusiaan diumumkan,” kata Guterres. “Sayangnya, Dewan Keamanan gagal melakukan hal ini, namun hal ini tidak membuat hal ini menjadi kurang penting.”

Israel menolak tuntutan mereka untuk menghentikan pertempuran. Saat memberikan pengarahan kepada kabinetnya pada hari Minggu (10/12), Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dia telah mengatakan kepada para pemimpin Perancis, Jerman dan negara-negara lain: “Anda tidak dapat di satu sisi mendukung penghapusan Hamas, dan di sisi lain menekan kami untuk mengakhiri perang, yang akan mencegah penghapusan Hamas.” (AFP/Reuters/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home