Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:43 WIB | Senin, 13 November 2023

Ikan Koi Juga Terlibat Konflik Antara Jepang dengan China

Ikan koi berenang di tangki air pada pameran seni akuarium di Tokyo, Jepang pada Juli 2014. (Foto: dok. AP/Koji Sasahara)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Apa hubungannya ikan koi dengan konflik China dan jepang? Hubungan buruk antara Jepang dan China yang bersaing di Asia kini tampaknya terbebani oleh keindahan satwa yang menimbulkan ketenangan ketika disajikan di spa, museum, dan taman.

Perselisihan sengit antara dua ekonomi terbesar di Asia ini menambah perselisihan mereka mengenai pembuangan air radioaktif yang diolah ke laut dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang dilanda tsunami. Dan hal ini telah menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

Tapi mengapa ikan koi ikut dalam perselisihan itu? Inilah tentang ikan koi dan perannya dalam perselisihan:

Apa Itu Ikan Koi?

Koi adalah ikan mas yang berwarna indah dan mahal harganya, yang secara resmi disebut nishikigoi di Jepang. Ikan, yang dihargai sebagai “permata berenang”, melambangkan keberuntungan dalam hidup dan bisnis. Kolam ikan ini sering digunakan sebagai perlengkapan kolam taman untuk keluarga kaya dan berpengaruh di Jepang.

Dalam beberapa tahun terakhir, koi menjadi sangat populer di Asia, dengan ekspor koi Jepang meningkat dua kali lipat selama dekade terakhir menjadi 6,3 miliar yen (setara Rp 675 miliar), seperlima dari jumlah tersebut dikirim ke China, importir koi terbesar Jepang, diikuti oleh Amerika Serikat, dan Indonesia.

Apa Yang Terjadi dengan Ekspor Koi Jepang ke China?

Sejak merebaknya virus herpes koi di Jepang pada tahun 2000-an, negara tersebut melakukan karantina wajib selama 7-10 hari untuk semua ekspor, termasuk ke China, untuk memastikan koi bebas penyakit.

Awalnya, China memiliki kesepakatan ekspor dengan total 15 petani yang juga menyediakan layanan karantina, sehingga mereka dapat melewati proses karantina terpisah di fasilitas lain. Namun Beijing membiarkan banyak kontraknya berakhir selama bertahun-tahun. Kini, China juga belum memperbarui sisa perjanjian karantina pra ekspor yang berakhir pada 30 Oktober, kata para pejabat Jepang.

Tidak memperbarui kontrak secara efektif mengakhiri impor ikan koi China dari Jepang. Pejabat Badan Perikanan, Satoru Abe, yang bertanggung jawab atas karantina koi, mengatakan China belum memberikan penjelasan mengapa mereka tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melanjutkan pengiriman koi.

Apakah Terkait Pelepasan Air Limbah Fukushima Daiichi?

Meskipun ada jaminan keamanan dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pemerintah Jepang dan operator pembangkit listrik tenaga nuklir, China melarang makanan laut Jepang segera setelah pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi yang dilanda tsunami mulai membuang air limbah radioaktif yang telah diolah dan diencerkan.

Ada kekhawatiran secara internasional mengenai makanan laut yang ditangkap dari wilayah Pasifik di mana air limbah yang telah diolah dibuang, namun koi adalah ikan air tawar yang merupakan ikan hias dan biasanya tidak untuk dimakan.

Abe, pejabat karantina koi, mengatakan pembuangan air limbah di Fukushima kemungkinan besar bukan penyebab terhentinya ekspor koi, mengingat China mengizinkan koi Jepang masuk selama dua bulan setelah pembuangan air dimulai.

Apa Kata Pejabat Jepang?

Pejabat tinggi Jepang mengatakan Tokyo telah menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk memfasilitasi pembaruan ekspor koi jauh sebelum batas waktu, dan akan melanjutkan upaya diplomatik untuk menyelesaikan kebuntuan tersebut. Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang, Ichiro Miyashita, mengatakan kepada wartawan, “Nishikigoi adalah budaya, dan pada dasarnya berbeda dari makanan laut, dan saya yakin ini tidak ada hubungannya” dengan pembuangan air yang diolah di Fukushima Daiichi. “Tetapi China telah mengambil tindakan yang tidak berdasar secara ilmiah, dan kita perlu bersuara dan menyerukan penarikan praktik-praktik yang tidak rasional dan mendistorsi perdagangan.”

Kepala Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno, mengatakan Jepang akan terus melakukan pendekatan kepada pihak berwenang China untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melanjutkan perdagangan koi.

Masalah Lain Antara Jepang dan China

Kedua negara telah berselisih selama puluhan tahun mengenai gugusan pulau di Laut Cina Timur yang dikuasai Jepang dan disebut Senkaku, yang juga diklaim oleh Beijing, dan memanggil Diaoyu. Beijing merotasi empat kapal penjaga pantai yang secara rutin melanggar perairan yang diklaim Jepang di sekitar pulau-pulau tersebut, menambah ketegangan dengan kapal patroli penjaga pantai Jepang dan kapal penangkap ikan.

Tokyo menganggap Beijing sebagai ancaman keamanan utama di kawasan dan memperluas kemitraan pertahanannya dengan negara-negara Indo-Pasifik lainnya selain satu-satunya sekutu perjanjiannya, Amerika Serikat.

Tokyo juga mendorong peningkatan kekuatan militer di bawah strategi keamanan nasional baru yang menyerukan kemampuan serangan balasan dengan rudal jarak jauh sebagai terobosan dari prinsip pertahanan diri Jepang pascaperang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home