Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 09:06 WIB | Jumat, 18 Desember 2015

IMF Masih Pertahankan Lagarde meski Jadi Terdakwa

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berbicara dalam pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada 22 Januari 2015 di Davos. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – IMF mengungkapkan kepercayaannya terhadap Christine Lagarde pada Kamis (17/12) setelah dia diminta untuk menghadiri persidangan di Prancis atas perannya dalam pembayaran negara dalam jumlah sangat besar kepada taipan Prancis.

Badan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF), yang mewakili 188 negara anggota, “masih memiliki kepercayaan terhadap kemampuan direktur pelaksana untuk melaksanakan tugasnya secara efektif,” ujar juru bicara IMF, Gerry Rice, dalam sebuah pernyataan.

Lagarde, yang mengepalai IMF sejak Juli 2011, didakwa telah melakukan kelalaian dalam mengatasi pembayaran pemerintah pada 2008 terhadap taipan Prancis Bernard Tapie saat ia menjabat sebagai menteri keuangan.

Tapie diberikan lebih dari 400 juta euro (sekitar Rp6 triliun) dalam sengketa dengan bank Credit Lyonnais 2008 lalu terkait penjualan Adidas pada 1993.

Sejak penyelidikan Prancis dibuka terhadap penanganan kasus Tapie pada Agustus 2011, IMF menegaskan kembali keyakinan mereka terhadap Lagarde, yang mandatnya berakhir Juli mendatang dan baru-baru ini mengatakan bahwa dia terbuka untuk melanjutkan mandat lima tahun keduanya.

“Dewan akan terus membicarakan masalah ini,” ujar Rice.(Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home