Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 23:19 WIB | Minggu, 13 Desember 2015

IMF: Waktunya Wujudkan Pakta Iklim

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berbicara dalam pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada 22 Januari 2015 di Davos. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – “Kini waktunya mewujudkan kata-kata menjadi tindakan untuk menyelamatkan planet ini,” kata Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, setelah utusan dari 195 negara menyetujui kesepakatan bersejarah di Paris pada hari Sabtu (12/12) untuk menghentikan pemanasan global.

Paris Agreement pasca-2020 telah mengakhiri beberapa dekade perseteruan antara negara-negara kaya dan miskin tentang bagaimana melakukan kampanye, yang nilainya mencapai miliaran dolar, untuk menghentikan pemanasan global dan mengatasi dampak dari perubahan iklim.

“Paris Agreement adalah sebuah langkah penting untuk mengatasi masalah perubahan iklim global pada abad 21,” kata Lagarde.

“Pemerintah kini harus mewujudkan kata-kata tersebut menjadi sebuah tindakan, terutama dengan mengimplementasikan berbagai kebijakan yang membuat kemajuan efektif mengenai janji-janji pengurangan (emisi) yang sudah mereka buat,” katanya.

Lagarde juga menekankan bahwa “pesan utama saya adalah tetapkan harga karbon dengan tepat dan lakukan sekarang.”

“Menetapkan tarif pada emisi bahan bakar fosil sejalan dengan insentif yang dibutuhkan untuk investasi rendah karbon,” katanya.

2015 diperkirakan akan menjadi tahun terpanas, para pemimpin dunia dan ilmuwan mengatakan kesepakatan tersebut menjadi langkah vital untuk menghentikan peningkatan suhu dan menghindari dampak paling merugikan dari perubahan iklim. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home