Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:52 WIB | Selasa, 21 Mei 2024

India Hadapi Gelombang Udara Panas Tinggi Hingga 47 Derajat Celcius

Matahari terbit saat pengendara berkendara di tengah kabut asap pagi di New Delhi, India, Senin, 25 Desember 2023. (Foto: dok. AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Bagian barat laut India mengalami terik akibat suhu yang sangat panas pada hari Sabtu (19/5), dan ibu kota New Delhi berada dalam peringatan cuaca buruk karena suhu ekstrem melanda beberapa bagian negara tersebut.

Departemen cuaca India memperkirakan kondisi gelombang panas akan terus berlanjut di wilayah utara selama beberapa hari ke depan, dan telah membuat beberapa negara bagian dalam siaga tinggi.

Pada hari Jumat (18/5), sebagian wilayah New Delhi melaporkan suhu mencapai 47,1 derajat Celcius (116 derajat Fahrenheit).

Negara bagian terdekat seperti Punjab, Haryana dan Rajasthan juga mengalami peningkatan suhu dan kemungkinan akan tetap tinggi selama beberapa hari ke depan, kata Soma Sen Roy, seorang ilmuwan di Departemen Meteorologi India.

Roy memperingatkan masyarakat agar tidak keluar rumah di bawah sinar matahari sore, minum banyak air, dan mengenakan pakaian longgar, sementara mereka yang rentan seperti lansia harus tetap berada di dalam rumah.

Suhu ekstrem di India utara bertepatan dengan pemilihan umum yang akan berlangsung selama enam pekan. Para ahli khawatir gelombang panas dapat meningkatkan risiko kesehatan karena masyarakat mengantri panjang untuk memberikan suara atau para kandidat berkampanye secara agresif di luar ruangan.

Seorang menteri pingsan karena panas bulan lalu saat berpidato di rapat umum pemilu di negara bagian Maharashtra.

Perdana Menteri Narendra Modi serta penantang utamanya, Rahul Gandhi dari Partai Kongres yang merupakan oposisi, diperkirakan akan mengadakan rapat umum di New Delhi pada Sabtu malam, menjelang pemungutan suara pada 25 Mei.

Satish Kumar, seorang pengemudi becak berusia 57 tahun di ibu kota, mengatakan pekerjaannya terganggu karena panas. “Orang-orang tidak keluar rumah, (pasar) hampir kosong,” katanya.

Pravin Kamath, seorang pria berusia 28 tahun yang menjalankan gerobak yang menjual minuman dingin, mengeluh karena cuaca sangat panas sehingga dia tidak tahan berada di luar ruangan. “Tetapi saya harus bekerja. Apa yang bisa saya lakukan? Saya miskin jadi saya harus melakukannya.”

Bulan-bulan utama musim panas — April, Mei, dan Juni — selalu panas di sebagian besar wilayah India sebelum hujan monsun membawa suhu lebih dingin.

Namun panas bumi semakin meningkat dalam satu dekade terakhir dan biasanya disertai dengan kekurangan air yang parah, sehingga puluhan juta dari 1,4 miliar penduduk India kekurangan air bersih.

Sebuah studi yang dilakukan oleh World Weather Attribution, sebuah kelompok akademis yang meneliti sumber panas ekstrem, menemukan bahwa gelombang panas yang membakar pada bulan April yang melanda sebagian wilayah Asia setidaknya 45 kali lebih mungkin terjadi di beberapa bagian benua ini akibat perubahan iklim.

Para ahli iklim mengatakan panas ekstrem di Asia Selatan selama musim pra-musim hujan menjadi lebih sering terjadi dan studi tersebut menemukan bahwa suhu ekstrem kini menjadi sekitar 0,85 C (1,5 F) lebih panas di wilayah tersebut karena perubahan iklim.

Setidaknya 28 kematian terkait panas dilaporkan di Bangladesh, serta lima di India pada bulan April. Lonjakan kematian akibat cuaca panas juga telah dilaporkan di Thailand dan Filipina tahun ini, menurut penelitian tersebut.

Panas ekstrem dengan cepat menjadi krisis kesehatan masyarakat di India, dengan lebih dari 150 orang meninggal tahun lalu akibat gelombang panas.

Pemerintah memperkirakan hampir 11.000 orang telah meninggal akibat gelombang panas pada abad ini, namun para ahli mengatakan angka tersebut kemungkinan besar terlalu rendah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home