Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:57 WIB | Kamis, 15 April 2021

India, Kasus Baru COVID-19 Lebih dari 200.000 dalam Sehari

India, Kasus Baru COVID-19 Lebih dari 200.000 dalam Sehari
Seorang petugas polisi mencoba mengendalikan kerumunan yang menunggu untuk naik kereta api di Lokmanya Tilak Terminus di Mumbai, India, hari Rabu (14/4). Negara bagian paling terpukul dan terkaya di India, Maharashtra, memberlakukan pembatasan yang lebih ketat selama 15 hari pada hari Rabu dalam upaya untuk membendung lonjakan infeksi virus corona yang mengancam rumah sakit. (Foto: AP/Rafiq Maqbool)
India, Kasus Baru COVID-19 Lebih dari 200.000 dalam Sehari
Petugas keamanan di gerbang monument India di Mumbai hari Rabu (14/4). Kota Mumbai dan bagian lain negara bagian Maharasstra memberlakukan penguncian selama 15 hari mencegah penyebaran virus COVID-19. (Foto: AP/Rajanish Kakade)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru pada hari Kamis (15/4). Jumlah kasus meroket melampaui 14 juta secara keseluruhan, karena wabah yang semakin intensif membuat sistem perawatan kesehatannya yang rapuh semakin parah.

Di ibu kota, New Delhi, lebih dari selusin hotel dan ruang perjamuan pernikahan dipesan untuk diubah menjadi pusat COVID-19 yang terhubung ke rumah sakit. "Lonjakan itu mengkhawatirkan," kata SK Sarin, pakar kesehatan pemerintah di New Delhi.

Hiruk pikuk kota dan ibu kota keuangan terbesar di India, Mumbai, surut di bawah pembatasan seperti penguncian untuk mencegah penyebaran virus. Tindakan yang diberlakukan oleh negara bagian Maharashtra yang paling parah pada hari Rabu (14/4) malam adalah menutup sebagian besar industri, bisnis, dan tempat umum, serta membatasi pergerakan orang selama 15 hari, tetapi tidak menghentikan layanan kereta api dan dan perjalanan udara.

Dalam beberapa hari terakhir, para pekerja migran yang membawa ransel telah mengerumuni kereta api yang penuh sesak meninggalkan Mumbai, sebuah eksodus di antara para pekerja harian yang dilanda kepanikan.

Selain 200.739 kasus infeksi baru yang tercatat dalam sehari, Kementerian Kesehatan juga melaporkan 1.038 kematian akibat COVID-19 dalam 24 jam terakhir, menjadikan total kematian mencapai 173.123 orang sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Total kasus India berada di urutan kedua di belakang Amerika Serikat, dan jumlah kasus kematiannya berada di urutan keempat di belakang AS, Brasil, dan Meksiko. Jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi dengan pengujian yang terbatas di antara hampir 1,4 miliar penduduk India.

Acara dengan Kerumunan Besar

Shahid Jamil, seorang ahli virus, mengatakan pemilihan lokal dan negara bagian baru-baru ini dengan demonstrasi politik besar-besaran dan festival besar Hindu dengan ratusan ribu umat mandi di sungai Gangga di kota utara Haridwar adalah acara yang sangat menyebarkan virus.

India meningkatkan upaya vaksinasi. Kementerian Kesehatan mengatakan total vaksinasi melampaui 114 juta dengan lebih dari tiga juta dosis diberikan pada hari Rabu.

Rumah sakit di Maharashtra, Madhya Pradesh, Gujarat dan beberapa negara bagian lainnya kewalahan dengan pasien dengan beberapa rumah sakit melaporkan kekurangan tabung oksigen.

Tempat kremasi dan pemakaman di daerah yang paling parah terkena dampak juga mengalami kesulitan untuk mengatasi meningkatnya jumlah jenazah yang datang untuk upacara terakhir, kata laporan media India.

Mengira Sudah Berlalu

Imran Sheikh, seorang penduduk kota Pune, mengatakan otoritas rumah sakit memintanya untuk mengurus tabung gas oksigen untuk kerabatnya yang menjalani perawatan COVID-19.

New Delhi dan puluhan kota besar dan kecil lainnya memberlakukan jam malam karena mereka berjuang melawan tingkat infeksi yang hampir dua kali lipat dalam 11 hari terakhir.

Ketika infeksi mulai menurun secara drastis di India pada bulan September, banyak yang menyimpulkan bahwa yang terburuk telah berlalu. Masker dan jarak sosial ditinggalkan. Ketika kasus mulai meningkat lagi pada bulan Februari, pihak berwenang membiarkan itu menjadi kacau. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home