Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 01:32 WIB | Senin, 12 Juli 2021

India Pulangkan Staf Konsulatnya di Kandahar, Afghanistan

Seorang polisi Afghanistan berjaga di samping bendera nasional India di sebuah pos pemeriksaan di kota Kabul. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India mengatakan pada hari Minggu (11/7) bahwa pihaknya untuk sementara memulangkan pejabat dari konsulatnya di Kandahar, sebuah kota besar di Afghanistan selatan, ketika pejuang Taliban terus mendapatkan kendali di tengah penarikan pasukan internasional.

“Karena pertempuran sengit di dekat kota Kandahar, personel India telah dibawa kembali untuk sementara waktu,” kata Arindam Bagchi, kepala juru bicara di kementerian luar negeri India, dalam sebuah pernyataan.

 “India memantau dengan cermat situasi keamanan yang berkembang di Afghanistan,” kata Bagchi, seraya menambahkan bahwa konsulat India di Kandahar untuk sementara dijalankan oleh staf lokal.

Para pejabat Taliban mengatakan pada hari Jumat (9/7) bahwa kelompok ekstremis telah menguasai 85 persen wilayah Afghanistan, ketika Amerika Serikat dan lainnya menarik sebagian besar pasukan mereka setelah 20 tahun pertempuran.

Pejabat pemerintah Afghanistan menolak pernyataan itu sebagai kampanye propaganda.

Menteri luar negeri India pada hari Jumat menyerukan pengurangan kekerasan, mengatakan situasi di negara yang dilanda perang memiliki pengaruh langsung pada keamanan regional. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home