Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:45 WIB | Rabu, 03 April 2024

India Tolak China Ganti Nama pada 30 Tempat di Negara Bagian Arunachal Pradesh

Sebuah papan nama terlihat dari sisi India di perbatasan India-China di Bumla, di negara bagian Arunachal Pradesh, India timur laut. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India menolak penggantian nama sekitar 30 tempat di negara bagian Arunachal Pradesh di Himalaya timur laut pada hari Selasa (2/4), dan menyebut tindakan tersebut “tidak masuk akal” dan menegaskan kembali bahwa provinsi perbatasan tersebut adalah bagian “integral” dari India.

Beijing mengatakan Arunachal Pradesh, yang disebut oleh China sebagai Zangnan, adalah bagian dari Tibet Selatan – klaim yang berulang kali dibantah oleh New Delhi. China juga meningkatkan ketegangan pada tahun lalu dengan memberikan nama China pada 11 lokasi di negara bagian tersebut.

Pasukan negara tetangga yang memiliki senjata nuklir itu terlibat dalam bentrokan kecil di sepanjang perbatasan yang disengketakan di negara bagian tersebut pada bulan Desember 2022, dan ketegangan mereda setelah pembicaraan militer dan diplomatik yang ekstensif.

Namun negara bagian ini sering kali menjadi penyebab perselisihan antara kedua negara raksasa Asia yang hubungannya memburuk sejak bentrokan perbatasan berdarah antara pasukan mereka di Himalaya barat pada tahun 2020.

China, dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (30/3), mengatakan pihaknya telah membakukan nama sekitar 30 tempat di wilayah yang mereka sebut Tibet Selatan, “sesuai dengan peraturan terkait pengelolaan nama tempat Dewan Negara”.

“Menetapkan nama yang dibuat-buat tidak akan mengubah kenyataan bahwa Arunachal Pradesh adalah, telah, dan akan selalu menjadi bagian integral dan tidak dapat dicabut dari India,” kata juru bicara kementerian luar negeri India, Randhir Jaiswal, pada hari Selasa (2/4).

Pada hari Senin (1/4), Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, mengatakan kepada wartawan bahwa “mengganti nama tidak akan menghasilkan apa-apa”.

“Jika aku mengganti nama rumahmu, apakah itu akan menjadi rumahku?” dia berkata.

Bulan lalu, setelah kunjungan Perdana Menteri Narendra Modi ke negara bagian tersebut untuk meresmikan proyek infrastruktur, China mengatakan pihaknya menentang aktivitasnya di wilayah tersebut. India menyebut argumen tersebut “tidak berdasar”.

Amerika Serikat juga mempertimbangkan masalah ini, dengan mengatakan pihaknya mengakui Arunachal Pradesh sebagai wilayah India dan “sangat menentang” segala upaya sepihak untuk membuat klaim atas wilayah tersebut melalui “serangan atau perambahan” militer atau sipil.

China menentang pernyataan tersebut, dengan mengatakan bahwa masalah tersebut “tidak ada hubungannya dengan AS.”

India dan China berbagi perbatasan sepanjang 3.800 kilometer (2.400 mil) – sebagian besar perbatasannya tidak dibatasi dengan baik – dan keduanya juga terlibat perang berdarah pada tahun 1962.

Dua puluh tentara India dan empat tentara China tewas dalam pertarungan tangan kosong pada tahun 2020, yang mendorong kedua negara untuk memperkuat posisi dan mengerahkan pasukan dan peralatan tambahan di sepanjang perbatasan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home