Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:22 WIB | Jumat, 09 Februari 2024

Negara Bagian India Sahkan UU Penyeragaman Perkawinan bagi Semua Agama

Ketua Menteri Negara Bagian Uttarakhand, India, Pushkar Singh Dhami, tengah, memberi isyarat saat dia tiba untuk menghadiri sesi khusus majelis negara bagian yang mengesahkan undang-undang pernikahan yang seragam untuk semua agama di Dehradun, India, hari Rabu, 7 Februari 2024. Negara bagian India utara pada hari Rabu menyetujui peraturan seragam yang belum pernah ada sebelumnya mengenai pernikahan, perceraian, adopsi dan warisan bagi umat Hindu, Muslim dan komunitas agama lainnya berdasarkan undang-undang baru yang juga mengharuskan pasangan yang tinggal bersama untuk mendaftar ke pemerintah atau menghadapi hukuman. (Foto AP)

LUCKNOW-INDIA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah negara bagian di India telah menyetujui aturan penyeragaman yang belum pernah ada sebelumnya untuk perkawinan, perceraian, adopsi, dan warisan bagi umat Hindu, Muslim, dan komunitas agama lainnya berdasarkan undang-undang baru. UU itu juga mewajibkan pasangan yang tinggal bersama untuk mendaftar ke pemerintah atau menghadapi ancaman hukuman.

Anggota parlemen negara bagian Uttarakhand Utara mengesahkan undang-undang tersebut pada hari Rabu (7/2) dan persetujuannya oleh gubernur negara bagian dan presiden India dipandang sebagai formalitas sebelum undang-undang tersebut menjadi undang-undang di negara bagian tersebut.

Para pemimpin Muslim dan pihak-pihak lainnya menentang Uniform Civil Code yang diprakarsai oleh partai Nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi dengan mengatakan bahwa hal tersebut mengganggu hukum dan adat istiadat mereka mengenai isu-isu tersebut.

India, negara terpadat di dunia dengan lebih dari 1,4 miliar penduduk, terdiri dari sekitar 80% umat Hindu dan sekitar 14% Muslim. Umat Islam menuduh partai nasionalis sayap kanan pimpinan Modi menjalankan agenda Hindu yang mendiskriminasi mereka dan secara langsung menerapkan undang-undang yang mengganggu keyakinan mereka.

“Ini adalah rancangan politik yang jahat untuk menimbulkan perpecahan dalam masyarakat berdasarkan agama,” kata Yashpal Arya, anggota parlemen dari partai oposisi di Kongres.

Pushkar Singh Dhami, pejabat tinggi terpilih di negara bagian Uttarakhand, mengatakan: “Undang-undang baru ini tidak bertentangan dengan agama atau komunitas mana pun, namun akan membawa keseragaman dalam masyarakat.”

Negara-negara bagian lain yang dipimpin oleh Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi diperkirakan akan menerapkan undang-undang serupa. Jika BJP memenangkan pemilu nasional yang diharapkan terjadi pada bulan April atau Mei, mereka mungkin akan membawa undang-undang tersebut ke tingkat federal.

Undang-undang baru ini melarang poligami dan menetapkan usia yang seragam untuk menikah bagi laki-laki dan perempuan: masing-masing 21 dan 18 tahun, pada semua agama dan juga mencakup proses perceraian yang seragam.

Umat ​​Hindu, Muslim, Kristen, dan kelompok minoritas lainnya di India saat ini mengikuti hukum dan adat istiadat mereka sendiri dalam hal pernikahan, perceraian, adopsi, dan warisan.

Asaduddin Owaisi, presiden Majlis-e-Ittehad-ul-Muslimeen Seluruh India, mengatakan undang-undang tersebut hanyalah aturan Hindu yang berlaku untuk semua.

“Saya mempunyai hak untuk menjalankan agama dan budaya saya. RUU ini memaksa saya untuk menganut agama dan budaya yang berbeda. Dalam agama kami, warisan dan perkawinan adalah bagian dari amalan keagamaan,” katanya di X, dulunya Twitter.

S.Q.R. Ilyas, juru bicara Dewan Hukum Pribadi Muslim Seluruh India, mengatakan: “RUU tersebut tidak diperlukan dan bertentangan dengan prinsip keberagaman. Sasaran utamanya tampaknya adalah umat Islam, terutama karena bahkan (beberapa suku Pribumi) telah dikecualikan.”

Pasangan Tinggal Serumah

Fitur penting dari RUU ini adalah penerapan langkah-langkah ketat yang mengharuskan pendaftaran hubungan serumah. Pasangan yang tidak mendaftarkan status tinggal serumah mereka kepada pejabat distrik dapat menghadapi hukuman enam bulan penjara atau denda sebesar 25.000 rupee (setara US$ 305) atau keduanya, kata Manoj Singh Tamta, seorang pejabat pemerintah negara bagian.

Dia mengatakan, UU tersebut secara eksplisit menyatakan bahwa anak-anak yang lahir dari hubungan tersebut akan dianggap sebagai keturunan sah dari pasangan tersebut, dan mewarisi semua hak hukum yang tersedia bagi mereka yang lahir dalam perkawinan tradisional.

Sanjay Agnihotri, seorang konsultan di sebuah organisasi non pemerintah yang bekerja di bidang pembiayaan mikro, mengatakan dia dan pacarnya berasal dari kasta yang berbeda dan keluarga mereka menentang gagasan mereka menikah. Mereka pindah ke kota lain dan mulai hidup sebagai pasangan tanpa meresmikan hubungan mereka melalui pernikahan.

“Namun, undang-undang baru mewajibkan kami untuk mendaftarkan hubungan kami, yang berpotensi membuat kami diperiksa polisi tanpa alasan,” kata Agnihotri.

Uttarakhand menjadi negara bagian India pertama setelah memperoleh kemerdekaan dari penjajah Inggris pada tahun 1947 yang mengadopsi undang-undang tentang pernikahan, perceraian, tanah, properti, dan warisan untuk semua warga negara, terlepas dari agama mereka, yang merupakan bagian penting dari agenda BJP selama beberapa dekade. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home