Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 18:30 WIB | Jumat, 18 Agustus 2023

Inggris Maju ke Babak Final Piala Dunia Wanita 2023, Hadapi Spanyol

Inggris Maju ke Babak Final Piala Dunia Wanita 2023, Hadapi Spanyol
Rachel Daily merayakan kemenangan tim Inggris, dengan 3-1 atas Australia, di Sydney, hari Rabu (16/8), dan akan menghadapai Spanyol di final. (Foto-foto: AP)
Inggris Maju ke Babak Final Piala Dunia Wanita 2023, Hadapi Spanyol
Pemain Australia, Caitlin Foord, Emily van Egmond, Sam Kerr, meninggalkan lapangan dengan sedih setelah kalah 3-1 atas Inggri. Australia akan bertanding melawan Swedia untuk posisi ketiga.

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM-Lauren Hemp tidak membiarkan pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita antara Australia dan Inggris menjadi tontonan Sam Kerr. Dan Inggris maju ke babak final untuk menghadapi Spayol dalam perebutan piala dunia sepak bola wanita.

Rami mencetak gol untuk mengembalikan keunggulan Inggris delapan menit setelah menyamakan kedudukan yang luar biasa dari Kerr, dan kemudian memberikan umpan sempurna untuk menentukan saat Lionesses pindah ke pertandingan kejuaraan Piala Dunia pertama mereka dengan kemenangan 3-1 atas Australia pada hari Rabu (16/8).

Hasil semifinal mengakhiri perjalanan Matildas yang memikat Australia selama hampir sebulan dan mengirim Inggris ke pertarungan dengan Spanyol di final, di mana Lionesses akan memiliki kesempatan untuk membawa pulang Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1966.

Sarina Wiegman menjadi pelatih pertama yang memimpin dua negara ke final Piala Dunia Wanita, dan dalam turnamen back-to-back. Perjalanannya bersama Belanda pada 2019 berakhir dengan kekalahan dari Amerika Serikat.

Di kedua sisi itu, dia membimbing Belanda meraih gelar Eropa pada 2017 dan kemudian mengambil alih skuad Inggris untuk gelar Euro 2022 terobosannya.

“Saya yang beruntung, dalam dua turnamen terakhir saya akan mencapai final,” kata Wiegman, satu-satunya perempuan pelatih kepala dari tim mana pun yang mencapai perempat final. “Kamu berhasil mencapai final, itu benar-benar istimewa,” katanya. "Saya seperti, 'Apakah saya di sini di tengah-tengah dongeng atau semacamnya?'"

Fans di Big Penny Social di London bersorak saat tim mereka melaju ke final Piala Dunia Wanita pertamanya dengan kemenangan 3-1 atas tuan rumah bersama Australia. Inggris mendominasi penguasaan bola di babak pertama, membuat pemain Australia kelaparan dan mematikan permainan transisi dan serangan balik Matildas.

Hal itu terbalas ketika Ella Toone mencetak gol pada menit ke-36 melalui tendangan kaki kanan yang kuat secara diagonal ke dalam tiang jauh. Sebuah lemparan ke dalam dari Rachel Daly menuju ke Hemp, yang berbalik dan mengirimkannya ke area di mana Alessia Russo mengembalikan bola melewati Hemp agar Toone menukik.

Kerr berada di lineup awal Australia untuk pertama kalinya di turnamen tersebut setelah mengatasi cedera betis kiri.

Penyeimbangnya di menit ke-63 memberi 75.784 penonton yang kuat dan jutaan penggemar yang menonton di sekitar Australia memperbarui harapan, tetapi Hemp merespons dengan gol di menit ke-71 dan memberikan umpan terobosan yang sempurna bagi Russo untuk menyelesaikannya dari sudut sempit empat menit sebelum akhir pertandingan.

“Bahkan setelah gol Sam, tidak ada rasa takut dalam skuat. Kami tidak gugup. Kami baru saja memainkan sepak bola kami,” kata Hemp. “Kami menunjukkan kegigihan di dalam skuat untuk membuat skor menjadi 2-1. Dan bahkan ketika kami berada di belakang memasuki beberapa menit terakhir, saya merasa seperti kami menunjukkan ketenangan, ketenangan pada bola untuk mengatur serangan balik mereka dan jelas menjadikannya 3-1.

Inggris dan Spanyol masing-masing akan bermain di final Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya di Stadion Australia pada hari Minggu (20/8). Ini akan menjadi final all-Eropa pertama sejak 2003.

Australia akan melawan Swedia, yang kalah dari Spanyol 2-1 di semifinal lainnya, untuk memperebutkan tempat ketiga pada Sabtu (19/8) di Brisbane. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home