Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 12:02 WIB | Rabu, 28 Juni 2023

88 Kode untuk Hitler, Italia Larang untuk Nomor Punggung Kaos Sepak Bola

Fans Lazio memajang spanduk dari tribun bertuliskan Auschwitz is Your Homeland. Oven adalah Rumah Anda selama pertandingan Serie A antara Lazio dan AS Roma, di stadion Olimpiade Roma, pada 29 November 1998. (Foto: dok. AP)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Italia menerapkan larangan kaus sepak bola dengan nomor punggung 88 untuk melawan anti semitisme

Para pemain sepak bola di Italia akan dilarang mengenakan nomor punggung 88 di kaus mereka sebagai bagian dari inisiatif memerangi anti semitisme yang diumumkan pada hari Selasa (27/6). Nomor 88 adalah kode numerik untuk "Heil Hitler".

Pada bulan Maret, seorang penggemar yang mengenakan kaos Lazio dengan nama "Hitlerson" dan yang mengenakan nomor 88 akan dilarang seumur hidup untuk menghadiri pertandingan klub Roma tersebut.

Inisiatif yang dikoordinasikan antara pemerintah Italia dan federasi sepak bola Italia itu termasuk penambahan kode etik sesuai dengan International Holocaust Remembrance Alliance.

Inisiatif ini juga menyerukan agar pertandingan ditangguhkan jika ada nyanyian atau tindakan anti semit, serupa dengan cara penanganan kasus rasisme.

Menteri Dalam Negeri, Matteo Piantedosi, mengatakan langkah itu adalah "tanggapan yang memadai dan efisien terhadap prasangka tak tertahankan yang terlalu sering muncul di stadion kami."

Presiden federasi sepak bola Gabriele Gravina menambahkan,“Kredibilitas sepak bola, yang dilukai dan dirusak oleh perilaku diskriminatif, memiliki cerminan langsung pada masyarakat Italia.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home