Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:09 WIB | Selasa, 02 April 2024

Interpol: Perdagangan Manusia di Asia Tenggara Berkembang Jadi Krisis Global

Foto yang diambil pada 8 Desember 2023 ini menunjukkan petugas polisi Indonesia mengawal tiga tersangka perdagangan manusia asal Indonesia yang diduga membantu pengungsi Rohingya meninggalkan kamp mereka, di di Lhokseumawe. (Foto: dok. AFP)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM-Jaringan kejahatan terorganisir yang memicu “ledakan” perdagangan manusia dan pusat penipuan dunia maya selama pandemi ini telah berkembang dari Asia Tenggara menjadi jaringan global yang menghasilkan hingga US$3 triliun per tahun, kata kepala Interpol pada hari Rabu (27/3).

“Didorong oleh anonimitas online, terinspirasi oleh model bisnis baru dan dipercepat oleh COVID-19, kelompok kejahatan terorganisir ini kini bekerja pada skala yang tidak terbayangkan pada satu dekade lalu,” kata Sekretaris Jenderal Interpol, Jurgen Stock, pada pengarahan di kantor badan koordinasi kepolisian global di Singapura.

“Apa yang awalnya merupakan ancaman kejahatan regional di Asia Tenggara telah menjadi krisis perdagangan manusia global, dengan jutaan korban, baik di pusat penipuan siber maupun sebagai target.”

Pusat-pusat penipuan dunia maya yang baru, yang seringkali dikelola oleh staf yang enggan diperdagangkan dengan janji mendapatkan pekerjaan yang sah, telah membantu kelompok kejahatan terorganisir mendiversifikasi pendapatan mereka dari perdagangan narkoba, kata Stock.

Bisnis peredaran narkoba masih menyumbang 40 persen hingga 70 persen pendapatan kelompok kriminal, katanya.

“Tetapi kami melihat kelompok-kelompok dengan jelas mendiversifikasi bisnis kriminal mereka dengan menggunakan jalur perdagangan narkoba juga untuk perdagangan manusia, perdagangan senjata, kekayaan intelektual, produk curian, pencurian mobil,” kata Stock.

Sekitar US$2 triliun hingga US$3 triliun hasil ilegal disalurkan melalui sistem keuangan global setiap tahunnya, katanya, seraya menambahkan bahwa kelompok kejahatan terorganisir dapat menghasilkan US$50 miliar per tahun.

PBB mengatakan tahun lalu bahwa lebih dari 100.000 orang telah diperdagangkan ke pusat penipuan online di Kamboja.

Pada bulan November, Myanmar menyerahkan ribuan buronan tersangka penipuan telekomunikasi China ke China.

Investigasi Reuters tahun lalu merinci kemunculan salah satu cabang dugaan kejahatan dunia maya dan pendanaannya di Thailand.

Stock memuji Singapura atas keberhasilannya mengungkap kasus pencucian uang tahun lalu yang melibatkan aset yang disita senilai lebih dari S$3 miliar (US$2,23 miliar). (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home