Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:23 WIB | Kamis, 31 Desember 2015

Iran Bantah Tembakkan Roket di Dekat Kapal Induk AS

Foto ini yang dirilis oleh kantor Presiden Iran Hassan Rouhani menunjukkan sang presiden berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim Jafari di Konferensi Islam Internasional ke-29 di ibu kota Teheran pada 27 Desember 2015. (Foto: AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Garda Revolusi Iran pada hari Kamis (31/12) membantah bahwa pasukan angkatan laut mereka melakukan uji coba penembakan roket di dekat kapal induk Amerika Serikat di Selat Hormuz.

“Pasukan angkatan laut Garda tidak melakukan latihan dalam sepekan terakhir ketika Amerika mengklaim bahwa rudal atau roket ditembakkan dari wilayah Selat Hormuz,” kata juru bicara Jenderal Ramezan Sharif di situs resmi Garda Revolusi.

Unit angkatan laut Garda Revolusi bertanggung jawab mengamankan kepentingan Iran di Selat tersebut, jalur pengiriman sebagian besar minyak dunia, yang secara rutin berpatroli dan melakukan latihan di daerah tersebut.

Seorang pejabat militer dari pihak AS mengatakan bahwa kapal Iran telah melakukan uji coba penembakan beberapa roket di dekat tiga kapal perang negara Barat termasuk kapal induk USS Harry S Truman pada 26 Desember.

Kapal fregat Prancis dan kapal perusak USS Bulkeley juga ada di situ.

Meskipun roket tidak ditembakkan ke arah kapal perang manapun, jarak yang dekat ke kapal-kapal tersebut “sangat provokatif,” kata pejabat, yang tidak ingin namanya disebutkan. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home