Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:46 WIB | Rabu, 06 Desember 2023

Israel: Dua Warga Sipil Gaza Terbunuh untuk Setiap Satu Milisi Hamas

Tentara Israel duduk di dalam kendaraan militer, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok milisi Palestina Hamas, dekat perbatasan Israel dengan Gaza, di Israel selatan, 4 Desember 2023. (Foto: Reuters)

GAZA, SATUHARAPAN.COM-Sekitar dua warga sipil terbunuh untuk setiap pejuang Hamas yang tewas di Jalur Gaza, para pejabat senior militer Israel mengakui pada hari Senin (4/12), dan mengatakan bahwa tentara sedang mengerahkan perangkat lunak pemetaan berteknologi tinggi untuk mencoba mengurangi kematian non kombatan.

Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan serangan militer Israel, setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, sejauh ini telah menewaskan sekitar 15.900 orang, kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Ketika ditanya tentang laporan media bahwa 5.000 pejuang Hamas telah terbunuh, salah satu pejabat senior mengatakan kepada wartawan pada sebuah pengarahan: “Jumlah tersebut kurang lebih benar.”

“Saya tidak mengatakan bahwa tidak buruk jika kita memiliki rasio dua banding satu,” kata salah seorang pejabat, seraya menambahkan bahwa penggunaan perisai manusia adalah bagian dari “strategi inti” Hamas.

“Mudah-mudahan (rasionya) akan jauh lebih rendah” pada fase perang mendatang, tambah mereka, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Meningkatnya jumlah korban tewas dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza telah memicu kemarahan di sebagian besar dunia.

Israel mulai membombardir sasaran-sasaran di Jalur Gaza, bersamaan dengan invasi darat, dengan tujuan memberantas Hamas setelah para pejuangnya melakukan serangan terburuk dalam sejarah Israel pada 7 Oktober.

Militan Hamas membunuh sekitar 1.200 orang dan menculik sekitar 240 lainnya, menurut pejabat Israel.

Konsekuensi Perang

Sekutu utamanya, Amerika Serikat, telah memperingatkan Israel agar berbuat lebih banyak untuk mencegah jatuhnya korban sipil ketika operasi beralih ke wilayah selatan, tempat banyak warga Gaza mencari perlindungan setelah melarikan diri dari wilayah utara yang hancur.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kata para pejabat, tentara menggunakan perangkat lunak pemetaan berteknologi tinggi untuk melacak pergerakan penduduk di Jalur Gaza dan mengeluarkan perintah evakuasi.

Sistem ini menggabungkan telepon seluler dan sinyal lainnya, pengawasan udara dan informasi dari sumber lokal, serta AI (kecerdasan buatan), untuk mempertahankan peta yang terus diperbarui yang menunjukkan konsentrasi populasi di seluruh wilayah.

Masing-masing dari 623 sel peta diberi kode warna, dengan warna hijau menunjukkan wilayah di mana setidaknya 75 persen penduduknya telah dievakuasi.

“Di wilayah selatan, karena jumlah penduduk kami meningkat dua kali lipat, operasinya jauh lebih tepat,” kata pejabat itu. “Kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk memastikan upaya kami (dalam memperingatkan warga sipil) efektif.”

Peta tersebut, yang menurut pihak militer merupakan hasil penelitian dan pengembangan selama delapan tahun, tersedia bagi para komandan dan unit di lapangan.

Peta ini digunakan untuk mengkoordinasikan upaya-upaya untuk memperingatkan warga sipil agar meninggalkan daerah-daerah tertentu sebelum terjadinya serangan melalui SMS, panggilan telepon, selebaran dan pengumuman lainnya, dan untuk melacak efektivitas pesan-pesan tersebut secara real-time.

Hal ini serupa dengan yang tersedia secara online yang menurut militer dimaksudkan untuk memungkinkan warga Gaza “mengevakuasi dari tempat-tempat tertentu demi keselamatan mereka jika diperlukan”.

Namun kantor kemanusiaan PBB, OCHA, mempertanyakan kegunaan alat tersebut di wilayah di mana akses terhadap telekomunikasi dan listrik bersifat sporadis.

Pada hari Senin (4/12) malam, perusahaan telekomunikasi utama di Jalur Gaza mengatakan layanan telepon seluler dan internet telah terputus di seluruh wilayah tersebut.

“Saya dapat meyakinkan Anda bahwa kami melakukan segala daya kami untuk mengurangi korban sipil,” kata pejabat itu. “Tetapi ini adalah bagian dari konsekuensi perang.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home