Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:46 WIB | Sabtu, 04 Mei 2024

Israel Membangun Pertahanan Kubah Siber untuk Melawan Peretas Iran

Roket pencegat Iron Dome Israel terbang di atas cakrawala Tel Aviv seperti yang terlihat dari lantai 49 Menara Azrieli 13 Juli 2014. (Foto: dok. Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Sistem pertahanan Iron Dome Israel telah lama melindunginya dari serangan roket. Kini mereka sedang membangun “kubah siber” (cyber dome) untuk mempertahankan diri dari serangan online, terutama dari musuh bebuyutannya, Iran.

“Ini adalah perang diam-diam, perang yang tidak terlihat,” kata Aviram Atzaba, kepala kerja sama internasional Direktorat Siber Nasional Israel.

Meskipun Israel telah memerangi Hamas di Gaza sejak serangan 7 Oktober, Israel juga menghadapi peningkatan serangan siber yang signifikan dari Iran dan sekutunya, kata Atzaba.

“Mereka berusaha meretas apa pun yang mereka bisa,” katanya kepada AFP, sambil menunjuk pada gerakan Hamas dan Hizbullah Lebanon, namun menambahkan bahwa sejauh ini “mereka belum berhasil menyebabkan kerusakan nyata”.

Dia mengatakan sekitar 800 serangan signifikan telah digagalkan sejak perang meletus. Di antara sasarannya adalah organisasi pemerintah, infrastruktur militer dan sipil.

Beberapa serangan tidak dapat digagalkan, termasuk terhadap rumah sakit di kota Haifa dan Safed yang data pasiennya dicuri.

Meskipun Israel sudah memiliki pertahanan dunia maya, pertahanan tersebut sudah lama merupakan “upaya lokal yang tidak terhubung”, kata Atzaba.

Jadi, selama dua tahun terakhir, direktorat tersebut telah berupaya membangun sistem terpusat dan real-time yang bekerja secara proaktif untuk melindungi seluruh dunia maya Israel.

Berbasis di Tel Aviv, direktorat ini bekerja di bawah wewenang perdana menteri. Laporan ini tidak mengungkapkan jumlah staf, anggaran, atau sumber daya komputasinya.

Israel bekerja sama erat dengan banyak sekutu, termasuk Amerika Serikat, kata Atzaba, karena “semua negara menghadapi terorisme dunia maya”.

“Dibutuhkan jaringan untuk melawan jaringan,” katanya.

Musuh bebuyutan Israel, Iran, adalah “musuh yang mengesankan” dalam perang online, kata Chuck Freilich, peneliti di Institut Studi Keamanan Nasional, yang berafiliasi dengan Universitas Tel Aviv.

“Serangannya bertujuan untuk menyabotase dan menghancurkan infrastruktur, tetapi juga untuk mengumpulkan data intelijen dan menyebarkan informasi palsu untuk tujuan propaganda,” katanya.

Iran menyambut baik serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, yang mengakibatkan kematian 1.170 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Serangan balasan Israel terhadap Hamas telah menewaskan sedikitnya 34.596 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikelola Hamas.

Ketegangan regional meningkat, terutama setelah Iran untuk pertama kalinya menembakkan ratusan rudal langsung ke Israel bulan lalu sebagai pembalasan atas serangan udara mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Ini adalah peningkatan paling dramatis setelah perang bayangan pembunuhan dan serangan sabotase selama bertahun-tahun antara Israel dan Iran.

Freilich berpendapat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari bahwa Iran relatif lambat dalam berinvestasi dalam perang siber, sampai dua peristiwa penting memicu perubahan.

Pertama, para pemimpinnya memperhatikan bagaimana pengunjuk rasa anti pemerintah menggunakan internet sebagai alat untuk memobilisasi dukungan terhadap pemberontakan pasca pemilu tahun 2009.

Dalam tindakan keras berdarah yang menghancurkan gerakan tersebut, pihak berwenang Iran memutus akses ke media sosial dan situs web yang meliput protes tersebut.

Kemudian, pada bulan September 2010, serangan siber canggih yang menggunakan virus Stuxnet, yang dituduhkan oleh Iran kepada Israel dan Amerika Serikat, menyebabkan kerusakan fisik pada program nuklir Teheran.

Freilich mengatakan serangan itu “menunjukkan kerentanan ekstrem Iran dan menyebabkan guncangan nasional yang parah”. Sejak itu, Iran telah memperoleh keahlian substansial untuk menjadi “salah satu negara paling aktif di dunia maya”, katanya.

Meskipun Israel dianggap sebagai kekuatan dunia maya yang besar, Iran kemungkinan besar akan mengalami kemajuan, kata Freilich.

Dia menunjuk pada bantuan dari Rusia dan China, serta populasinya yang jauh lebih besar dan penekanan pada pelatihan siber bagi pelajar dan tentara, dan menambahkan bahwa tren tersebut “mengkhawatirkan masa depan”.

Atzaba menegaskan bahwa jumlah peretas adalah hal kedua dibandingkan kualitas teknologi dan kegunaannya.

“Selama dua tahun terakhir, kami telah mengembangkan kubah siber untuk melawan serangan siber, yang berfungsi seperti Iron Dome untuk melawan roket,” katanya. “Dengan cyber dome, semua sumber dimasukkan ke dalam kumpulan data besar yang memungkinkan gambaran besar dan memicu respons nasional secara komprehensif dan terkoordinasi.”

Sistem Israel memiliki berbagai pemindai yang terus-menerus “memantau kerentanan dunia maya Israel dan memberi tahu para pemangku kepentingan tentang cara untuk memitigasinya”, katanya.

Kekuatan dunia maya Israel bergantung pada kerja sama yang erat antara sektor publik, swasta dan akademis, serta peretas “topi putih” Israel yang membantu mengidentifikasi kelemahan. “Kami bekerja bahu membahu,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home