Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:14 WIB | Rabu, 01 Mei 2024

Serangan Israel terhadap Iran: Sasaran Terbatas, Pesannya Besar

Gambar selebaran milik Kantor Perdana Menteri Israel yang diambil pada tanggal 14 April 2024 ini menunjukkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (tengah) selama pertemuan Kabinet Perang di Kirya di Tel Aviv. (Foto: dok. AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Serangan Israel terhadap Iran sengaja dibatasi cakupannya, namun memberikan peringatan yang jelas kepada para pemimpin negara tersebut mengenai kemampuan Israel untuk menyerang sasaran-sasaran sensitif.

Teheran menolak mengakui serangan Israel, dan selama beberapa dekade kedua negara telah mengobarkan perang bayangan yang ditandai dengan operasi rahasia Israel di Iran, dan dukungan Iran terhadap kelompok militan anti Israel termasuk Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon.

Namun meski peningkatan ketegangan selama beberapa pekan terakhir telah mereda untuk saat ini, perang bayangan telah memasuki fase baru, membawa risiko konflik terbuka antar pihak yang lebih besar dari sebelumnya, kata para analis.

Eskalasi yang terjadi saat ini terjadi dengan latar belakang serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel yang diikuti dengan kampanye pemboman Israel di Jalur Gaza.

Ini dimulai ketika Israel disalahkan karena melakukan serangan udara pada tanggal 1 April terhadap konsulat Iran di Damaskus, menewaskan tujuh pejabat Iran dari Garda Revolusi.

Iran merespons dengan serangan langsung pertamanya terhadap Israel, yang melibatkan ratusan drone dan rudal, meskipun hampir semuanya ditembak jatuh oleh Israel dan sekutunya.

Di tengah kekhawatiran akan adanya pembalasan besar-besaran Israel terhadap serangan tersebut, yang dapat memicu tanggapan Iran lainnya, Israel malah memilih opsi yang lebih terbatas dalam menghadapi tekanan Amerika Serikat.

Menurut The New York Times, yang mengutip sumber-sumber Israel dan Iran, targetnya adalah sistem radar sistem pertahanan rudal S-300 yang dipasok Rusia di sebuah pangkalan udara di provinsi tengah Isfahan, wilayah yang menjadi tuan rumah pabrik pengayaan uranium Natanz.

Asal-usul serangan tersebut tidak sepenuhnya jelas, namun termasuk setidaknya satu rudal yang ditembakkan dari pesawat tempur di luar Iran dan drone serangan kecil yang dikenal sebagai quadcopters yang bisa saja diluncurkan dari dalam Iran sendiri dan ditujukan untuk membingungkan pertahanan udara, kata laporan tersebut.

Israel, sejalan dengan kebijakan biasanya, tidak membenarkan atau membantah melakukan serangan terhadap Iran atau serangan 1 April di Suriah.

“Tujuan operasi ini justru untuk mengingatkan Iran akan kemampuan Israel,” kata Arash Azizi, dosen senior di Clemson University di Amerika Serikat. “Pemilihan pangkalan udara di dekat Isfahan sangatlah penting karena ini adalah sumber utama dukungan pertahanan udara untuk semua instalasi nuklir di provinsi tersebut,” katanya kepada AFP.

Israel telah lama diyakini telah melakukan operasi sabotase di Iran melalui agen spionase Mossad.

Yang paling terkenal, menurut laporan media AS, ilmuwan nuklir terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh, dibunuh pada tahun 2020 oleh Mossad menggunakan senapan mesin yang dirakit di dekat rumahnya oleh agen-agennya dan kemudian ditembakkan dari jarak jauh setelah mereka pergi.

Menurut beberapa media, termasuk saluran televisi Iran International, agen-agen Israel bahkan telah menangkap dan menginterogasi anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) di Iran untuk mendapatkan informasi intelijen.

Ada juga kecurigaan, setelah ledakan misterius di sekitar lokasi sensitif, bahwa Israel telah melakukan serangan pesawat tak berawak di Iran, namun hal ini tidak pernah dikonfirmasi.

Para pejabat Iran nyaris menertawakan serangan Israel, dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, mengatakan kepada NBC News bahwa senjata yang digunakan berada pada “tingkat mainan”.

Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, sementara itu, memuji angkatan bersenjata negaranya atas “keberhasilan” mereka.

Namun Alexander Grinberg, pakar Iran di Institut Strategi dan Keamanan Yerusalem, mengatakan pilihan dan penetapan target Israel dengan sendirinya merupakan indikasi kehadiran Mossad di Iran.

“Pesan Israel adalah ‘kita bisa menyerang di mana saja di Iran’ mengingat Isfahan berada di pusat Iran, relatif jauh, dan Israel tahu persis di mana mereka bisa menyerang,” katanya.

Grinberg mengatakan masuk akal jika Iran belum mengonfirmasi serangan terhadap pangkalan udara tersebut: “Sejak Anda menyadari skala kerusakan yang sebenarnya, Anda mengakui kekuatan musuh.”

Holly Dagres, peneliti senior non residen di Dewan Atlantik, mengatakan jika serangan Israel melibatkan quadcopter kecil, “drone kecil ini kemungkinan besar diluncurkan dari dalam Iran”.

Hal ini akan menyoroti “contoh lain di mana Mossad hadir di lapangan dan bagaimana Iran menjadi arena bermainnya”, katanya.

Meskipun fase eskalasi saat ini tampaknya sudah berakhir, Israel masih bisa melancarkan lebih banyak pembalasan terhadap Iran, dan ketegangan juga mungkin akan meningkat lagi jika Israel melancarkan serangan yang sudah lama mengancam Rafah di Gaza.

“Dalam beberapa hal, kita sekarang kembali ke aturan operasi sebelum 1 April: wilayah abu-abu dan operasi yang tidak dapat diatribusikan, sabotase,” kata dosen Azizi.

“Itu sangat cocok bagi Iran dan Israel. Tapi rubiconnya melintas di 1 April masih penting dan membuat taruhannya lebih tinggi,” tambahnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home