Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Rabu, 17 April 2024

Israel Puji Pertahanan Udaranya, 99% Serangan Rudal Iran Digagalkan

Iran pada hari Minggu menyatakan bahwa serangan itu telah berakhir.
Israel Puji Pertahanan Udaranya, 99% Serangan Rudal Iran Digagalkan
Benda-benda bercahaya terlihat di langit di atas Yerusalem setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel, hari Minggu, 14 April 2024. (Foto: Reuters)
Israel Puji Pertahanan Udaranya, 99% Serangan Rudal Iran Digagalkan
Dome of the Rock di atas Temple Mount di Kota Tua Yerusalem, dengan cahaya intersepsi rudal terlihat di langit malam, pada awal hari Minggu, 14 April 2024, setelah Iran menembakkan rudal balistik ke Israel. (Media sosial/X via ToI)
Israel Puji Pertahanan Udaranya, 99% Serangan Rudal Iran Digagalkan
Warga memeriksa kerusakan setelah serangan roket semalaman di Katsrin, Dataran Tinggi Golan pada 14 April 2024 (Michael Giladi/ Flash90 via ToI)
Israel Puji Pertahanan Udaranya, 99% Serangan Rudal Iran Digagalkan
Orang-orang berkumpul di sekitar bangunan yang hancur yang menjadi sasaran serangan udara Israel di desa Nabi Chit di distrik Baalbek di Lebanon pada hari Minggu, 14 April 2024 (Foto: AFP)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Israel pada hari Minggu (14/4) memuji pertahanan udaranya dalam menghadapi serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan mengatakan sistem tersebut menggagalkan 99% dari lebih dari 300 drone dan rudal yang diluncurkan ke wilayahnya. Ketegangan regional meningkat di tengah kekhawatiran akan serangan balik Israel yang dapat memicu eskalasi lebih lanjut.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan dia akan mengadakan pertemuan Kelompok Tujuh (G-7) negara-negara demokrasi maju pada hari Minggu “untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik yang bersatu terhadap serangan kurang ajar Iran.” AS menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berpartisipasi dalam tindakan ofensif apa pun terhadap Iran.

“Kami tidak ingin berperang dengan Iran. Kami tidak mengharapkan adanya eskalasi di sini,” kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, kepada NBC.

Iran melancarkan serangan itu sebagai tanggapan atas serangan yang secara luas dituding dilakukan oleh Israel, yang menghantam gedung konsulat Iran di Suriah awal bulan ini dan menewaskan dua jenderal Iran. Israel mengatakan Iran meluncurkan 170 drone, lebih dari 30 rudal jelajah, dan lebih dari 120 rudal balistik.

Pada hari Minggu pagi, Iran mengatakan serangan itu telah berakhir, dan Israel membuka kembali wilayah udaranya. “Kami akan membangun koalisi regional dan meminta pertanggungjawaban dari Iran, dengan cara dan waktu yang sesuai dengan keinginan kami,” kata anggota penting Kabinet Perang Israel, Benny Gantz.

Kedua musuh tersebut selama bertahun-tahun terlibat dalam perang bayangan yang ditandai dengan serangan seperti serangan di Damaskus. Namun serangan hari Minggu, yang memicu sirene serangan udara di seluruh Israel, adalah pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel, meskipun ada permusuhan selama beberapa dekade sejak Revolusi Islam di negara itu pada tahun 1979.

Israel selama bertahun-tahun telah membangun – seringkali dengan bantuan Amerika Serikat – jaringan pertahanan udara berlapis yang mencakup sistem yang mampu mencegat berbagai ancaman, termasuk rudal jarak jauh, rudal jelajah, drone, dan roket jarak pendek.

Sistem tersebut, bersama dengan kolaborasi dengan AS dan negara-negara lain, membantu menggagalkan serangan yang jauh lebih dahsyat pada saat Israel sudah terjebak dalam perang melawan Hamas di Gaza, dan terlibat dalam pertempuran skala kecil di perbatasan utaranya dengan milisi Hizbullah Lebanon. Baik Hamas dan Hizbullah didukung oleh Iran.

Para pejabat Israel dan AS memuji tanggapan terhadap serangan udara tersebut. “Iran melancarkan lebih dari 300 ancaman dan 99% berhasil dicegat,” kata Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara militer Israel. “Itu sukses.” Ketika ditanya apakah Israel akan merespons, Hagari mengatakan negaranya akan melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi warganya.

Hagari mengatakan tidak ada satu pun drone dan rudal jelajah yang mencapai Israel dan hanya sedikit rudal balistik yang berhasil melewatinya. Dari rudal jelajah tersebut, 25 ditembak jatuh oleh angkatan udara Israel, katanya.

Hagari mengatakan kerusakan kecil terjadi di pangkalan udara Israel, namun dia mengatakan pangkalan itu masih berfungsi. Tim penyelamat mengatakan seorang gadis berusia tujuh tahun terluka parah di Israel selatan, tampaknya akibat serangan rudal, meskipun polisi masih menyelidiki keadaan tersebut.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memposting pesan di X: “Kami mencegat. Kami memblokir. Bersama-sama, kita akan menang.” Menteri Pertahanan Yoav Gallant berterima kasih kepada AS dan negara-negara lain atas bantuan mereka.

Sekolah-sekolah di seluruh Israel tetap tutup, dan lalu lintas pada hari pertama pekan kerja lebih sepi dari biasanya karena banyak orang yang tinggal di rumah.

Iran: Operasi Telah Selesai

Jenderal Mohammad Hossein Bagheri, kepala staf angkatan bersenjata Iran, mengatakan operasi telah selesai, kantor berita pemerintah IRNA melaporkan. “Kami tidak punya niat untuk melanjutkan operasi melawan Israel,” katanya seperti dikutip.

Iran mengatakan pihaknya menargetkan fasilitas Israel yang terlibat dalam serangan di Damaskus.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, mengklaim Iran telah memberi pelajaran kepada Israel dan memperingatkan bahwa “setiap petualangan baru yang bertentangan dengan kepentingan bangsa Iran akan ditanggapi dengan tanggapan yang lebih berat dan penuh penyesalan dari Republik Islam Iran.”

Korps Garda Revolusi  Islam (IRGC), paramiliter Iran, mengeluarkan ancaman baru terhadap AS. “Pemerintah teroris AS diperingatkan bahwa dukungan atau partisipasi apa pun dalam merugikan kepentingan Iran akan diikuti dengan tindakan tegas dan penyesalan dari angkatan bersenjata Iran,” demikian pernyataan yang disampaikan oleh IRNA.

Israel mungkin sangat bangga dengan keberhasilan pertahanannya karena sangat kontras dengan kegagalan yang mereka alami saat serangan Hamas pada 7 Oktober. Menghadapi musuh yang jauh lebih lemah di Hamas, pertahanan perbatasan Israel runtuh, dan militer membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengusir para militan yang melakukan perampokan – sebuah kekalahan yang memalukan bagi tentara terkuat dan terlengkap di Timur Tengah.

Meskipun menggagalkan serangan Iran dapat membantu memulihkan citra Israel, tindakan selanjutnya akan diawasi secara ketat di wilayah tersebut dan di negara-negara Barat.

Di Washington, Biden mengatakan pasukan AS membantu Israel menjatuhkan “hampir semua” drone dan rudal dan berjanji untuk mengumpulkan sekutu untuk mengembangkan tanggapan terpadu. Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengatakan angkatan udara Inggris menembak jatuh sejumlah drone Iran.

Biden berbicara dengan Netanyahu pada hari yang sama. “Aku sudah bilang, hai saya yakin Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya – mengirimkan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel,” kata Biden.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan AS akan mengadakan pembicaraan dengan sekutunya dalam beberapa hari mendatang.

AS, bersama sekutunya, telah mengirimkan pesan langsung ke Teheran untuk memperingatkan agar tidak meningkatkan konflik. Para pemimpin G-7 dijadwalkan mengadakan konferensi video pada hari Minggu sore, menurut Italia, yang memegang jabatan presiden kelompok negara-negara maju. Kelompok ini mencakup Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Prancis, Inggris, dan Kanada.

Israel dan Iran berada di jalur yang berlawanan selama perang enam bulan Israel melawan militan Hamas di Gaza. Dalam serangan 7 Oktober, militan dari Hamas dan Jihad Islam, yang juga didukung oleh Iran, membunuh 1.200 orang di Israel dan menculik 250 lainnya. Serangan Israel di Gaza telah menyebabkan kehancuran luas dan menewaskan lebih dari 33.000 orang, menurut pejabat kesehatan setempat.

Dalam perkembangan lain, perundingan yang dimaksudkan untuk menghasilkan gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera tampaknya mengalami kemunduran pada hari Minggu. Kantor Netanyahu mengatakan Hamas menolak proposal terbaru untuk mencapai kesepakatan, yang telah disampaikan kepada Hamas seminggu lalu oleh mediator Qatar, Mesir dan Amerika Serikat.

Seorang pejabat Hamas mengatakan kelompoknya menginginkan “komitmen tertulis yang jelas” bahwa Israel akan menarik diri dari Gaza pada tahap kedua dari perjanjian gencatan senjata tiga fase. Kesepakatan yang diajukan kedua pihak menyerukan gencatan senjata selama enam pekan di Gaza, di mana Hamas akan membebaskan 40 dari lebih dari 100 sandera yang ditahan kelompok tersebut di daerah kantong tersebut dengan imbalan 900 tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel, termasuk 100 orang yang masih menjalani hukuman panjang untuk kejahatan berat.

Hamas menyambut baik serangan Iran, dengan mengatakan bahwa itu adalah “hak alami dan respons yang pantas” terhadap serangan di Suriah. Mereka mendesak kelompok-kelompok yang didukung Iran di wilayah tersebut untuk terus mendukung Hamas dalam perang melawan Israel.

Segera setelah perang meletus, Hizbullah mulai menyerang perbatasan utara Israel. Kedua belah pihak terlibat dalam baku tembak setiap hari, sementara kelompok yang didukung Iran di Irak, Suriah dan Yaman telah meluncurkan roket dan rudal ke arah Israel. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home