Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:19 WIB | Selasa, 16 April 2024

Eropa Mendesak Israel Tidak Lakukan Tanggapan Militer terhadap Iran

Inggris menerapkan sanksi baru terhadap Teheran, mengklaim rezim mengalami kekalahan ganda, Macron berpendapat isolasi diplomatik lebih efektif daripada tindakan militer.
Eropa Mendesak Israel Tidak Lakukan Tanggapan Militer terhadap Iran
Duta besar Iran untuk PBB, Amir Saedi Iravani, mendengarkan pernyataan perwakilan permanen Israel di PBB, Gilad Erdan, di Dewan Kemanan PBB, hari Minggu (14/4). (Foto: AP/Yuki Iwamura)
Eropa Mendesak Israel Tidak Lakukan Tanggapan Militer terhadap Iran
Demontsran mengibarkan bedera besar Iran dalam protes anti Israel di depan sebuah banner anti Israel di sebuah lapangan di Teheran Iran, hari Senin (15/4). (Foto: AP/Vahid Salemi)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Inggris, Perancis dan Jerman mendesak Israel pada hari Senin (15/4) untuk tidak melakukan pembalasan terhadap Iran setelah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada hari Sabtu (13.4) malam, dan memperingatkan bahwa tanggapan militer dapat membuat Timur Tengah terjerumus ke dalam perang habis-habisan. Itu disampaikan, ketika kabinet perang Israel bersiap untuk bertemu. membahas pilihannya dalam merespons terhadap Teheran.

Berbicara kepada BBC menjelang pernyataan yang diharapkan dari Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, pada Senin sore, Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, mengatakan bahwa meskipun kecenderungan untuk menanggapi sekitar 350 serangan drone dan rudal yang diluncurkan oleh Teheran dapat dibenarkan, Israel perlu “berpikir dengan kepala dan hatinya, untuk menjadi pintar dan juga tangguh.”

Inggris telah menasihati Israel agar lebih baik tidak melakukan pembalasan, kata Cameron, seraya menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan “kekalahan ganda” bagi Iran karena gagal menyebabkan kerusakan besar pada Israel dan pada saat yang sama mengungkapkan “kepada dunia bahwa (IIran adalah) pengaruh jahat di kawasan yang siap melakukan hal ini.”

Meskipun Inggris mendorong Israel untuk menahan diri dan mengurangi ketegangan, ia mencatat bahwa Israel pada akhirnya akan membuat keputusan sendiri mengenai bagaimana mereka melindungi warganya.

Prancis juga telah memberikan nasihat kepada Israel setelah serangan Iran, menyarankan kebijakan isolasi dan bukan pembalasan, kata Presiden Prancis, Emmanuel Macron, kepada outlet berita Prancis pada hari Senin.

Situasi di Timur Tengah “sangat tidak stabil,” katanya, seraya menambahkan bahwa Prancis mendesak Israel untuk menahan diri dan tetap berkomitmen untuk memastikan perlindungannya.

“Kami akan melakukan segalanya untuk menghindari kebakaran besar,” katanya kepada saluran berita BFMTV, seraya menambahkan bahwa ia dijadwalkan untuk berbicara dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Senin (15/4) malam, dan melakukan kontak dengan negara-negara lain di kawasan.

Baik Inggris dan Prancis termasuk di antara negara-negara sekutu yang datang membela Israel pada Sabtu malam, selain AS dan Yordania.

Teheran melancarkan serangannya terhadap Israel setelah serangan udara menghancurkan gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriahy, menewaskan beberapa anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), termasuk dua jenderal. Baik Suriah maupun Iran menyalahkan Israel atas serangan tersebut, meskipun Yerusalem belum mengomentari tuduhan tersebut.

Mendorong kebijakan isolasi yang serupa dengan yang dilakukan Prancis, Cameron mengatakan kepada BBC bahwa pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan langkah-langkah diplomatik yang dapat diambil terhadap Iran, selain 400 sanksi yang telah diterapkan.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, menyuarakan pendapatnya serupa dengan rekan-rekannya dari Prancis dan Inggris, dengan mengatakan pada konferensi pers di Paris bahwa setelah “menang secara defensif,” Israel sekarang harus mengamankan kemenangannya dengan cara diplomatik.

“Sekarang kita harus mencegah eskalasi di kawasan ini,” kata Baerbock, seraya menambahkan bahwa dia telah berbicara dengan menteri luar negeri Iran pada hari Minggu (14/4) dan dengan jelas memperingatkannya tentang eskalasi lebih lanjut.

Dalam menghadapi kritik dan potensi konsekuensi diplomatik, Iran pada hari Senin (15/4) mengklaim bahwa mereka hanya bertindak untuk membela diri, dan menyarankan bahwa Barat “harus menghargai sikap Iran yang menahan diri dalam beberapa bulan terakhir.”

“Daripada melontarkan tuduhan terhadap Iran, negara-negara (Barat) seharusnya menyalahkan diri mereka sendiri dan menjawab opini publik atas tindakan yang mereka ambil terhadap… kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel” dalam perangnya melawan kelompok Hamas yang didukung Teheran di Gaza,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani.

Pada saat yang sama ketika sekutu-sekutunya mendesak pengendalian diri dan deeskalasi, kabinet perang Israel bersiap untuk berkumpul kembali setelah pertemuan tiga jam pada hari Minggu sore berakhir tanpa ada keputusan yang diambil mengenai cara terbaik untuk menanggapi Iran.

Bersamaan dengan pertimbangan kabinet perang untuk melakukan serangan balasan, Israel juga mendesak dunia untuk menghukum Iran dengan sanksi dan tindakan diplomatik lainnya.

Berbicara pada sesi darurat Dewan Keamanan PBB pada hari Minggu malam, Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, menyerukan agar badan tersebut mengutuk Iran, menerapkan kembali sanksi dan menetapkan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran sebagai organisasi teror.

“Tombol snooze tidak lagi menjadi pilihan. Satu-satunya pilihan adalah mengutuk Iran dan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk membuat mereka membayar harga yang mahal atas kejahatan mengerikan yang mereka lakukan,” kata Erdan pada pertemuan tersebut, yang dia minta pada hari Sabtu.

Amerika Serikat juga berupaya meminta pertanggungjawaban Teheran melalui penggunaan kekuatan diplomatik, kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB, Robert Wood.

Ia menyerukan agar badan beranggotakan 15 negara tersebut mengutuk keras serangan Iran, dan mengatakan bahwa Dewan Keamanan mempunyai kewajiban untuk tidak membiarkan tindakan Iran tidak ditanggapi.

“Dalam beberapa hari mendatang, dan melalui konsultasi dengan negara-negara anggota lainnya, Amerika Serikat akan menjajaki langkah-langkah tambahan untuk meminta pertanggungjawaban Iran di PBB,” katanya. tanpa memberikan rinciannya.

“Biar saya perjelas: Jika Iran atau proksinya mengambil tindakan terhadap Amerika Serikat atau mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Israel, Iran akan bertanggung jawab,” katanya.

Duta Besar Iran, Amir Saeid Iravani, membela hak negaranya untuk menyerang Israel di Dewan Keamanan, dengan menyatakan bahwa “operasi Iran sepenuhnya merupakan pelaksanaan hak yang melekat pada Iran untuk membela diri.”

“Tindakan yang disimpulkan ini perlu dan proporsional,” tambahnya. (ToI dan Media Lain)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home