Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:52 WIB | Kamis, 03 Juni 2021

Israel Tangkap Pemimpin Hamas di Ramallah

Sheikh Jamal Al-Tawil. (Foto: dok. Ist)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Tentara Israel mengatakan telah menangkap seorang pemimpin Hamas di Tepi Barat yang diduduki yang dituduh mendirikan pangkalan bagi kelompok Islam Palestina di wilayah itu.

Pasukan khusus menangkap Sheikh Jamal Al-Tawil di kota Ramallah pada hari Selasa (1/6) malam, kata militer, hari Rabu (2/6).

Dikatakan bahwa Tawil "mengambil bagian aktif dalam mengorganisir kerusuhan dan kekerasan" dan "pembentukan kembali markas Hamas di Ramallah". Juru bicara Hamas, Hazem Qassem, di Gaza membenarkan penangkapan itu.

"Penangkapan pemimpin gerakan Jamal Al-Tawil oleh pasukan pendudukan tidak akan memadamkan suara perlawanan di Tepi Barat," katanya.

Penangkapan itu terjadi setelah gencatan senjata 21 Mei yang ditengahi Mesir menghentikan kampanye militer 11 hari Israel di Gaza, yang dimulai setelah Hamas menyerang dengan roket merespon tindakan keras Israel terhadap pengunjuk rasa Palestina di Yerusalem dan Tepi Barat.

Dua Tewas

Pada hari Rabu, Iyad Al-Bozom, juru bicara kementerian dalam negeri yang dikelola Hamas di Gaza, mengatakan dua lagi pejuang Hamas tewas saat membongkar persenjataan Israel di daerah kantong itu.

Israel telah menangkap puluhan anggota Hamas dalam beberapa pekan terakhir di Tepi Barat, termasuk beberapa yang telah merencanakan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan Palestina yang dijadwalkan akhir Mei, tetapi ditunda oleh presiden Mahmud Abbas.

Hamas menguasai Jalur Gaza yang diblokade Israel, sementara kelompok Fatah mendominasi Otoritas Palestina di Tepi Barat. Israel, Amerika Serikat dan Uni Eropa menganggap Hamas sebagai organisasi "teroris".

Protes Palestina telah meletus di Tepi Barat sejak awal Mei, dengan 30 warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel dan dalam dugaan serangan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home