Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:11 WIB | Minggu, 23 Mei 2021

Pemimpin Hamas Tampil dalam Parade Militer di Gaza

Pemimpin Hamas Tampil dalam Parade Militer di Gaza
Pemimpin tertinggi Hamas di Gaza, Yehiyeh Sinwar, tengah, memberikan penghormatan di sebuah rumah duka bagi seorang komandan Hamas yang tewas dalam perang, di Kota Gaza, hari Sabtu (22/5). Sinwar pertama kali tampil di publik sejak kelompok militan itu berperang dengan Israel awal bulan ini. (Foto: AP/Mohammed Mohammed)
Pemimpin Hamas Tampil dalam Parade Militer di Gaza
Seorang anak berdiri bersama militan Hamas saat mereka berparade di jalan-jalan untuk menghormati Bassem Issa, seorang komandan Hamas, yang dibunuh dalam perang 11 hari. (Foto: AP/John Minchillo)

GAZA, SATUHARAPAN.COM-Ratusan pejuang Hamas bertopeng mengacungkan senapan serbu dan diarak di Kota Gaza dan pemimpin tertinggi kelompok itu membuat penampilan publik pertamanya pada hari Sabtu (22/5), dalam unjuk kekuatan setelah perang 11 hari dengan Israel.

Hari Sabtu menandai hari penuh pertama gencatan senjata, dan mediator Mesir mengadakan pembicaraan untuk memperkuat gencatan senjata yang mengakhiri perang Israel-Hamas keempat  dalam satu decade terakhir.

Dalam pertempuran itu, Israel melancarkan ratusan serangan udara terhadap sasaran militan di Gaza, sementara Hamas dan militan lainnya menembakkan lebih dari 4.000 roket ke arah Israel. Lebih dari 250 orang tewas, sebagian besar dari mereka adalah warga Palestina.

Di Kota Gaza, warga mulai menilai kerusakan. Salah satu area komersial tersibuk di Kota Gaza, Jalan Omar Al-Mukhtar, dipenuhi puing-puing, mobil yang hancur, dan logam bengkok setelah bangunan 13 lantai di tengahnya diratakan dalam serangan udara Israel.

Barang dagangan ditutupi jelaga dan berserakan di dalam toko-toko yang hancur dan di trotoar. Pekerja kota menyapu pecahan kaca dan membengkokkan logam dari jalan dan trotoar.

“Kami benar-benar tidak mengharapkan kerusakan sebesar ini,” kata Ashour Subeih, penjual pakaian bayi. “Kami pikir serangan itu agak jauh dari kami. Tapi seperti yang Anda lihat, tidak ada area toko yang utuh. " Telah berbisnis selama satu tahun, Subeih memperkirakan kerugiannya dua kali lipat dari yang telah ia hasilkan selama ini.

Video dan foto drone menunjukkan beberapa blok kota berubah menjadi puing-puing, di antara rumah dan bisnis yang dibiarkan berdiri.

Baik Israel dan Hamas telah mengklaim kemenangan. Pada hari Sabtu, ratusan pejuang Hamas yang mengenakan pakaian kamuflase militer berpawai melewati tenda duka untuk Bassem Issa, seorang komandan senior yang tewas dalam pertempuran itu. Pemimpin tertinggi Hamas di Gaza, Yehiyeh Sinwar, memberikan penghormatan dalam penampilan publik pertamanya sejak perang dimulai.

Israel mengebom rumah Sinwar, bersama dengan tokoh-tokoh senior Hamas lainnya, sebagai bagian dari serangannya terhadap infrastruktur militer kelompok tersebut. Menteri pertahanan Israel, Benny Gantz, mengatakan Israel memberikan pukulan yang menghukum Hamas, dan tokoh-tokoh utama Hamas tetap menjadi target.

Protes pada Mahmoud Abbas

Ada perkiraan luas bahwa gencatan senjata akan berlaku untuk saat ini, bahkan jika babak pertempuran lain di beberapa titik tampaknya tak terelakkan. Masalah yang mendasari masih belum terselesaikan, termasuk blokade perbatasan Israel-Mesir, yang sekarang memasuki tahun ke-14, yang mencekik lebih dari dua juta penduduk Gaza dan penolakan oleh militan Islam Hamas untuk melucuti senjata.

Dewan Keamanan PBB merilis pernyataan pada hari Sabtu, menyambut gencatan senjata dan menekankan "kebutuhan segera untuk bantuan kemanusiaan bagi penduduk sipil Palestina, khususnya di Gaza." Sementara ribuan orang berunjuk rasa di kota Tel Aviv, Israel, menyerukan koeksistensi antara orang Yahudi dan Arab.

Perang semakin mengesampingkan saingan politik utama Hamas, Otoritas Palestina yang didukung secara internasional, yang mengawasi daerah kantong otonom di Tepi Barat yang diduduki Israel. Popularitas Hamas tampaknya tumbuh karena memposisikan dirinya sebagai pembela klaim Palestina atas Yerusalem.

Pada hari Jumat, beberapa jam setelah gencatan senjata berlaku, ribuan warga Palestina di kompleks Al-Aqsa meneriakkan protes terhadap Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan pemerintahannya sendiri. "Anjing-anjing Otoritas Palestina, keluar, keluar," teriak mereka, dan "Orang-orang ingin presiden pergi."

Itu adalah tampilan kemarahan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Abbas. Konflik tersebut juga memunculkan rasa frustrasi yang mendalam di antara orang-orang Palestina, baik di Tepi Barat yang diduduki, Gaza atau di dalam Israel, atas status quo, dengan proses perdamaian Israel-Palestina yang macet selama bertahun-tahun.

Terlepas dari statusnya yang melemah, Abbas akan menjadi titik kontak untuk setiap diplomasi Amerika Serikat yang diperbarui, karena Israel dan Barat, termasuk Amerika Serikat, menganggap Hamas sebagai organisasi teroris.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken ,akan bertemu dengan Abbas dan para pemimpin Israel ketika dia berkunjung di pekanmendatang. Abbas diperkirakan akan meningkatkan tuntutan agar rencana rekonstruksi Gaza melalui Otoritas Palestina untuk menghindari penguatan Hamas. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home