Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:31 WIB | Kamis, 06 Juli 2023

Israel Tarik Pasukan dari Jenin, Menyerang Sasaran di Gaza

Warga Palestina berjalan di jalan yang rusak setelah dua hari serangan militer Israel di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat, hari Rabu, 5 Juli 2023. (Foto: AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel menarik pasukannya dari sebuah kamp pengungsi di Tepi Barat yang diduduki pada hari Rabu, mengakhiri serangan dua hari yang intens yang menewaskan sedikitnya 13 warga Palestina, mengusir ribuan orang dari rumah mereka dan meninggalkan banyak kerusakan setelahnya. 

Serangan yang mencakup serangkaian serangan udara dan ratusan pasukan darat itu adalah salah satu operasi militer Israel paling intens di Tepi Barat sejak pemberontakan Palestina melawan pendudukan terbuka Israel berakhir dua dekade lalu.

Menjelang penarikan, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, berjanji untuk melakukan operasi serupa jika diperlukan.

Sejak awal 2022, Israel telah melakukan serangan hampir setiap hari di Tepi Barat yang diduduki sebagai tanggapan atas serangkaian serangan mematikan Palestina.

Orang-orang Palestina mengatakan kekerasan seperti itu adalah hasil yang tak terhindarkan dari 56 tahun pendudukan dan tidak adanya proses politik dengan Israel. Mereka juga menunjuk pada peningkatan pembangunan pemukiman di Tepi Barat dan  kekerasan yang dilakukan oleh pemukim ekstremis.

Buldoser militer besar menerobos gang-gang selama serangan 48 jam meninggalkan kerusakan berat pada jalan dan bangunan, karena ribuan penduduk melarikan diri dari kamp untuk mencari keselamatan dengan kerabat atau di tempat penampungan. Kata orang listrik dan air mati. 

Setelah pasukan pergi pada hari Rabu pagi, warga mulai keluar dari rumah mereka. Mereka menemukan jalan-jalan yang dibatasi oleh mobil-mobil yang hangus dan rata serta tumpukan puing.

Demikian pula, militer pendudukan Israel melakukan serangan udara pada hari Selasa malam yang menargetkan pemakaman Jenin. Pejabat Israel dan Palestina juga melaporkan pertempuran di dekat sebuah rumah sakit di Jenin Selasa malam. Reporter Associated Press di lapangan bisa mendengar ledakan dan suara tembakan.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan 13 warga Palestina tewas selama serangan Israel dan puluhan lainnya luka-luka. Serangan besar-besaran itu terjadi di tengah lonjakan kekerasan Israel selama lebih dari setahun terhadap warga Palestina di Wilayah Pendudukan.

Setidaknya 185 warga Palestina telah tewas tahun ini, menurut penghitungan AFP yang dikumpulkan dari sumber-sumber resmi. Di sisi lain setidaknya 25 orang Israel tewas.

Operasi berkelanjutan telah menimbulkan peringatan dari kelompok kemanusiaan tentang situasi yang memburuk. 

Doctors Without Borders menuduh tentara Israel menembakkan gas air mata ke rumah sakit, mengisi ruang gawat darurat dengan asap dan memaksa pasien gawat darurat untuk dirawat di aula utama.

Kepala hak asasi manusia PBB mengatakan skala operasi itu “meningkatkan sejumlah masalah serius sehubungan dengan norma dan standar hak asasi manusia internasional, termasuk melindungi dan menghormati hak untuk hidup.”

Kefah Ja'ayyasah, seorang penghuni kamp, ​​mengatakan tentara secara paksa memasuki rumahnya dan mengunci keluarganya di dalam.

“Mereka membawa para pemuda dari keluarga saya ke lantai atas, dan mereka meninggalkan perempuan dan anak-anak yang terperangkap di apartemen di lantai pertama,” katanya.

Dia mengatakan tentara tidak akan membiarkan dia membawakan makanan untuk anak-anak dan memblokir kru ambulans memasuki rumah ketika dia berteriak minta tolong, sebelum akhirnya membiarkan keluarga itu pergi ke rumah sakit.

Di seberang Tepi Barat, warga Palestina menggelar pemogokan umum  untuk memprotes serangan Israel.

Rabu pagi, Israel melancarkan serangan udara di Jalur Gaza yang terkepung.

Pesawat-pesawat tempur Israel menembakkan tiga rudal ke sebuah lokasi di barat daya Kota Gaza, menghancurkan dan menyebabkan kebakaran di lokasi tersebut dan merusak rumah-rumah di dekatnya, Kantor Berita Palestina WAFAmelaporkan.

Israel mengklaim serangan itu sebagai balasan atas lima roket yang ditembakkan ke Israel dari wilayah Palestina yang diblokade yang tidak menyebabkan kerusakan atau cedera.

Empat rudal lainnya juga ditembakkan ke sebuah lokasi di barat laut Beit Lahiya, di utara Jalur Gaza, juga menyebabkan kerusakan pada lokasi tersebut dan rumah-rumah di sekitarnya.

Pesawat tempur juga menyerang sebuah situs di Beit Hanoun, di utara Jalur Gaza, menghancurkannya secara total. (AP/WAFA)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home