Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:44 WIB | Minggu, 18 Februari 2024

Israel Ungkap 12 Staf UNRWA Yang Terlibat dengan Hamas pada Serangan 7 Oktober

Israel mengungkapkan 12 staf UNRWA yang dikatakan ikut ambil bagian pada 7 Oktober, mengatakan 30 lainnya memberi bantuan.
Gambar dari militer Israel mengenai empat dari 12 staf UNRWA yang dituduh ikut serta dalam serangan gencar tanggal 7 Oktober. (Foto: ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan 1.500 pekerja di lembaga tersebut mempunyai hubungan aktif dengan kelompok teror; menyatakan UNRWA telah ‘kehilangan legitimasi dan tidak dapat lagi berfungsi sebagai badan PBB.

Gallant pada hari Jumat (16/2) secara terbuka mengungkapkan identitas 12 anggota staf UNRWA yang menurut Israel “berpartisipasi aktif” dalam serangan gencar yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Serangan tersebut menyebabkan sekitar 3.000 teroris pimpinan Hamas menyerbu melintasi perbatasan ke Israel dari Gaza melalui darat, udara dan laut, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 sandera dari segala usia – sebagian besar warga sipil – di bawah naungan ribuan roket yang ditembakkan ke kota-kota Israel.

Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa menghentikan bantuan kepada UNRWA bulan lalu menyusul tuduhan Israel terhadap stafnya. Donor seperti Inggris dan Amerika Serikat telah mengindikasikan bahwa mereka tidak akan melanjutkan bantuan sampai penyelidikan internal PBB terhadap tuduhan tersebut berakhir. Laporan awal akan diterbitkan dalam beberapa pekan ke depan.

Di antara staf yang ikut serta dalam serangan tersebut adalah guru yang bekerja di sekolah UNRWA.

“Selain 12 pekerja ini, kami memiliki indikasi signifikan berdasarkan intelijen, bahwa lebih dari 30 pekerja UNRWA berpartisipasi dalam pembantaian tersebut, memfasilitasi penyanderaan, penjarahan dan pencurian dari komunitas Israel, dan banyak lagi,” kata Gallant dalam sebuah pengarahan dengan jurnalis asing.

Gallant mengatakan bahwa UNRWA telah “kehilangan legitimasi dan tidak dapat lagi berfungsi sebagai badan PBB,” dan mengatakan bahwa ia telah menginstruksikan IDF (Pasukan Pertahanan Israel) dan lembaga pertahanan untuk mengalihkan tanggung jawab pengiriman bantuan di Jalur Gaza ke organisasi kemanusiaan lainnya.

Menurut Gallant, dari 13.000 pegawai UNRWA di Gaza, setidaknya 12% berafiliasi dengan kelompok teror Hamas dan Jihad Islam Palestina. “Tercatat 1.468 pekerja aktif di Hamas dan PIJ, 185 pekerja UNRWA aktif di cabang militer Hamas, dan 51 pekerja aktif di cabang militer PIJ,” katanya.

PBB telah mengumumkan pembentukan panel independen untuk menilai badan tersebut menyusul klaim tersebut. Israel, yang memberikan bukti bahwa anggota UNRWA ikut serta dalam serangan tersebut, mengatakan bahwa mandat penyelidikan tersebut terlalu kabur dan tidak akan mencegah teroris mengambil keuntungan dari organisasi tersebut di masa depan.

Israel mengatakan Hamas menggunakan fasilitas UNRWA untuk tujuannya sendiri dan membangun sebagian dari jaringan terowongan bawah tanah dan fasilitas militer yang sangat besar di bawah lokasi organisasi PBB. Baru-baru ini beberapa media melakukan tur ke salah satu pusat operasi yang berada di bawah kantor pusat organisasi tersebut di Kota Gaza.

Kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini, membantah mengetahui adanya pusat data Hamas yang ditemukan oleh pasukan Israel di bawah markas besarnya di Gaza, namun militer Israel dan Menteri Luar Negeri, Israel Katz, segera meragukan klaim tersebut.

Dalam sebuah tweet tak lama setelah temuan tersebut dipublikasikan oleh The Times of Israel dan media lainnya, Lazzarini mengatakan organisasinya, UNRWA, “tidak mengetahui apa yang ada di markas besarnya di Gaza.” Dia mengatakan bahwa laporan tersebut “layak dilakukan penyelidikan independen yang saat ini tidak mungkin dilakukan mengingat Gaza adalah zona perang aktif.”

Dia juga mengatakan Israel “belum memberi tahu UNRWA secara resmi tentang dugaan terowongan tersebut.”

Pusat data bawah tanah, yang dilihat oleh koresponden militer The Times of Israel pada hari Kamis (15/2) selama tur media Pasukan Pertahanan Israel (IDF), termasuk ruang listrik, bank daya baterai industri dan tempat tinggal bagi tersangka teroris Hamas yang mengoperasikan server komputer.

“Oh, Anda tahu,” kata Koordinator Kegiatan Pemerintahan Israel di Wilayah, yang dikenal dengan singkatan COGAT, dalam tweetnya di Lazzarini setelah ketua badan PBB tersebut mengaku tidak tahu apa-apa. COGAT mengatakan bahwa para pejabat PBB telah diberitahu tentang kelompok teror yang memanfaatkan markas besar di Kota Gaza dan bahwa pusat data tersebut telah ada di sana sebelum staf badan tersebut pindah ke tempat lain.

“Penggalian terowongan membutuhkan waktu lebih dari empat bulan. Kami mengundang pejabat senior PBB untuk melihat, dan dalam pertemuan sebelumnya dengan Anda dan pejabat PBB lainnya, kami menyatakan penggunaan markas UNRWA oleh Hamas,” tulisnya dalam sebuah tweet.

“Anda memilih untuk mengabaikan fakta sehingga nantinya Anda dapat mencoba menyangkalnya,” tambahnya.

Menteri luar negeri menolak klaim Lazzarini bahwa dia tidak mengetahui keberadaan fasilitas Hamas dan menyebutnya “tidak hanya tidak masuk akal tetapi juga merupakan penghinaan terhadap akal sehat” dan menegaskan kembali seruan agar ketua UNRWA mundur.

Tuduhan bahwa Hamas menjalankan pusat data di bawah pengawasan UNRWA telah menambah kekhawatiran mengenai tingkat infiltrasi Hamas di badan tersebut.

Yerusalem telah lama berpendapat bahwa UNRWA harus dibubarkan, dan tuduhan baru-baru ini telah menyebabkan beberapa negara donor mengumumkan pembekuan dana, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa badan tersebut, yang mengatakan bahwa mereka adalah saluran utama bantuan bagi mijutaan orang di Jalur Gaza di tengah perang Israel-Hamas, dapat berhenti beroperasi di Gaza dan tempat lain di Timur Tengah dalam beberapa minggu. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home