Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:08 WIB | Senin, 12 Februari 2024

Ketua UNRWA Menyangkal Tahu Kantor Utama PBB Itu Digunakan Hamas

Philippe Lazzarini mengatakan tuduhan tersebut harus diselidiki, militer Israel menyebut UNRWA tahu aktivitas Hamas di sana.
Ketua UNRWA Menyangkal Tahu Kantor Utama PBB Itu Digunakan Hamas
Gambar yang diambil selama tur media yang diselenggarakan oleh tentara Israel pada tanggal 8 Februari 2024, menunjukkan tentara Israel di dalam kompleks evakuasi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Kota Gaza. (Foto: AFP/Jack Guez)
Ketua UNRWA Menyangkal Tahu Kantor Utama PBB Itu Digunakan Hamas
Ruang listrik yang melayani pusat data bawah tanah Hamas, di bawah markas UNRWA, ditemukan oleh IDF di Kota Gaza, 8 Februari 2024. (Foto: Emanuel Fabian/Times of Israel)

GAZA, SATUHARAPAN.COM-Kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina (unrwa), Philippe Lazzarini, pada hari Sabtu (10/2) membantah mengetahui adanya pusat data Hamas yang ditemukan oleh pasukan Israel di bawah markas besarnya di Gaza, dan militer Israel serta Menteri Luar Negeri, Israel Katz, segera meragukan klaim tersebut.

Dalam sebuah tweet tak lama setelah temuan tersebut dipublikasikan oleh The Times of Israel dan organisasi media lainnya, Lazzarini mengatakan organisasinya, UNRWA, “tidak mengetahui apa yang ada di kantor pusatnya di Gaza” dan bahwa laporan tersebut “layak untuk dilakukan penyelidikan independen yang saat ini sedang dilakukan, tapi tidak mungkin dilakukan mengingat Gaza adalah zona perang aktif.”

Dia mengatakan Israel “belum memberi tahu UNRWA secara resmi tentang dugaan terowongan tersebut.”

Pusat data bawah tanah, yang dilihat oleh koresponden militer The Times of Israel pada hari Kamis (8/2) selama tur media Pasukan Pertahanan Israel, termasuk ruang listrik, bank daya baterai industri, dan tempat tinggal para tersangka teroris Hamas yang mengoperasikan server komputer.

Tuduhan bahwa Hamas menjalankan pusat data di bawah naungan UNRWA telah menambah kekhawatiran mengenai tingkat infiltrasi Hamas di badan tersebut, yang sudah menyelidiki klaim bahwa setidaknya selusin staf terlibat dalam pembunuhan besar-besaran Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Sekitar 1.200 orang tewas dalam pembantaian tersebut dan 253 lainnya diculik, lebih dari setengahnya masih menjadi sandera di Gaza. Sebagian besar kekejaman yang dilakukan Hamas pada bulan Oktober ditujukan terhadap warga sipil.

Yerusalem telah lama berpendapat bahwa UNRWA harus dibubarkan, dan tuduhan baru-baru ini telah menyebabkan beberapa negara donor mengumumkan pembekuan dana, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa badan tersebut, yang mengatakan bahwa mereka adalah saluran utama bantuan bagi jutaan orang di Jalur Gaza di tengah konflik Israel-Hamas, bisa berhenti beroperasi di Gaza dan tempat lain di Timur Tengah dalam beberapa pekan.

“Oh, Anda tahu,” kata Koordinator Kegiatan Pemerintah Israel di Wilayah, yang dikenal dengan singkatan COGAT, di Twitter di Lazzarini pada Sabtu (10/2) malam, setelah ketua badan PBB tersebut mengaku tidak tahu.

Lazzarini mengatakan staf PBB telah meninggalkan markas besar Gaza pada 12 Oktober, ketika kampanye militer Israel di Gaza mulai meningkat setelah pembunuhan massal Hamas di Israel selatan lima hari sebelumnya.

“Kami belum pernah menggunakan kompleks itu sejak kami meninggalkannya dan kami juga tidak mengetahui adanya aktivitas apa pun yang mungkin terjadi di sana,” klaimnya.

UNRWA, katanya, “adalah organisasi pembangunan manusia dan kemanusiaan yang tidak memiliki keahlian militer dan keamanan maupun kapasitas untuk melakukan inspeksi militer terhadap apa yang ada atau mungkin berada di lingkungannya.”

Dia mengatakan setiap aktivitas “mencurigakan” sebelumnya akan segera ditangani dan “secara konsisten dilaporkan dalam laporan tahunan yang disampaikan kepada Majelis Umum dan dipublikasikan.”

Dalam tanggapan yang diposting ke Twitter, COGAT mengatakan bahwa para pejabat PBB telah diberitahu tentang kelompok teror yang memanfaatkan markas besar di Kota Gaza dan bahwa pusat data tersebut telah ada di sana sebelum staf badan tersebut pindah ke tempat lain.

“Penggalian terowongan membutuhkan waktu lebih dari empat bulan. Kami mengundang pejabat senior PBB untuk melihat, dan dalam pertemuan sebelumnya dengan Anda dan pejabat PBB lainnya, kami menyatakan penggunaan markas UNRWA oleh Hamas,” tulisnya dalam sebuah tweet.

“Anda memilih untuk mengabaikan fakta sehingga nantinya Anda dapat mencoba menyangkalnya,” tambahnya.

Menteri luar negeri menolak klaim Lazzarini bahwa dia tidak mengetahui keberadaan fasilitas Hamas dan menyebutnya “tidak hanya tidak masuk akal, tetapi juga merupakan penghinaan terhadap akal sehat” dan menegaskan kembali seruan agar ketua UNRWA mundur.

“Pengunduran dirinya yang segera adalah suatu keharusan,” tulis Katz di X, sebelumnya Twitter. Dia mengklaim penemuan itu menunjukkan “keterlibatan mendalam” UNRWA dengan Hamas.

Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, mengklaim bahwa Lazzarini “menolak” permintaan Israel untuk menggeledah fasilitas UNRWA di Gaza setelah menyerahkan bukti yang menunjukkan Hamas menggunakan sekolah-sekolah, dan menuduhnya berusaha menghindari pendengaran mengenai tuduhan tersebut.

Sebagai pihak yang tampak netral, fasilitas UNRWA dianggap terlarang untuk operasi militer, dan puluhan ribu orang berlindung di sekolah-sekolah UNRWA di seluruh Jalur Gaza, menurut badan tersebut. Militer Israel dikutuk karena beroperasi di dekat fasilitas dan infrastruktur sipil lainnya, namun Yerusalem menyalahkan Hamas karena menempatkan pejuang, senjata, dan bunker jauh di dalam populasi sipil Gaza, termasuk di bawah rumah sakit.

Hamas sebelumnya membantah klaim Israel bahwa mereka telah menggali jaringan terowongan yang luas di bawah sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur sipil lainnya sebagai kedok untuk kegiatan teror.

Tentara Israel dan badan keamanan Shin Bet mengatakan pusat data tersebut ditemukan setelah operasi militer di Kota Gaza dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan ditemukannya “lubang terowongan” di dekat sekolah yang dikelola oleh badan kemanusiaan tersebut.

“Poros tersebut mengarah ke terowongan teror bawah tanah yang berfungsi sebagai aset penting intelijen militer Hamas dan melewati bawah gedung yang berfungsi sebagai markas utama UNRWA di Jalur Gaza,” tambah mereka dalam sebuah pernyataan.

“Infrastruktur listrik” di terowongan – sepanjang 700 meter (765 yard) dan 18 meter di bawah tanah – terhubung ke markas besar badan tersebut, “menunjukkan bahwa fasilitas UNRWA memasok listrik ke terowongan tersebut,” kata mereka.

Dokumen dan simpanan senjata di kompleks PBB sendiri “mengkonfirmasi bahwa kantor tersebut sebenarnya juga pernah digunakan oleh teroris Hamas,” kata pernyataan bersama tersebut.

PBB telah meluncurkan dua penyelidikan terpisah terhadap UNRWA, yang pertama terhadap klaim Israel bahwa 12 stafnya mungkin telah berpartisipasi pada tanggal 7 Oktober, dan yang lainnya adalah peninjauan terhadap netralitas politik UNRWA secara keseluruhan.

Sekjen PBB, Antonio Guterres, telah berbicara membela badan tersebut, dengan menyebutnya sebagai “tulang punggung” bantuan Gaza.

Meskipun Amerika Serikat membekukan dana, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan UNRWA memainkan “peran yang sangat diperlukan dalam upaya memastikan bahwa pria, wanita, dan anak-anak yang sangat membutuhkan bantuan di Gaza benar-benar mendapatkannya.” (ToI/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home