Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 05:46 WIB | Senin, 09 November 2020

Jepang Adakan Kompetisi Pameran Senam dengan Ribuan Penggemar

Artur Dalaloyan dari Rusia berkompetisi dalam perlombaan kubah pada pertemuan senam internasional di Tokyo pada hari Minggu (8/11/2020). (Foto: AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Kabar baik dari Olimpiade Tokyo adalah bahwa Jepang pada hari Minggu mengadakan kompetisi pameran senam dengan beberapa ribu penggemar menontonnya. Ada 22 atlet senam peserta Olimpiade dari Rusia, China, dan Amerika Serikat, serta delapan dari Jepang yang bergabung dalam acara itu.

Orang non Jepang masuk setelah karantina 14 hari di rumah dan sebagian besar ditahan di hotel Tokyo, mereka dalam isolasi ketat.

Acara tersebut adalah yang terbaru di stadion bisbol Jepang yang terisi penuh pekan lalu, yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Olimpiade Tokyo yang ditunda dapat dibuka hanya dalam waktu kurang dari sembilan bulan.

Olimpiade tahun depan akan melibatkan 11.000 atlet dari 206 negara dan wilayah, semuanya terpengaruh secara berbeda oleh COVID-19. Tambahkan ke-4.400 peserta paralimpiade lainnya dan ribuan pejabat, juri, VIP, media, penyiar, dan sponsor lainnya yang juga perlu datang ke Jepang.

80 % Tidak Percaya

Akankah puluhan ribu penggemar non Jepang diizinkan untuk hadir, atau apakah Olimpiade hanya untuk penonton Jepang?

Penyelenggara Tokyo dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah memberikan sedikit rincian dan rencana konkret hingga tahun depan ketika vaksin dan pengujian cepat mungkin tersedia untuk menyelesaikan beberapa masalah.

Kohei Uchimura, altet Pepang peraih medali emas Olimpiade tiga kali, mengemukakan masalah dengan sangat jelas setelah pertemuan eksibisi hari Minggu.

“Sayangnya, 80% orang Jepang tidak percaya bahwa Olimpiade Tokyo dapat berlangsung sebagai akibat dari pandemi COVID-19,” katanya, berbicara setelah pertemuan dalam bahasa Jepang dengan sistem alamat publik kepada para penggemar di Stadion Nasional di Yoyogi. Dia juga berbicara kepada sesama atlet.

"Saya tahu wajar untuk berpikir seperti ini," tambahnya. “Tapi saya ingin orang-orang mengubah pikiran mereka dari: Kita tidak bisa menyelenggarakan Olimpiade menjadi bagaimana kita bisa melakukannya?”

Uchimura menunjukkan bahwa banyak atlet yang tidak dapat berlatih sepanjang tahun tanpa kompetisi. Bagaimana mereka akan lolos?

Jika Olimpiade diselenggarakan, ini tidak akan menjadi Olimpiade seperti sebelumnya. Aturan akan ketat. Perjalanan akan dibatasi. Dan terlepas dari semua tindakan pencegahan, beberapa atlet pasti tertular COVID-19 dan dikeluarkan dari kompetisi. Presiden IOC Thomas Bach dan Wakil Presiden John Coates telah mengakui hal ini.

"Satu-satunya masalah saya adalah hidup saya di dalam hotel," kata Angelina Melnikova, yang memenangkan medali perak di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, sebelum pertemuan. “Saya terkejut bahwa saya tidak dapat berjalan dengan bebas, bahkan di dalam hotel. Saya ingin melakukan tur ke Tokyo. Tapi tidak mungkin melakukan itu kali ini. Saya sangat mengerti."

Olimpiade Termahal

Jepang secara resmi membelanjakan US$ 12,6 miliar untuk menyelenggarakan Olimpiade, meskipun audit pemerintah tahun lalu mengatakan jumlahnya dua kali lipat. Semua kecuali US$ 5,6 miliar adalah uang publik.

Lebih dari ini, perkiraan penundaan akan menelan biaya US$ dua miliar lagi hingga US$ tiga miliar. University of Oxford menerbitkan sebuah penelitian pada bulan September yang menunjukkan bahwa ini adalah Olimpiade Musim Panas termahal yang pernah tercatat.

Lebih dari 1.800 orang di Jepang telah meninggal karena COVID-19. Jepang telah mengendalikan virus lebih baik daripada kebanyakan negara, meskipun Perdana Menteri Yoshihide Suga memperingatkan pada hari Jumat tentang kebangkitan virus corona di Jepang. Pulau paling utara Hokkaido juga menaikkan tingkat peringatan pekan lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home