Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:16 WIB | Rabu, 01 Februari 2023

Jepang dan NATO Jalin Hubungan Yang Lebih Erat

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, kanan, mencoba duduk di kokpit jet tempur F-2 Jepang Pasukan Bela Diri Udara Jepang di Pangkalan Udara Iruma di Sayama, barat laut Tokyo, Selasa, 31 Januari 2023. (Foto: AP/Eugene Hoshiko)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM  - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, di Jepang sebagai bagian dari tur Asia Timurnya, mengatakan, "keamanan kami saling terkait erat." Dan dia menyerukan hubungan yang lebih kuat dengan Jepang karena perang Rusia di Ukraina meningkatkan bahaya global dan menunjukkan bahwa demokrasi membutuhkan kemitraan yang lebih kuat.

Jepang dengan cepat bergabung dengan sanksi ekonomi yang dipimpin Amerika Serikat terhadap perang Rusia di Ukraina dan memberikan bantuan kemanusiaan dan peralatan pertahanan non-agresif untuk Ukraina.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, telah membunyikan alarm bahwa agresi Rusia di Eropa dapat terjadi di Asia, di mana kekhawatiran tumbuh atas China yang sudah tegas dan ketegangannya yang meningkat di dekat Taiwan. Jepang juga secara signifikan meningkatkan hubungan dengan NATO baru-baru ini.

“Perang di Ukraina juga menunjukkan bahwa keamanan kita saling berhubungan erat,” kata Stoltenberg selama kunjungannya di Pangkalan Udara Iruma di utara Tokyo, di mana dia memulai kunjungannya ke Jepang hari Selasa (31/1) setelah tiba Senin malam dari Korea Selatan.

“Jika Presiden (Vladimir) Putin menang di Ukraina, itu akan menjadi tragedi bagi Ukraina, tetapi itu juga akan mengirim pesan yang sangat berbahaya kepada para pemimpin otoriter di seluruh dunia karena pesannya adalah bahwa ketika mereka menggunakan kekuatan militer, mereka dapat mencapai tujuan mereka,” katanya. “Jadi perang di Ukraina penting bagi kita semua.”

Stoltenberg mengatakan kunjungannya ke Jepang “adalah cara untuk lebih memperkuat kemitraan antara NATO dan mitra kami yang sangat berharga, Jepang.” Dia diatur untuk bertemu dengan Kishida dan mengadakan konferensi pers bersama pada hari Selasa malam.

Jepang, yang sudah menjadi sekutu dekat Amerika Serikat, dalam beberapa tahun terakhir memperluas hubungan militernya dengan negara Indo-Pasifik lainnya serta dengan Inggris, Eropa, dan NATO di tengah meningkatnya ancaman keamanan dari China dan Korea Utara.

Jepang mengeluarkan strategi keamanan nasional baru pada bulan Desember yang menyatakan tekadnya untuk membangun militernya dan mengerahkan rudal jarak jauh untuk mencegah serangan musuh dalam terobosan besar dari prinsip pasca-Perang Dunia II yang membatasi diri pada pertahanan diri. Jepang juga berharap untuk lebih melonggarkan pembatasan ekspor senjata untuk memperkuat industri pertahanan negara yang lemah.

Dorong Korea Selatan Bantu Ukraina

Sementara di Korea Selatan pada hari Senin, Stoltenberg meminta Korea Selatan untuk memberikan dukungan militer langsung ke Ukraina untuk membantu Kiev melawan invasi Rusia yang berkepanjangan. Sejauh ini, Seoul hanya memberikan bantuan kemanusiaan dan dukungan lainnya, mengutip kebijakan lama untuk tidak memasok senjata ke negara-negara yang berkonflik.

Stoltenberg juga bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, pada hari Senin dan membahas komitmen Seoul untuk mendukung Ukraina dan kemungkinan peran NATO dalam menghalangi Korea Utara dari ambisi nuklirnya yang berkembang menyusul jumlah uji coba rudal balistik yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2022, kata kantor Yoon.

Stoltenberg pada hari Minggu menyebutkan laporan intelijen AS menuduh Korea Utara menyediakan senjata ke Rusia untuk mendukung perangnya di Ukraina.

Korea Utara mengutuk kunjungannya ke Korea Selatan dan Jepang, mengatakan bahwa NATO sedang mencoba untuk menempatkan "sepatu bot militernya di wilayah tersebut" dan berusaha untuk menekan sekutu Asia Amerika untuk menyediakan senjata ke Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea milik pemerintah, Korea Utara mengkritik peningkatan kerja sama antara NATO dan sekutu AS di Asia sebagai proses untuk menciptakan "NATO versi Asia" yang akan meningkatkan ketegangan di kawasan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home