Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:40 WIB | Rabu, 01 Februari 2023

Turki Dapat Setujui Keanggotaan Finlandia di NATO, Sebelum Swedia

Menlu Finlandia menolak, dan Finlandia akan bergabung dengan NATO bersama Swedia.
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: dok. AP/Armin Durgut)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Turki dapat memberi lampu hijau untuk keanggotaan Finlandia di NATO sebelum Swedia, jika aliansi militer dan kedua negara Nordik menyetujuinya, kata menteri luar negeri Turki, hari Senin (30/1).

Tetapi Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haaivisto, menolak saran itu, mengatakan penting bahwa Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO pada saat yang sama.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mendefinisikan aplikasi Finlandia sebagai “kurang bermasalah” dibandingkan dengan Swedia. Turki menuduh Stockholm gagal mengambil langkah konkret untuk menindak kelompok yang dianggap Ankara sebagai teroris. Baru-baru ini, telah dibuat marah oleh protes pembakaran Alquran yang dilakukan di luar kedutaan Turki di Stockholm dan Kopenhagen oleh seorang aktivis anti Islam yang berkewarganegaraan Swedia dan Denmark.

“Menurut pendapat saya, tidak adil untuk membedakan antara negara yang bermasalah dan negara yang kurang bermasalah,” kata Cavusoglu kepada wartawan selama konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Portugis. “Kami yakin jika NATO dan negara-negara ini mengambil keputusan seperti itu, kami dapat mengevaluasi (penawaran Finlandia) secara terpisah.”

Mendaftar Bersama

Swedia dan Finlandia mendaftar bersama untuk menjadi anggota aliansi militer, menghentikan non blok militer lama mereka setelah perang Rusia melawan Ukraina.

NATO membutuhkan persetujuan dengan suara bulat untuk menerima anggota baru. Turki dan Hongaria telah menunda proses ratifikasi tawaran Swedia dan Finlandia di parlemennya.

Di Helsinki, Haaivisto mengatakan "keinginan kuat negaranya...telah, dan masih, untuk bergabung dengan NATO bersama dengan Swedia."

“Kami benar-benar telah menggarisbawahi kepada semua mitra NATO kami di masa depan, termasuk Hungaria dan Turki, bahwa keamanan Finlandia dan Swedia berjalan bersama,” kata menteri Finlandia, menambahkan bahwa kedua negara akan dapat bergabung sebelum pertemuan puncak NATO di Vilnius, Lithuania di Juli.

“Saya pikir itu akan menjadi tonggak sejarah yang penting, tetapi kami tentu saja tidak dapat memutuskan atas nama Turki atau atas nama Hungaria tentang jadwal mereka. Kami berada di tangan mereka,” katanya.

Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, mengatakan di Twitter hari Senin bahwa dia membahas "situasi saat ini" dengan Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, melalui panggilan telepon.

Turki menuduh pemerintah di Stockholm terlalu lunak terhadap kelompok yang dianggapnya sebagai organisasi teror atau ancaman eksistensial, termasuk kelompok Kurdi.

“Beberapa langkah diambil di Swedia, seperti amandemen konstitusi dan amandemen hukum,” kata Cavusoglu. “Sayangnya, ada langkah mundur, karena provokasi kelompok yang ingin mencegah Swedia bergabung dengan NATO.”

Pada hari Minggu (29/1), Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga menyarankan bahwa Ankara mungkin akan menandatangani aplikasi Finlandia dalam "kejutan" ke Swedia.

Dia mengatakan Turki telah memberikan daftar 120 orang yang ingin diekstradisi dari Swedia, sebuah permintaan yang merupakan bagian dari memorandum yang ditandatangani pada bulan Juni yang mencegah hak veto Turki atas permohonan bersama negara-negara Nordik.

Turki menuntut ekstradisi tersangka militan PKK serta beberapa pengikut Fethullah Gulen, ulama Muslim yang dituduh melakukan percobaan kudeta tahun 2016.

Menyusul protes pekan lalu, Erdogan memperingatkan Swedia untuk tidak mengharapkan dukungan untuk tawaran keanggotaannya. Turki juga menunda pertemuan penting di Brussels tanpa batas waktu yang akan membahas keanggotaan untuk Swedia dan Finlandia.

Kepala negosiator Swedia, Oscar Stenström, mengatakan kepada Radio Swedia, hari Minggu pagi bahwa pembicaraan tiga arah telah ditangguhkan untuk menghindari memburuknya situasi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home