Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:16 WIB | Selasa, 11 April 2023

Jepang Hadapi Peningkatan Suhu, Bunga Sakura Mekar Lebih Awal

Pengunjung melihat bunga sakura musiman dari jembatan penyeberangan di distrik Roppongi, 31 Maret 2022, di Tokyo. Suhu meningkat di Jepang dan musim panas datang dengan cepat dan bunga sakura mekar lebih cepat dari sebelumnya. (Foto: dok. AP/Eugene Hoshiko)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Suhu meningkat di Jepang dan musim panas akan datang dengan cepat. Bunga sakura bermekaran lebih cepat dari sebelumnya, sifon-merah muda yang secara tradisional digembar-gemborkan sebagai musim semi untuk negara ini, muncul hanya dua pekan di bulan Maret.

Di Osaka, suhu melonjak hingga 25 derajat Celsius (77 derajat Fahrenheit) pada 22 Maret, sebuah rekor sepanjang tahun itu. Tottori, di barat daya, mencapai 25,8 C (78 F) pada hari yang sama, tertinggi dalam 140 tahun, menurut ahli iklim Maximiliano Herrera. Suhu Tottori biasanya berkisar sekitar 12 C (54 F) pada bulan Maret.

Dengan termometer yang sudah melesat ke atas dan penggunaan bahan bakar fosil yang memberi makan perubahan iklim yang masih merayap di seluruh dunia, Jepang bersiap menghadapi musim panas yang terik lagi dan menghadapi risiko banjir dan tanah longsor yang semakin besar.

Bangsa ini berjuang untuk melindungi masyarakat dari pemanasan dan telah berjanji untuk memangkas emisi, tetapi dalam jangka pendek cuaca yang memburuk tetap menjadi ancaman.

“Risiko dari perubahan iklim ada di hadapan kita,” kata Yasuaki Hijioka, wakil direktur Pusat Adaptasi Perubahan Iklim di Institut Nasional untuk Studi Lingkungan di Tsukuba, timur laut Tokyo.

“Pada prinsipnya Anda bisa mencoba melarikan diri dari banjir. Tetapi panas memengaruhi area yang begitu luas, hampir tidak ada jalan keluar. Semua orang terpengaruh.”

Jepang sudah rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan angin topan. Infrastruktur yang aman telah membuat sebagian besar orang tetap aman. Namun perubahan iklim membuat masyarakat sering lengah karena sistemnya direkayasa untuk kondisi cuaca di masa lalu.

“Jika Anda mendorong jaringan listrik yang dirancang untuk abad ke-20 ke abad baru pemanasan dan panas ekstrem, maka Anda harus mempertimbangkan apakah sistem energi dan sistem perawatan kesehatan Anda benar-benar dirancang untuk planet yang memanas,” kata Kim Cobb, direktur Institut di Brown untuk Lingkungan dan Masyarakat.

Semakin banyak orang yang sakit karena serangan panas. Tahun lalu, lebih dari 200 rekor suhu dipecahkan di kota-kota di seluruh negara, mengirim jaringan energi ke kapasitas hampir dan lebih dari 71.000 orang ke rumah sakit karena sengatan panas selama bulan Mei hingga September. Pasien sebagian besar lanjut usia tetapi cukup banyak anak-anak dan orang dewasa paruh baya juga dirawat di rumah sakit, menurut angka pemerintah. Delapan puluh orang meninggal.

Cuaca yang menghangat juga dapat menahan lebih banyak kelembapan, menambah banjir dan tanah longsor pada perkiraan musim panas, sesuatu yang juga sering terjadi di Jepang.

Pada 2019, kereta peluru sebagian terendam banjir akibat Topan Hagibis. Rumah dan jalan raya terjebak dalam tanah longsor. Terowongan banjir menjebak orang dan mobil. Bendungan tidak bisa menahan curah hujan yang sangat deras.

Penelitian Hijioka difokuskan pada pengelolaan banjir, seperti mengalihkan air dari sungai yang membengkak di hulu ke sawah dan kolam untuk mengalirkan air guna mencegah banjir.

Untuk mencegah kematian akibat sengatan panas, undang-undang yang diusulkan akan menetapkan bangunan tertentu di komunitas, seperti perpustakaan ber-AC, sebagai tempat berlindung. Undang-undang semacam itu di tingkat nasional baru di Jepang.

Terlepas dari ekonomi negara yang maju, beberapa orang tidak mampu membeli AC, terutama di daerah yang tidak terbiasa dengan panas. Sekolah-sekolah di Jepang utara, seperti di Nagano, telah memasang AC karena panas yang ekstrem dalam beberapa tahun terakhir.

“Lebih banyak orang meninggal akibat sengatan panas daripada banjir sungai di Jepang,” kata Hijioka. “Kita perlu melihat perubahan iklim sebagai bencana alam.”

Michio Kawamiya, direktur Pusat Penelitian untuk Pemodelan dan Aplikasi Lingkungan, dan timnya meneliti suhu Jepang yang lebih tinggi dan bagaimana pengaruhnya terhadap manusia.

Di antara temuan mereka: Sejak 1953, bunga sakura mekar rata-rata satu hari lebih awal setiap dekade. Daun maple berubah warna 2,8 hari lebih lambat per dekade. Risiko topan telah meningkat dan jumlah hujan salju telah menurun, bahkan saat ancaman hujan salju lebat tetap ada.

Jepang telah membuat beberapa kemajuan dalam membatasi jumlah bahan bakar fosil yang dimuntahkannya, tetapi masih menjadi penghasil emisi tertinggi keenam di dunia. Setelah bencana nuklir Fukushima 2011, negara itu menutup pembangkit nuklir, dan, yang menentukan bagi iklim, berinvestasi dalam pembangkit batu bara baru serta minyak dan gas impor agar jaringannya tetap berjalan. Pabrik nuklir secara bertahap dimulai kembali sejak saat itu.

Sisi positifnya, transportasi angkutan umum massal yang sangat baik telah menjauhkan mobil-mobil yang boros bahan bakar dari jalanan, menurunkan jejak karbon negara. Beberapa orang Jepang telah mematikan AC mereka untuk menghemat energi, tetapi hal itu berdampak pada kesehatan, karena hal ini terjadi tepat pada saat panas telah mencapai tingkat yang sangat berbahaya.

Negara ini telah bekerja sangat keras untuk menghemat energi dengan mengurangi permintaan yang sering dibandingkan dengan “memeras air dari kain yang benar-benar kering,” kata Kawamiya dalam sebuah wawancara di kantornya di Yokohama, barat daya Tokyo.

Namun, para kritikus mengatakan Jepang bisa berbuat lebih banyak untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan, seperti tenaga surya dan angin. Pemerintah berencana menggunakan energi terbarukan untuk mengisi lebih dari sepertiga pasokan listrik negara pada tahun 2030 dan menghentikan penggunaan batu bara sekitar tahun 2040-an.

Jepang juga merupakan bagian dari Kelompok Tujuh (G7) ekonomi terkemuka yang berjanji akan bebas dari bahan bakar fosil untuk listrik pada tahun 2035.

Sejak Fukushima, Jepang telah membuat sebagian besar dari 50 reaktor nuklir negara itu tidak beroperasi, sebagai tanggapan atas opini publik yang menentang teknologi tersebut. Tenaga nuklir dianggap sebagai energi bersih karena tidak memancarkan gas rumah kaca, tetapi menghasilkan limbah radioaktif.

Sekitar 10 reaktor beroperasi, 24 reaktor dinonaktifkan. Apa yang pada akhirnya akan diputuskan oleh Jepang tentang tenaga nuklir masih belum jelas.

Hijioka, yang yakin Jepang tertinggal dalam peralihan menuju energi terbarukan, mengatakan dia dibuat frustrasi oleh para pembuat kebijakan yang menurutnya telah berlambat-lambat dalam menangani perubahan iklim, tetapi mendorong untuk kembali ke nuklir.

Terlepas dari potensinya untuk mengekang emisi pemanasan planet, skeptisisme tetap ada di antara beberapa ahli iklim tentang beralih ke tenaga nuklir karena biaya dan rentang waktu proyek dibandingkan dengan seberapa cepat dan murah energi terbarukan dalam jumlah yang setara dapat online. Ada juga kekhawatiran di kalangan masyarakat.

“Sungguh tidak bertanggung jawab, ketika kita memikirkan generasi berikutnya,” kata Hijioka. “Kita mungkin sudah tua, dan kita mungkin mati jadi itu tidak masalah. Tapi bagaimana dengan anak-anak kita?” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home