Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Senin, 07 November 2022

WMO: Pemanasan Global Makin Cepat, Perubahan Iklim Makin Buruk

WMO: Pemanasan Global Makin Cepat, Perubahan Iklim Makin Buruk
Perempuan membawa barang-barang yang diselamatkan dari rumah mereka yang terendam banjir setelah hujan monsun, di distrik Qambar Shahdadkot di Provinsi Sindh, Pakistan, 6 September 2022. (Foto: dok. AP/Fareed Khan)
WMO: Pemanasan Global Makin Cepat, Perubahan Iklim Makin Buruk
Mohamed Mohamud, seorang penjaga dari Sabuli Wildlife Conservancy, melihat bangkai jerapah yang mati kelaparan di dekat Desa Matana, Kabupaten Wajir, Kenya, pada 25 Oktober 2021. (Foto: dok. AP/Brian Inganga)
WMO: Pemanasan Global Makin Cepat, Perubahan Iklim Makin Buruk
Orang-orang berjalan di sepanjang dasar sungai kering Sungai Jialing, anak sungai Yangtze, di Kotamadya Chongqing, China barat daya, 20 Agustus 2022 (Foto: dok. AP/Mark Schiefelbein)

SHARM EL-SHEIKH, SATUHARAPAN.COM-Pemanasan cuaca bumi dan naiknya air laut semakin buruk dan terjadi lebih cepat dari sebelumnya, kata Organisasi Meteorologi Dunia (WMO/World Meteorological Organization) memperingatkan pada hari Minggu (6/11) dalam sebuah catatan suram ketika para pemimpin dunia mulai berkumpul untuk negosiasi iklim internasional.

“Laporan Keadaan Iklim Global terbaru adalah kronik kekacauan iklim,” kata Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Antonio Guterres. “Kita harus menjawab sinyal bahaya planet ini dengan tindakan, tindakan iklim yang ambisius dan kredibel.”

Dalam laporan iklim tahunannya, badan cuaca Perserikatan Bangsa-bangsa itu mengatakan bahwa kenaikan permukaan laut dalam dekade terakhir adalah dua kali lipat dari tahun 1990-an dan sejak Januari 2020 telah melonjak pada tingkat yang lebih tinggi dari itu. Sejak dekade dimulai, permukaan laut naik lima milimeter per tahun (0,2 inci) dibandingkan dengan 2,1 milimeter (0,08 inci) pada 1990-an.

Delapan tahun terakhir merupakan rekor terpanas, kata WMO dalam sebuah laporan yang bukan merupakan terobosan baru tetapi merupakan kumpulan tren, data, dan dampak cuaca terkini di satu tempat terpusat.

“Pencairan (es) terus terjadi, dan kita telah kehilangan dan juga tingkat permukaan laut naik,” kata kepala WMO, Petteri Taalas, kepada The Associated Press. "Tidak ada indikator positif sejauh ini."

Satu-satunya alasan mengapa dunia tidak memecahkan rekor suhu tahunan dalam beberapa tahun terakhir adalah fenomena cuaca La Nina tiga tahun yang langka, katanya.

Data tentang permukaan laut dan suhu rata-rata tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan bagaimana perubahan iklim telah melanda orang-orang dalam cuaca ekstrem.

Laporan tersebut menyoroti banjir luar biasa musim panas di Pakistan yang menewaskan lebih dari 1.700 orang dan membuat 7,9 juta orang mengungsi. Juga kekeringan empat tahun yang melumpuhkan di Afrika Timur yang menyebabkan lebih dari 18 juta orang kelaparan, dan Sungai Yangtze di China mengering ke tingkat terendah pada Agustus, serta rekor gelombang panas membakar orang-orang di Eropa.

“Laporan terbaru dari Organisasi Meteorologi Dunia berbunyi seperti laporan laboratorium untuk pasien yang sakit kritis, tetapi dalam kasus ini pasiennya adalah Bumi,” kata ilmuwan iklim Jennifer Francis dari Pusat Penelitian Iklim Woodwell di Cape Cod, yang bukan bagian dari dari laporan.

Tingkat karbon dioksida, metana, dan dinitrogen oksida yang memerangkap panas semuanya mencapai rekor tingkat tinggi, dengan metana yang kuat meningkat pada kecepatan rekor, kata laporan itu.

Itu berarti lebih dari sekadar pemanasan suhu di darat. Es, baik lapisan es Greenland dan gletser dunia, menyusut drastis, kata laporan itu. Selama 26 tahun berturut-turut, Greenland kehilangan es ketika semua jenis es diperhitungkan. Volume salju gletser di Swiss turun lebih dari sepertiga dari 2001 hingga 2022, kata laporan itu.

Tetapi 90% dari panas yang terperangkap di Bumi masuk ke lautan dan bagian atas 2.000 meter (6.561 kaki) lautan semakin cepat panas. Tingkat pemanasan dalam 15 tahun terakhir adalah 67% lebih cepat daripada sejak 1971, kata laporan itu.

Panas laut itu “akan terus menghangat di masa depan, perubahan yang tidak dapat diubah dalam skala waktu seratus tahun hingga milenium,” kata laporan itu.

Pakar luar tidak terkejut dengan laporan itu dan mengatakan tidak seharusnya demikian. “Apa yang telah diperingatkan oleh para ilmuwan iklim selama beberapa dekade ada di depan kita. Dan akan terus memburuk tanpa tindakan,” kata profesor meteorologi Universitas Georgia, Marshall Shepherd.

“Dua hal yang harus dihilangkan: Penundaan iklim dan berbicara tentang dampak perubahan iklim di masa depan. Itu di sini." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home