Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:30 WIB | Kamis, 10 November 2022

Jerman Blokir Investasi China untuk Produsen Semikonduktor

Chip semikonduktor terlihat pada papan sirkuit komputer. (Foto ilustrasi: dok. Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Jerman pada hari Rabu memblokir calon investasi China untuk dua produsen semikonduktor domestik setelah langkah tersebut menimbulkan kekhawatiran atas keamanan nasional dan aliran pengetahuan teknologi yang sensitif ke Beijing.

Pemerintah mengatakan telah memveto pengambilalihan pabrik chip Elmos yang berbasis di Dortmund oleh Silex, sebuah perusahaan Swedia yang merupakan anak perusahaan dari grup China Sai Microelectronics.

Berlin juga memblokir investasi di ERS Electronic, yang berbasis di negara bagian selatan Bavaria, sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters. Seorang juru bicara ERS Electronic mengatakan tidak ada rencana untuk menjual perusahaan itu, tetapi telah menjajaki opsi untuk mendapatkan investasi dari perusahaan ekuitas swasta China.

Keputusan itu datang pada saat sensitivitas tinggi seputar hubungan antara Berlin dan Beijing. Pemerintah Kanselir Olaf Scholz, yang mengunjungi China pekan lalu, mencoba menyeimbangkan dorongan untuk akses ke pasar China bagi perusahaan-perusahaan Eropa dengan mengatasi masalah keamanan dan mengurangi ketergantungan perdagangan Jerman pada China.

Hal ini telah meninjau kebijakannya terhadap China terutama setelah invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, yang mengekspos ketergantungan besar Jerman pada gas Rusia.

“Kita harus melihat pengambilalihan perusahaan dengan cermat, ketika menyangkut infrastruktur penting atau ketika ada bahaya bahwa teknologi mengalir ke pembeli dari negara-negara non-UE,” kata Menteri Ekonomi, Robert Habeck, dalam sebuah pernyataan.

“Khususnya di sektor semikonduktor, penting bagi kita untuk melindungi kedaulatan teknologi dan ekonomi Jerman dan Eropa. Tentu saja, Jerman adalah dan akan tetap menjadi lokasi investasi terbuka, tetapi kami juga tidak naif.”

Elmos tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Seorang juru bicara kementerian luar negeri China mengatakan Beijing menginginkan lingkungan yang adil dan terbuka untuk investasi China.

Berbicara kepada wartawan setelah keputusan itu, Habeck mengatakan China membuat "pendekatan strategis yang disengaja untuk mempengaruhi penemuan pengetahuan dan kontrol produksi, khususnya di bidang manufaktur semikonduktor dan microchip."

Scholz sebelumnya telah mendorong keputusan untuk mengizinkan China membeli saham minoritas di terminal di pelabuhan terbesar Jerman meskipun ada tentangan dari dalam koalisinya.

Keputusan itu telah memicu tanggapan marah oleh kementerian luar negeri, yang memperingatkan bahwa investasi secara tidak proporsional memperluas pengaruh strategis China. China sebelumnya telah menepis kekhawatiran tersebut.

Scholz telah memperingatkan adanya pemisahan dari China atau de-globalisasi secara umum, sementara juga menekankan perlunya Jerman untuk mendiversifikasi perdagangan Asianya dan lebih mempertimbangkan masalah strategis dalam urusan bisnisnya.

Sambil mengatakan dia tidak mengetahui investasi elektronik Elmos dan ERS yang spesifik, juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian, mengatakan Beijing telah mendorong perusahaannya untuk melakukan kerja sama investasi yang saling menguntungkan di luar negeri.

“Semua negara, termasuk Jerman, harus menyediakan lingkungan pasar yang adil, terbuka dan tidak diskriminatif untuk operasi normal perusahaan China dan menahan diri dari mempolitisasi kerja sama ekonomi dan perdagangan yang normal, belum lagi proteksionisme atas dasar keamanan nasional,” kata Zhao pada briefing berita reguler. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home