Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:25 WIB | Kamis, 10 November 2022

Zuckerberg Umumkan Meta Berhentikan 11.000 Karyawannya

Sebuah mobil melewati logo Meta baru Facebook pada tanda di kantor pusat perusahaan pada 28 Oktober 2021, di Menlo Park, California. Induk Facebook, Meta, memberhentikan 13% karyawannya karena masalah pendapatan yang goyah dan kesengsaraan industri teknologi yang lebih luas. (Foto: dok. AP/Tony Avelar)

SATUHARAPAN.COM-Perusahaan Induk Facebook, Meta, memberhentikan 11.000 orang, sekitar 13% dari tenaga kerjanya, karena bermasalah dengan pendapatan yang goyah dan kesengsaraan industri teknologi yang lebih luas, CEO Mark Zuckerberg, mengatakan dalam sebuah surat kepada karyawan Rabu (9/11).

Pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi hanya sepekan setelah PHK meluas di Twitter di bawah pemilik barunya, miliarder Elon Musk. Ada banyak PHK di perusahaan teknologi lain yang dipekerjakan dengan cepat selama pandemi.

Zuckerberg mengatakan bahwa dia telah membuat keputusan untuk merekrut secara agresif, mengantisipasi pertumbuhan yang cepat bahkan setelah penguncian pandemi berakhir.

Sayangnya, ini tidak berjalan seperti yang saya harapkan, kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan. “Tidak hanya perdagangan online yang kembali ke tren sebelumnya, tetapi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan hilangnya sinyal iklan telah menyebabkan pendapatan kami jauh lebih rendah dari yang saya harapkan. Saya salah, dan saya bertanggung jawab untuk itu. ”

Meta, seperti perusahaan media sosial lainnya, menikmati dorongan finansial selama era penguncian pandemi karena lebih banyak orang tinggal di rumah dan menggulir ponsel dan komputer mereka. Tetapi ketika penguncian berakhir dan orang-orang mulai keluar lagi, pertumbuhan pendapatan mulai goyah.

Yang menjadi perhatian khusus investor, Meta menggelontorkan lebih dari US$10 miliar per tahun ke dalam "metaverse" karena mengalihkan fokusnya dari media sosial. Zuckerberg memprediksi metaverse, alam semesta digital yang imersif, pada akhirnya akan menggantikan smartphone sebagai cara utama orang menggunakan teknologi.

Investor yang ketakutan telah menyebabkan saham perusahaan itu jatuh lebih dari 71% sejak awal tahun dan saham sekarang diperdagangkan pada level yang sama yang terakhir terlihat pada tahun 2015.

Perlambatan ekonomi dan prospek yang suram untuk iklan online, sejauh ini merupakan sumber pendapatan terbesar Meta, telah berkontribusi pada kesengsaraan Meta juga. Musim panas ini, perusahaan membukukan penurunan pendapatan kuartalan pertama dalam sejarah, diikuti oleh penurunan lain yang lebih besar di musim gugur.

Beberapa rasa sakit adalah spesifik perusahaan, sementara beberapa terkait dengan kekuatan ekonomi dan teknologi yang lebih luas.

PHK di Twitter

Pekan lalu, Twitter memberhentikan sekitar setengah dari 7.500 karyawannya, bagian dari perombakan yang kacau saat Elon Musk mengambil alih. Dia men-tweeted bahwa tidak ada pilihan selain untuk memotong pekerjaan "ketika perusahaan kehilangan lebih dari $ 4M/hari," meskipun tidak memberikan rincian tentang kerugian.

Snap, pemilik Snapchat, juga baru-baru ini memberhentikan 1.000 pekerja dan broker real estate online Redfin mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka memotong 862 karyawan.

Meta dan pengiklannya bersiap menghadapi potensi resesi. Ada juga tantangan alat privasi Apple, yang mempersulit platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Snap untuk melacak orang tanpa persetujuan mereka dan menargetkan iklan kepada mereka.

Meskipun Meta telah dirugikan oleh tren ekonomi yang lebih luas yang telah membatasi pengeluaran untuk iklan digital, tantangan perusahaan telah diperparah oleh munculnya TikTok pada saat yang sama Zuckerberg menuangkan miliaran ke metaverse yang sejauh ini tampak seperti fatamorgana yang jauh, kata Forrester Analis riset J.P. Gownder.

“Mereka membuat taruhan besar pada sesuatu yang mungkin tidak akan terjadi selama lima sampai 10 tahun lagi,” kata Gownder. “Apa yang perlu mereka lakukan adalah mencoba memecahkan beberapa masalah bisnis mendasar mereka. Ini (PHK massal) hanya sementara.”

Zuckerberg mengatakan Meta memangkas biaya di seluruh bisnisnya, tetapi dia menambahkan bahwa ini saja tidak akan menimbulkan biaya besar sejalan dengan pertumbuhan pendapatannya.

Selain PHK, pembekuan perekrutan di perusahaan akan diperpanjang hingga kuartal pertama 2023, kata Zuckerberg. Perusahaan juga telah memangkas jejak real estatnya dan dia mengatakan bahwa dengan begitu banyak karyawan yang bekerja di luar kantor, perusahaan akan beralih ke pembagian meja bagi mereka yang tersisa.

Lebih banyak pemotongan biaya di Meta akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, kata Zuckerberg.

Zuckerberg mengatakan kepada karyawan pada hari Rabu bahwa mereka akan menerima email yang memberi tahu mereka jika mereka termasuk di antara mereka yang dilepaskan. Akses ke sebagian besar sistem perusahaan akan terputus karena orang-orang yang kehilangan pekerjaan, katanya, karena sifat sensitif dari informasi itu.

"Kami menjaga alamat email aktif sepanjang hari sehingga semua orang bisa mengucapkan selamat tinggal," kata Zuckerberg.

Mantan karyawan akan menerima gaji pokok 16 pekan, ditambah dua pekan tambahan untuk setiap tahun dengan perusahaan, kata Zuckerberg. Asuransi kesehatan bagi karyawan dan keluarganya akan berlangsung selama enam bulan.

Bahkan dengan pengurangan pada hari Rabu, Meta masih memiliki lebih dari 75.000 pekerja di seluruh dunia. Faktanya, perusahaan memiliki 71.970 pekerja pada akhir 2021, dan kurang dari 59.000 pada akhir 2020.

Brad Gerstner, CEO pemegang saham Meta Altimeter Capital, menulis surat terbuka kepada Zuckerberg bulan lalu mendesaknya untuk mengencangkan ikat pinggang Meta.

“Meta telah hanyut ke tanah yang berlebihan, terlalu banyak orang, terlalu banyak ide sedikit urgensi,” tulis Gerstner. “Kurangnya fokus dan kebugaran ini dikaburkan ketika pertumbuhan mudah tetapi mematikan ketika pertumbuhan melambat dan teknologi berubah.”

Gerstner mendesak Zuckerberg untuk merampingkan biaya dan memfokuskan perusahaan dalam sebuah surat terbuka yang diposting di Medium. Sarannya termasuk memotong 20% ​​tenaga kerja perusahaan, yang masih hanya akan mengembalikan Meta ke tingkat staf 2021, mendukung poin Gerstner bahwa perusahaan telah menjadi lebih besar dari yang seharusnya.

PHK hari Rabu Meta, meskipun bersejarah bagi perusahaan, tidak memecahkan rekor industri teknologi. Hewlett Packard melepaskan sekitar 2/3 tenaga kerjanya antara 2010 dan 2021, dari 324.600 karyawan menjadi 111.000 per 31 Oktober 2021 untuk HP Inc. dan HP Enterprises, yang telah menjadi satu perusahaan pada tahun 2010.

Dan puncaknya pada tahun 1986, IBM memiliki sekitar 400.000 karyawan di seluruh dunia. Pada akhir tahun lalu, IBM memiliki sekitar 282.000 pekerja penuh waktu.

Belum jelas apakah Meta, dan ekonomi media sosial, berada pada lintasan yang sama. Satu dekade yang lalu, Facebook berhasil mengubah bisnisnya dari menjalankan situs web di komputer desktop ke aplikasi, lalu beberapa aplikasi, di ponsel cerdas. Meskipun ada kemungkinan bahwa ia akan dapat beralih lagi ke platform komunikasi baru di metaverse, dunia, dan perusahaan, telah sangat berubah.

“Meta memiliki tiga masalah besar yang harus diatasi: Meta tidak lagi inovatif; cengkeramannya pada dominasi pasar berkurang; dan janji metaverse, inti dari visi Zuckerberg untuk masa depan perusahaannya, telah dilenyapkan oleh kombinasi apatis konsumen, skeptisisme bisnis, dan realitas ekonomi dunia yang tenggelam,” tulis Gerstner.

Saham Meta Platforms Inc. bertambah $5, atau 5,2% menjadi ditutup pada $101,47 pada hari Rabu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home