Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:06 WIB | Selasa, 17 Januari 2023

Jerman Dalam Tekanan Untuk Kirim Tank Tempur Leopard ke Ukraina

Jerman mengirimkan tank Leopard pertamanya ke Slovakia sebagai bagian dari kesepakatan setelah Slovakia menyumbangkan kendaraan tempur ke Ukraina, 19 Desember 2022. (Foto: dok. Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Kanselir Jerman, Olaf Scholz, berada di bawah tekanan untuk menyetujui peningkatan dukungan militer internasional untuk Kiev dengan mengizinkan ekspor tank tempur Leopard 2 ke Ukraina.

Jerman telah menolak langkah tersebut sejauh ini, dengan mengatakan bahwa tank Barat hanya boleh dipasok ke Ukraina jika ada kesepakatan di antara sekutu utama Kiev, khususnya Amerika Serikat.

Pejabat Barat ingin mencapai keseimbangan antara memastikan Ukraina dapat mempertahankan diri dan tidak memasok senjata yang dapat mendorong Kiev untuk melakukan serangan terhadap wilayah Rusia atau menarik NATO ke dalam konflik dengan Moskow.

Berikut adalah beberapa fakta tentang Leopard 2 dan perdebatan apakah akan digunakan di Ukraina.

Persetujuan Berlin

Ekspor ulang Leopard membutuhkan persetujuan pemerintah Jerman, sehingga negara lain yang memiliki tank semacam itu tidak dapat mengirimnya ke Ukraina tanpanya.

Beberapa pejabat Jerman telah mengisyaratkan pelunakan pandangan mereka menjelang pertemuan sekutu Ukraina di Ramstein di Jerman hari Jumat (20/1) di mana pemerintah akan mengumumkan janji dukungan militer terbaru mereka untuk Kiev.

Wakil Rektor Robert Habeck, yang Kementerian Ekonomi-nya bertanggung jawab untuk menyetujui ekspor pertahanan, mengatakan pada hari Kamis bahwa Berlin seharusnya tidak menghalangi negara-negara yang ingin mengirim Leopard ke Ukraina.

Itu akan memberi lampu hijau kepada negara-negara seperti Polandia, yang mengatakan ingin mengambil langkah seperti itu sebagai bagian dari koalisi.

Scholz belum mengatakan apakah dia berbagi pandangan Habeck atau akan mengizinkan Jerman mengirim beberapa Leopard-nya sendiri ke Ukraina.

Mengapa Barat sejauh ini tidak mengirim tank tempur ke Kiev?

Pejabat Barat sangat ingin menghindari terseret lebih langsung ke dalam perang.

Sementara Moskow mengutuk eskalasi pasokan senjata untuk Ukraina, hal ini tidak menimbulkan konsekuensi militer bagi Barat. Itu membuat pemerintah lebih terbuka terhadap gagasan pengiriman tank.

Hingga saat ini, Ukraina hanya mengandalkan varian tank T-72 dari era Uni Soviet.

Beberapa pejabat Barat telah menandai kekhawatiran lain, bahwa Rusia, atau bahkan China, mungkin mendapatkan persenjataan canggih Barat yang ditempatkan di Ukraina, memungkinkan Moskow atau Beijing untuk mencuri teknologi militer Barat.

Mengapa Ukraina Menginginkan Leopard 2?

Tank dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Barat.

Perusahaan pertahanan Jerman, Krauss-Maffei Wegmann, telah membangun lebih dari 3.500 tank Leopard 2 sejak mulai berproduksi pada tahun 1978.

Tank ini berbobot lebih dari 60 ton, memiliki meriam smoothbore 120mm dan dapat mencapai target pada jarak hingga lima kilometer.

Sekitar 20 negara mengoperasikan Leopard 2. Ini berarti beberapa negara masing-masing dapat membuat chip di beberapa tank mereka untuk mendukung Ukraina. Ini juga akan memudahkan Ukraina untuk mengelola pemeliharaan dan pelatihan awak.

Negara yang mengoperasikan Leopard termasuk Kanada, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, Austria, Polandia, Spanyol, Swedia dan Turki.

Berapa banyak tank Leopard 2 yang tersedia?

Leopard 2 adalah salah satu tank Barat yang paling banyak digunakan.

Namun secara umum, tiga dekade setelah berakhirnya Perang Dingin, tank dan senjata berat lainnya jarang tersedia di sebagian besar wilayah Barat. Banyak negara secara drastis mengurangi pasukan mereka setelah jatuhnya komunisme.

Jerman memiliki sekitar 350 tank Leopard 2 saat ini, dibandingkan dengan sekitar 4.000 tank utama pertempuran pada puncak Perang Dingin, kata ahli militer Jerman, Carl Schulze.

Pada saat yang sama, tidak mungkin membeli tank Leopard 2 dalam jumlah besar dengan cepat.

Industri pertahanan Jerman dilarang oleh undang-undang untuk memproduksinya untuk penyimpanan stok. Negara yang memesan tank baru perlu bersiap menunggu dua hingga tiga tahun untuk pengiriman.

Bahkan jika produksi ditingkatkan, para ahli mengatakan butuh setidaknya dua tahun untuk tank baru pertama meninggalkan pabrik.

Tank Tempur Barat Apa Lagi Yang Ada?

Amerika Serikat mengoperasikan ribuan tank M1 Abrams yang dibuat oleh General Dynamics tetapi dianggap tidak cocok untuk Ukraina karena digerakkan oleh mesin turbin gas.

“Konsumsi minyak tanah Abrams sangat tinggi sehingga Ukraina tidak memiliki peluang untuk mengoperasikannya dalam situasi pasokan waktu perang saat ini,” kata Schulze.

Dia menambahkan, meski Abrams juga bisa digerakkan dengan diesel, hal ini tidak akan menurunkan konsumsi ke tingkat yang dapat diterima.

Leopard 2 menggunakan mesin yang lebih ekonomis yang membakar solar, yang juga lebih mudah didapat daripada minyak tanah.

Inggris sedang mempertimbangkan untuk memasok beberapa tank Challenger 2 ke Ukraina, menurut laporan media.

Prancis mengoperasikan tank Leclerc. Belum dikatakan apakah akan bersedia memberikan sebagian ke Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home