Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:13 WIB | Selasa, 17 Januari 2023

Rusia Produksi Set Pertama Poseidon, Torpedo dengan Kekuatan Nuklir

Torpedo nuklir Poseidon gelombang pertama Rusia dilaporkan telah dimuat ke kapal selam Belgorod - yang terpanjang di dunia (Foto: Shutterstock / Yakovlev Sergey via Miror)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Rusia telah memproduksi set pertama torpedo super berkemampuan nuklir dinamai Poseidon yang sedang dikembangkan untuk ditempatkan di kapal selam nuklir Belgorod, kantor berita TASS melaporkan pada hari Senin (16/1), mengutip sumber pertahanan yang tidak disebutkan namanya.

Sejak pesan Malam Tahun Baru yang suram yang menggambarkan Barat sebagai musuh sejati Rusia dalam perang di Ukraina, Presiden Vladimir Putin telah mengirimkan beberapa sinyal bahwa Rusia tidak akan mundur. Dia telah mengirim rudal hipersonik ke Atlantik dan menunjuk jenderal utamanya untuk menjalankan perang.

Pejabat Amerika Serikat dan Rusia menggambarkan Poseidon sebagai kategori baru senjata pembalasan, yang mampu memicu gelombang laut radioaktif untuk membuat kota-kota pesisir tidak dapat dihuni.

“Set pertama Poseidon telah diproduksi, dan kapal selam Belgorod akan menerimanya dalam waktu dekat,” TASS, sebuah kantor berita negara, mengutip sumber tersebut.

TASS mengatakan komponen utama Poseidon, termasuk reaktor nuklir untuk memberi torpedo sumber dayanya sendiri, telah berhasil diselesaikan. Awak kapal selam nuklir Belgorod juga telah menyelesaikan tes dengan model torpedo, kata TASS.

Kementerian pertahanan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Putin pertama kali mengumumkan apa yang kemudian dikenal sebagai Poseidon pada tahun 2018, dengan mengatakan bahwa itu adalah jenis senjata nuklir strategis yang pada dasarnya baru, mengonfirmasikan bahwa Poseidon akan memiliki pasokan tenaga nuklirnya sendiri.

Ada beberapa detail yang dikonfirmasi tentang Poseidon di domain publik tetapi pada dasarnya itu adalah persilangan antara torpedo dan drone yang dapat diluncurkan dari kapal selam nuklir.

Kementerian pertahanan Rusia telah menunjukkan di video Poseidon sepanjang 24 meter, yang dikenal sebagai Kanyon oleh NATO, termasuk simulasi yang menunjukkan Poseidon menghancurkan kapal induk musuh dan menghantam garis pantai.

Torpedo Putin

Poseidon berakar pada rencana Uni Soviet di bawah Josef Stalin untuk torpedo nuklir yang akan mampu menghancurkan pantai Amerika Serikat.

Dalam pidato tahun 2018, Putin mengatakan jangkauan torpedo tidak akan terbatas dan dapat beroperasi pada kedalaman ekstrim dengan kecepatan berkali-kali lipat dari kapal selam atau torpedo lainnya.

“Mereka memiliki kebisingan yang sangat rendah, memiliki kemampuan manuver yang tinggi dan praktis tidak dapat dihancurkan oleh musuh. Tidak ada senjata yang dapat melawan mereka di dunia saat ini,” kata Putin.

Poseidon akan dibawa oleh K-329 Belgorod, kapal selam nuklir tujuan khusus yang dibangun oleh Galangan Kapal Sevmash.

Amerika Serikat mengatakan dalam Tinjauan Postur Nuklirnya pada tahun 2022 bahwa Rusia dan China “terus memperluas dan mendiversifikasi kemampuan nuklir mereka, untuk memasukkan sistem baru dan destabilisasi.”

“Rusia sedang mengejar beberapa sistem berkemampuan nuklir baru yang dirancang untuk menahan  tanah air AS atau Sekutu dan mitranya dalam risiko,” menurut Posture Review.

Tahun lalu, Institut Angkatan Laut AS mengatakan pengembangan Poseidon Rusia membalikkan asumsi tentang senjata nuklir yang diluncurkan kapal selam.

“Mungkin yang paling menakutkan, senjata nuklir ini memiliki potensi untuk beroperasi secara otonom,” kata institut itu.

“Kanyon yang beroperasi penuh akan memiliki dampak strategis yang luar biasa,” katanya dalam sebuah artikel. “Sebagai platform pengiriman baru, itu tidak tercakup dalam perjanjian senjata nuklir saat ini.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home