Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Minggu, 18 Februari 2024

Jika Menang Pilpres, Bagaimana Prabowo Memimpin dan Memerintah Indonesia?

Menteri Pertahanan dan calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, menyapa para pendukungnya sebelum mengunjungi makam Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi di Masjid Al Riyadh di Jakarta, Indonesia, Jumat, 16 Februari 2024. (Foto: AP/Achmad Ibrahim)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin asing mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas “kemenangan” dalam pemilihan presiden Indonesia, sementara aktivis hak asasi manusia menyebutnya sebagai ancaman. Namun bagaimana dia akan memerintah masih belum jelas setelah kampanye di mana dia hanya memberikan sedikit janji konkret selain kesinambungan dengan presiden populer yang akan segera habis masa jabatannya.

Mantan jenderal berusia 72 tahun itu tidak pernah memegang jabatan elektif. Ia akan memimpin sebuah negara kepulauan yang besar dan beragam, yang perekonomiannya telah berkembang pesat di tengah kuatnya permintaan global akan sumber daya alamnya, namun ia harus menghadapi kesulitan ekonomi global dan ketegangan regional di Asia, tempat konflik teritorial yang dibayangi persaingan besar antara Amerika Serikat dan China.

Hasil (sementara) Pemilu ini menandai kebangkitan kembali Prabowo, yang dipecat dari tentara Indonesia atas tuduhan anak buahnya menyiksa para pembangkang, dan dilarang bepergian ke Amerika Serikat dan Australia selama bertahun-tahun.

Ia mendeklarasikan kemenangannya pada hari Rabu (14/2) malam setelah penghitungan tidak resmi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemungutan suara menunjukkan bahwa ia unggul jauh atas dua kandidat lainnya dalam persaingan untuk memimpin negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Jika penghitungan resmi yang dilakukan dalam beberapa pekan ke depan mengonfirmasi kemenangannya, ia akan mulai menjabat pada bulan November.

Dia berjanji untuk melanjutkan upaya modernisasi yang dilakukan Presiden Joko Widodo, yang telah mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan membangun infrastruktur dan memanfaatkan sumber daya negara yang melimpah. Kebijakan ini mengharuskan nikel, yang merupakan ekspor utama Indonesia dan komponen utama baterai mobil listrik, harus diproses di pabrik lokal dibandingkan diekspor sebagai bahan mentah.

Dia juga berjanji untuk mendorong proyek Jokowi yang paling ambisius dan kontroversial, yaitu pembangunan ibu kota baru di pulau terdepan Kalimantan, sekitar 2.000 kilometer (1.240 mil) jauhnya dari ibu kota Jakarta yang saat ini sedang padat penduduknya.

Rival Lama Jokowi

Prabowo adalah saingan lama Jokowi yang mencalonkan diri melawannya dua kali sebagai presiden, dan menolak menerima kekalahannya pada tahun 2019. Namun setelah terpilih kembali, Jokowi meminta Prabowo untuk menjabat sebagai menteri pertahanan. Dia menerima tawaran itu, yang menjadi batu loncatan untuk kembalinya dia yang menakjubkan. Prabowo memilih putra Jokowi sebagai Cawapresnya dan mendapatkan dukungan diam-diam dari pemimpin tersebut.

Latar belakang dan kepribadian Prabowo sangat kontras dengan pendahulunya yang sangat populer. Ia dikenal karena temperamennya, tidak nyaman dengan kritik, dan pidatonya yang berapi-api. Jokowi yang bersuara lembut jarang menunjukkan kemarahan di depan umum.

Prabowo berasal dari salah satu keluarga terkaya di negara ini dan ayahnya adalah seorang politisi berpengaruh yang menjabat sebagai menteri di bawah pemerintahan Soeharto dan presiden pertama negara itu, Soekarno. Jokowi naik ke kursi kepresidenan dari latar belakang yang berbeda dan sebagai presiden sering berbaur dengan kelompok kelas pekerja dan jurnalis.

Tidak ada kepastian bagaimana Prabowo akan menanggapi perbedaan pendapat politik, protes jalanan, dan jurnalisme kritis.

Namun untuk saat ini, ia tampaknya mendapat dukungan luas. Hasil tidak resmi menunjukkan dia meraih lebih dari 55% suara dalam pemilihan tiga arah, cukup untuk menang tanpa putaran kedua.

Josteka Banjarnahor, warga Jakarta yang memilih Prabowo, mengatakan upayanya yang lama untuk menjadi presiden menunjukkan ketulusannya. “Itu bukan karena dia haus akan jabatan,” katanya. “Kalau dipikir-pikir usia sebenarnya dia sudah tidak fit lagi, tapi mimpinya beberapa kali mencalonkan diri sebagai presiden berarti ada hal baik yang dia inginkan.”

Kekhawatiran di Kalangan Aktivis HAM

Banyak aktivis melihat hubungan mantan jenderal tersebut dengan rezim otoriter brutal Soeharto, yang putrinya pernah menjadi istri Prabowo, sebagai pertanda buruk. “Musim dingin akan segera tiba,” Usman Hamid, direktur eksekutif Amnesty International di Indonesia, mengatakan kepada The Associated Press.

“Orang boleh saja sudah tua, tapi kalau otoriter, tetap saja otoriter,” kata Hamid. “Yang penting kita membangun kondisi struktural. Harus ada suara oposisi, harus ada ruang kebebasan dan harus ada integritas sistem pemilu.”

Puluhan orang yang berunjuk rasa di Jakarta pada hari Jumat (16/2) mengklaim adanya kecurangan pemilu yang meluas dalam upaya menghalangi naiknya Prabowo ke tampuk kekuasaan, namun mereka tidak memberikan bukti apa pun. Mereka bubar dengan damai setelah lebih dari dua jam.

Prabowo diusir oleh tentara, di mana ia menjabat sebagai komandan pasukan khusus, atas tuduhan bahwa ia berperan dalam penculikan dan penyiksaan terhadap aktivis dan pelanggaran lainnya. Dia tidak pernah diadili dan dengan keras menyangkal keterlibatannya, meskipun beberapa anak buahnya diadili dan dihukum.

Kebijakan Luar Negari Prabowo

Mengenai kebijakan luar negeri, Sana Jaffrey, peneliti di Departemen Perubahan Politik dan Sosial di Universitas Nasional Australia, mengatakan bahwa Prabowo kemungkinan akan melanjutkan upaya Jokowi untuk mempertahankan hubungan dengan Beijing dan Washington, sambil menolak keberpihakan pada keduanya.

Tindakan penyeimbangan yang rumit ini telah membuka jalan bagi perdagangan dan investasi China yang besar bagi Indonesia, termasuk pembangunan kereta api berkecepatan tinggi senilai US$7,3 miliar yang sebagian besar didanai oleh China, sementara Jakarta meningkatkan hubungan dan niat pertahanan, latihan militer skala besar dengan AS di bawah kepemimpinan Prabowo sebagai kepala pertahanan.

Amerika Serikat dan Australia melarang masuknya Prabowo selama bertahun-tahun karena catatan hak asasi manusianya, namun pada tahun 2020 ia melakukan perjalanan sebagai menteri pertahanan Presiden Joko Widodo ke AS untuk bertemu dengan mitranya dari Amerika, Mark Esper. Aktivis Indonesia kemudian mengatakan bahwa keputusan AS untuk mengizinkan Prabowo kembali ke Amerika setelah dilarang selama dua dekade adalah “kerugian hak asasi manusia.”

Para pemimpin Australia, Singapura, dan Malaysia termasuk yang pertama mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia,” tulis Perdana Menteri Anthony Albanese di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu, ketika hasil awal masih dihitung, mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas banyaknya jumlah pemilih dan mengutip 75 tahun hubungan diplomatik antara Washington dan Jakarta, tanpa menyebut Prabowo Subianto.

“Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kekuatan komitmen rakyat Indonesia terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, seraya menambahkan bahwa AS menantikan pengumuman hasil pemilu resmi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home