Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:31 WIB | Jumat, 16 Februari 2024

Sosok Capres Prabowo Subianto Menurut Catatan Media Asing

Calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, menampilkan simbol kemenangan usai memberikan suaranya di Bojong Koneng, Indonesia, Rabu, 14 Februari 2024. (Foto: AP/Vincent Thian)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Seorang mantan jenderal kaya yang memiliki hubungan dengan presiden Indonesia yang akan segera keluar dan masa lalunya yang diktator tampaknya akan menjadi presiden berikutnya, setelah penghitungan tidak resmi menunjukkan bahwa dia memperoleh suara mayoritas pada putaran pertama pemungutan suara.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menampilkan dirinya sebagai pewaris Presiden Joko Widodo yang sangat populer, dan bersumpah untuk melanjutkan agenda modernisasi yang telah membawa pertumbuhan pesat dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara berpendapatan menengah.

“Kita tidak boleh sombong. Kita tidak boleh bangga. Kita tidak boleh euforia. Kita tetap harus rendah hati. Kemenangan ini harus menjadi kemenangan seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo Subianto dalam pidato yang disiarkan televisi nasional dari stadion olah raga pada malam pemilu.

Namun Prabowo akan mulai menjabat dengan pertanyaan-pertanyaan yang belum terselesaikan mengenai dampak pertumbuhan yang didorong oleh ekstraksi terhadap lingkungan dan masyarakat tradisional, serta kaitannya dengan penyiksaan, penghilangan orang, dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya pada tahun-tahun terakhir kediktatoran brutal Soeharto, yang mana ia telah melakukan hal tersebut, ketika menjabat sebagai letnan jenderal.

Mantan saingan Joko Widodo yang kalah dalam dua pemilihan presiden darinya, Prabowo Subianto menerima pemimpin populer tersebut untuk mencalonkan diri sebagai ahli warisnya, bahkan memilih putra Joko Widodo sebagai pasangannya, sebuah pilihan yang bertentangan dengan batas usia konstitusional dan membuat para aktivis khawatir akan munculnya krisis politik dinasti dalam demokrasi berusia 25 tahun.

Kemenangan Prabowo belum resmi. Kedua pesaingnya belum kebobolan dan hasil resminya bisa memakan waktu hingga satu bulan untuk ditabulasikan, namun “penghitungan cepat” pada malam pemilu menunjukkan dia memperoleh lebih dari 55% suara dalam persaingan tiga arah. Penghitungan tersebut, yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemungutan suara dan berdasarkan jutaan sampel surat suara dari seluruh negeri, telah terbukti akurat pada pemilu-pemilu sebelumnya.

Prabowo Subianto lahir pada tahun 1951 dari salah satu keluarga paling berkuasa di Indonesia, anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo, adalah seorang politikus berpengaruh, dan seorang menteri di bawah Presiden Soekarno dan Soeharto.

Ayah Prabowo Subianto awalnya bekerja untuk Soekarno, namun kemudian berbalik melawannya dan terpaksa diasingkan. Prabowo Subianto menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di luar negeri dan berbicara bahasa Prancis, Jerman, Inggris, dan Belanda.

Keluarga tersebut kembali ke Indonesia setelah Jenderal Soeharto berkuasa pada tahun 1967 setelah kudeta sayap kiri yang gagal. Soeharto secara brutal menindak para pembangkang dan dituduh mencuri miliaran dolar dana negara untuk dirinya sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekatnya. Soeharto menepis tuduhan tersebut bahkan setelah ia meninggalkan jabatannya pada tahun 1998.

Prabowo Subianto mendaftar di Akademi Militer Indonesia pada tahun 1970, lulus pada tahun 1974 dan bertugas di militer selama hampir tiga dekade. Pada tahun 1976, Prabowo Subianto bergabung dengan Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia, yang disebut Kopassus, dan menjadi komandan kelompok yang beroperasi di wilayah yang sekarang disebut Timor Timur.

Kelompok hak asasi manusia mengklaim bahwa Prabowo Subianto terlibat dalam serangkaian pelanggaran hak asasi manusia di Timor-Leste pada tahun 1980-an dan 90-an, ketika Indonesia menduduki negara yang kini merdeka. Prabowo Subianto membantah tuduhan tersebut.

Prabowo Subianto dan anggota Kopassus lainnya dilarang bepergian ke Amerika Serikat selama bertahun-tahun karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang mereka lakukan terhadap rakyat Timor-Leste. Larangan ini berlaku hingga tahun 2020, ketika larangan tersebut secara efektif dicabut sehingga ia dapat mengunjungi AS sebagai menteri pertahanan Indonesia.

Pada tahun 1983, ia menikah dengan putri Soeharto, Siti Hediati Hariyadi.

Tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang semakin banyak menyebabkan Prabowo Subianto dipaksa keluar dari militer. Ia diberhentikan dengan tidak hormat pada tahun 1998, setelah tentara Kopassus menculik dan menyiksa lawan politik Soeharto, yang saat itu adalah ayah mertuanya. Dari 22 aktivis yang diculik pada tahun itu, 13 orang masih hilang. Beberapa anak buahnya diadili dan dihukum, namun Prabowo Subianto tidak pernah diadili.

Dia tidak pernah mengomentari tuduhan ini, tetapi dia mengasingkan diri di Yordania pada tahun 1998.

Sejumlah mantan aktivis demokrasi telah bergabung dalam kampanyenya. Budiman Sudjatmiko, politikus yang pernah menjadi aktivis demokrasi pada tahun 1998, mengatakan rekonsiliasi diperlukan untuk maju. Sudjatmiko meninggalkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang berkuasa untuk bergabung dengan tim kampanye Prabowo Subianto.

Sudjatmiko mengatakan bahwa fokus internasional terhadap catatan hak asasi manusia Prabowo Subianto terlalu berlebihan. “Negara maju tidak menyukai pemimpin negara berkembang yang berani, tegas, dan strategis,” katanya.

Prabowo Subianto kembali dari Yordania pada tahun 2008, dan membantu mendirikan Partai Gerinda. Dia mencalonkan diri sebagai presiden dua kali, kalah dari Jokowi dua kali. Dia menolak untuk mengakui hasil pemilu pada awalnya, namun menerima tawaran Jokowi untuk menduduki posisi menteri pertahanan pada tahun 2019, dalam upaya untuk mencapai persatuan.

Ia berjanji untuk melanjutkan rencana pembangunan ekonomi yang diusung Presiden Joko Widodo, yang memanfaatkan cadangan nikel, batu bara, minyak, dan gas yang berlimpah di Indonesia. Negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara yang mengalami pertumbuhan pesat dan modernisasi selama satu dekade yang memperluas jaringan jalan raya dan kereta api di negara ini.

Termasuk proyek senilai US$30 miliar untuk membangun ibu kota baru bernama Nusantara. Sebuah laporan dari koalisi LSM menyatakan bahwa keluarga Prabowo akan mendapat keuntungan dari proyek inu kota negara (IKN) Nusantata, berkat kepemilikan tanah dan pertambangan yang dimiliki keluarga tersebut di Kalimantan Timur, lokasi kota baru tersebut. Seorang anggota keluarga membantah tuduhan laporan tersebut.

Prabowo dan keluarganya juga memiliki hubungan bisnis dengan industri minyak sawit, batu bara dan gas, pertambangan, pertanian, dan perikanan di Indonesia.

Prabowo sangat marah terhadap kritik internasional mengenai hak asasi manusia dan topik-topik lainnya, namun ia diharapkan tetap mempertahankan pendekatan pragmatis negaranya terhadap politik kekuasaan. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah memperkuat hubungan pertahanan dengan Amerika Serikat (AS) dan juga menarik investasi China.

“Negara-negara seperti kita, negara sebesar kita, negara sekaya kita, selalu membuat iri negara-negara lain,” kata Prabowo Subianto saat pidato kemenangannya usai pemilu. “Oleh karena itu, kita harus bersatu. Bersatu dan harmonis.”

Kedua mantan rival ini menjadi sekutu diam-diam: presiden Indonesia biasanya tidak mendukung kandidat, namun Prabowo Subianto memilih putra Jokowi, Walikota Surakarta berusia 36 tahun, Gibran Rakabuming Raka, sebagai pasangan wakil presidennya, dan Jokowi dengan malu-malu lebih memilih Prabowo daripada calon dari partainya sendiri, dan wakil presidennya mantan menterinya.

Gibran berusia di bawah usia minimum menurut undang-undang yaitu 40 tahun, namun diizinkan untuk mencalonkan diri berdasarkan pengecualian yang dibuat oleh Mahkamah Konstitusi, yang saat itu dipimpin oleh saudara ipar Jokowi, yang mengizinkan kepala daerah dan mantan kepala daerah untuk mencalonkan diri pada usia 35 tahun.

“Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia seorang presiden yang menjabat memiliki kerabat yang menang dalam pemilihan presiden,” kata Yoes Kenawas, peneliti di Universitas Katolik Atma Jaya di Jakarta. “Bisa dikatakan dinasti politik Jokowi telah terbentuk di level tertinggi pemerintahan Indonesia.”

Prabowo Subianto juga memiliki hubungan dekat dengan kelompok Islam garis keras, yang ia gunakan untuk melemahkan lawan-lawannya.

Namun untuk pemilu tahun 2024, Prabowo Subianto menampilkan citra yang lebih lembut yang disukai oleh populasi generasi muda Indonesia yang besar, termasuk video dirinya menari di atas panggung dan iklan yang menampilkan dirinya sedang bermain sepatu roda di jalan-jalan Jakarta seperti anime digital.

“Kita akan menjadi presiden dan wakil presiden serta pemerintahan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo Subianto saat pidato kemenangannya. “Saya akan memimpin, bersama Gibran (untuk) melindungi dan membela seluruh rakyat Indonesia, apapun sukunya, apapun sukunya, apapun rasnya, agamanya, apapun latar belakang sosialnya. Ini akan menjadi tanggung jawab kami bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga kepentingan mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home