Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:39 WIB | Minggu, 13 September 2020

Jokowi Ajak Guru dan Siswa Tetap Semangat Selama Belajar Jarak Jauh

Presiden Joko Widodo. (Foto: Setneg)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Seorang guru menyampaikan kesulitan dalam proses belajar mengajar jarak jauh kepada Presiden Joko Widodo dalam sebuah perbincang melalui video yang kemudian diunggah di Youtube Sekretaris Presiden, hari Jumat (11/9).

Dalam perbicangan itu, Rika Susi Waty, guru matetmatika di SMP Negeri 7 Padang, Sumatera Barat, mengatakan bahwa pembelajaran daring membuatnya kesulitan untuk memantau perkembangan belajar anak didiknya. "Kita tidak bisa memantau anak itu mampu atau tidak. Karena kita tidak bisa (bertemu) langsung," kata Rika.

Sudah enam bulan kegiatan belajar anak-anak ini lewat cara belajar online. Rika mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar memang tetap berjalan.

Tentang pertanyaan Presiden apakah seluruh siswa atau orang tuanya memiliki gawai yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran secara daring. Rika menjawab bahwa memang beberapa anak didiknya awalnya tidak dapat mengikuti pembelajaran daring oleh karena ketiadaan gawai yang dapat mereka gunakan. Lalu pihak sekolah mencarikan solusi dan memfasilitasi para siswa tersebut untuk dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki sekolah.

"Kebetulan kita data anaknya, terus kita cek anaknya ke rumah. Memang tidak mampu. Jadi kita fasilitasi ke sekolah, Pak. Pakai komputer sekolah. Ada beberapa orang, tidak banyak," tuturnya.

Rika menjelaskan bahwa untuk memotivasi anak didiknya, dia biasa menghubungi murid melalui panggilan video atau pesan suara. Dari perbincangannya dengan para muridnya itu, kebanyakan siswa ingin segera kembali beraktivitas di sekolah.

Jokowi mengatakan bahwa memotivasi anak untuk tetap semangat belajar di tengah pandemi merupakan hal yang penting untuk terus dilakukan. Untuk saat ini, pembelajaran secara tatap muka masih belum dapat dilakukan. Pemerintah tetap mengutamakan keselamatan anak dan masyarakat dari penyebaran COVID-19.

"Memang alangkah baiknya kalau tatap muka, tapi masa pandemi seperti ini memang berisiko kalau anak terpapar COVID ya semuanya menjadi salah. “Bu Rika, tetap semangat, tetap semangat. Salam semua untuk anak-anak," kata Jokowi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home