Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:59 WIB | Rabu, 06 Maret 2019

Jokowi: Teknokratik Harus Tetap Berjalan Meski Ada Pemilu

Ilustrasi. Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, walaupun tahun ini sebentar lagi masuk ke pemilihan anggota legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres), namun tahapan kerja teknokratik harus tetap berjalan secara berkesinambungan, secara berkelanjutan.

“Seperti penyusunan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2020 ini, dan juga kebijakan ekonomi makro serta pokok-pokok kebijakan fiskal untuk tahun 2020 harus dilakukan, karena tahapan ini sebagai dasar penyusunan RAPBN Tahun 2020 dengan mengacu pada RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) teknokratik yang sedang difinalisasi di Bappenas,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu  (6/3) siang.

Sementara  untuk menjaga keberlangsungan pembangunan nasional, Presiden menekankan, pada tahun 2020 prioritas pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) tetap terus harus dikedepankan, menyambung prioritas SDM yang dimulai di 2019 ini.

Presiden juga mengingatkan bahwa tahun ini maupun tahun depan harus mampu diantisipasi dinamika perekonomian dunia yang terus bergerak, berubah dengan sangat dinamis, baik terkait dengan normalisasi kebijakan moneter di Amerika Serikat, fluktuasi harga komoditas, perang dagang dan proteksionisme, moderasi pertumbuhan di Tiongkok, maupun keamanan dan geopolitik dunia.

Presiden juga mengajak jajaran pemerintah untuk terus menjaga momentum kinerja perekonomian  yang tumbuh dengan positif. Ditekankan Presiden, bahwa APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara) jelas memiliki keterbatasan. Untuk itu, harus diciptakan inovasi sinergi yang melibatkan dunia swasta, ini melalui peningkatan investasi dan ekspor.

“Berbagai reformasi untuk peningkatan investasi dan ekspor harus terus digulirkan untuk memperkuat kepercayaan para pelaku usaha agar bisa menciptakan manfaat yang sebesar-besarnya, membuka lapangan pekerjaan, dan mengatasi pengangguran,” tutur Presiden Jokowi dihadapan Sidang Kabinet Paripurna. (Setkab)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home