Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:34 WIB | Senin, 26 Desember 2022

Kapal dengan 180 Penumpang Rohingya Dikhawatirkan Tenggelam

Tahun 2022 jadi tahun paling mematikan di laut bagi komunitas Rohingya.
Anak-anak Muslim Rohingya yang menyeberang dari Myanmar ke Bangladesh, saling menunggu untuk menerima bantuan makanan yang dibagikan kepada anak-anak dan perempuan oleh lembaga bantuan Turki di kamp pengungsi Thaingkhali, Bangladesh, Sabtu, 21 Oktober 2017. (Foto: dok. AP )

DHAKA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kapal dengan 180 Muslim Rohingya di dalamnya diduga tenggelam, dan ini dapat menjadikan tahun 2022 salah satu tahun paling mematikan di laut dalam hampir satu dekade bagi masyarakat, kata sebuah badan PBB, ketika para pengungsi mencoba melarikan diri dari kondisi putus asa di kamp-kamp Bangladesh.

Hampir satu juta Rohingya dari Myanmar tinggal di fasilitas yang penuh sesak di Bangladesh yang mayoritas Muslim, termasuk puluhan ribu yang melarikan diri dari negara asal mereka setelah militernya melakukan tindakan keras yang mematikan pada tahun 2017.

Jumlah Rohingya yang meninggalkan Bangladesh dengan perahu tahun ini telah melonjak lebih dari lima kali lipat dari tahun sebelumnya, menurut perkiraan kelompok hak asasi manusia.

Tidak jelas apakah pencabutan pembatasan COVID-19 di Asia Tenggara, tujuan favorit, telah menyebabkan kerumunan orang.

Di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha, sebagian besar Rohingya ditolak kewarganegaraannya dan mereka dipandang sebagai imigran ilegal dari Asia Selatan.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan pada akhir pekan bahwa kapal yang berlayar pada akhir November dikhawatirkan hilang, dengan 180 orang di dalamnya diduga tewas.

UNHCR mengatakan kapal yang tidak layak laut itu mungkin mulai retak pada awal Desember sebelum kehilangan kontak. Ia menambahkan tidak jelas dari mana perahu itu mulai berlayar, tetapi tiga pria Rohingya, termasuk satu yang takut kehilangan empat anggota keluarganya, mengatakan kapal itu berangkat dari Bangladesh.

Hampir 200 orang Rohingya dikhawatirkan tewas atau hilang di laut tahun ini. “Kami berharap… 180 orang yang hilang masih hidup di suatu tempat,” kata juru bicara UNHCR, Babar Baloch, kepada Reuters.

Dia mengatakan tahun 2022 adalah salah satu tahun terburuk untuk orang mati dan hilang setelah 2013 ketika 900 Rohingya meninggal atau hilang di Laut Andaman dan Teluk Benggala, dan 2014, dengan 700 orang tewas atau hilang.

Jumlah keberangkatan kapal dari Teluk Benggala meningkat tajam antara tahun 2012 dan 2014 menyusul kekerasan antar-komunitas di negara bagian Rakhine Myanmar di mana banyak orang Rohingya tinggal.

Sayedur Rahman, 38 tahun, yang melarikan diri ke Malaysia pada 2012 dari Myanmar, mengatakan istrinya, dua putra berusia 17 dan 13 tahun, dan seorang putri berusia 12 tahun termasuk di antara yang hilang di kapal tersebut.

“Pada 2017, keluarga saya datang ke Bangladesh untuk menyelamatkan hidup mereka,” kata Rahman. “Tapi mereka semua sekarang sudah pergi… saya benar-benar hancur… Kami Rohingya dibiarkan mati… di darat, di laut. Di mana saja."

Awal bulan ini, dua kelompok aktivis Rohingya Myanmar mengatakan bahwa hingga 20 orang meninggal karena kelaparan atau kehausan di atas kapal, yang membawa sedikitnya 100 orang, yang terdampar selama dua pekan di lepas pantai India, sebelum kemungkinan hanyut ke perairan Malaysia.

Penjaga pantai India tidak segera memberikan tanggapan. UNHCR mengatakan itu adalah kapal terpisah dari yang membawa 180 orang.

Pada hari Senin, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan bahwa 57 orang Rohingya turun di Aceh Besar, Indonesia pada tanggal 25 Desember. Dikatakan bahwa kapal tersebut, yang hanya membawa laki-laki dan anak laki-laki, diyakini telah meninggalkan Bangladesh dan menghabiskan waktu hampir satu bulan terapung-apung.

Dua kapal yang membawa total 230 pengungsi Rohingya, termasuk perempuan dan anak-anak, mendarat di pantai provinsi Aceh Indonesia pada bulan November, sementara bulan ini, angkatan laut Sri Lanka menyelamatkan 104 Rohingya.

“Kehidupan di kamp penuh ketidakpastian, tidak ada harapan mereka bisa segera pulang,” kata Mohammed Imran, mantan tokoh masyarakat Rohingya yang kembali ke Bangladesh dari Malaysia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home