Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 10:43 WIB | Kamis, 04 April 2024

Kapolri Minta Pemudik Menyeberang pada Waktu Siang

Penyeberangan Bakauheni. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo mengatakan masyarakat banyak memilih mudik lewat penyeberangan di malam hari. Oleh karenanya, Jenderal Sigit meminta untuk pemudik melewati penyeberangan di siang hari guna mengurangi antrean panjang.

"Selalu saya pesankan kepada masyarakat bahwa alternatif-alternatif khususnya daerah penyeberangan ASDP, kecenderungannya masyarakat masih memanfaatkan untuk mudiknya malam hari. Dalam kesempatan ini kita juga kami imbau bahwa siang waktunya juga cukup lengang dan tentunya juga bisa mengurangi antrean yang cukup panjang," kata Kapolri, Rabu (3/4/24).

Sigit mengimbau masyarakat untuk tak ragu melapor apabila menghadapi masalah. Kapolri memastikan, Korps Bhayangkara siap memberi bantuan. "Bila mungkin ada kekhawatiran terkait masalah kerawanan di jalan silakan dilaporkan dan kami Polri siap untuk melakukan pengawalan," kata Kapolri.

Pengamanan menuju penyeberangan akan dilakukan dengan berbagai rekayasa lalu lintas, seperti delay system. Masyarakat pun diminta terus memperbaharui informasi guna mengrtahui jadwal pemberlakuan delay system tersebut.

Menhub: Posko di Seluruh Wilayah

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu selama 3-18 April 2024 untuk mengoordinasikan penyelenggaraan angkutan Idulfitri 2024.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan, pembentukan posko terpadu sebagai upaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat selama arus mudik dan balik, kata Menhub Budi, Rabu (3/4/24).

Posko Angkutan Lebaran Terpadu dibentuk di seluruh Indonesia dengan melibatkan sejumlah pemangku kepeningan di antaranya Korlantas Polri, BMKG, Basarnas dan pihak terkait lainnya.

Menurut Menhub, pembentukan posko angkutan lebaran sangat penting sehingga koordinasi dalam pelayanan angkutan arus mudik maupun arus balik berjalan lancar. Apalagi pergerakan penduduk Indonesia selama Lebaran 2024 mencapai 193,6 juta orang.

“Kami akan kolaborasi, tempat ini (Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu) akan secara real time menyampaikan soal angkutan darat, laut, udara, ASDP tentang apa yang dilakukan di tempat-tempat itu. Dan kami akan melakukan vidcom dan kami akan berkomunikasi secara random,” ujar Menhub Budi.

Posko tersebut memiliki fasilitas command center yang dapat berkoordinasi secara daring dengan sejumlah petugas di lapangan dari berbagai daerah dan memantau pergerakan arus penumpang di simpul-simpul transportasi baik di darat, udara, dan laut.

Lebih lanjut, Kemenhub tak bekerja sendiri menjalankan posko terpadu. Kemenhub berkolaborasi dengan pihak Kepolisian, TNI, Basarnas, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jasa Marga, ASDP, dan berbagai instansi terkait lainnya.

“Kami berusaha untuk melakukan semua ini dengan baik, tetapi tentu hal ini bisa dilakukan dengan baik jika berkolaborasi dengan stakeholder dan itu kunci keberhasilan yang dilakukan di tahun sebelumnya. Kami juga mengharapkan mudik tahun ini aman, nyaman, selamat, dan berkesan,” kata Budi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home